Terminologi Website

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
WebsiteSitus webHalaman elektronik yang berisi informasi atau konten yang dapat diakses melalui internet.Contoh website adalah www.google.com.
WebpageHalaman webHalaman tunggal di dalam sebuah situs web yang menampilkan informasi atau konten tertentu.Halaman beranda sebuah situs web merupakan contoh halaman web.
URLTautanAlamat atau lokasi spesifik dari sebuah halaman web di internet.Contoh URL adalah https://www.wikipedia.org.
DomainDomainNama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat situs web di internet.Contoh domain adalah “google.com“.
HostingHostingLayanan penyimpanan dan pengelolaan data yang memungkinkan sebuah situs web dapat diakses melalui internet.Situs web tersebut dihosting oleh perusahaan hosting terkenal.
HomepageBerandaHalaman pertama yang muncul saat mengakses sebuah situs web.Saat kamu membuka situs itu, kamu akan langsung dibawa ke halaman beranda.
BrowserPerambanPerangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi dan menampilkan halaman web di internet.Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah contoh peramban populer.
Search EngineMesin PencariLayanan online yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi di internet berdasarkan kata kunci.Google adalah salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan.
HTMLHTMLBahasa markup yang digunakan untuk membuat dan mengatur struktur konten di sebuah halaman web.Untuk membuat sebuah halaman web, kamu perlu menguasai HTML.
CSSCSSBahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dan tata letak elemen-elemen di sebuah halaman web.Desainer web menggunakan CSS untuk membuat tampilan yang menarik di situs mereka.
JavaScriptJavaScriptBahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan interaktivitas dan fungsi dinamis di halaman web.Dengan JavaScript, kamu bisa membuat efek-efek animasi keren di situs webmu.
BlogBlogSitus web yang berisi catatan atau postingan berupa tulisan, gambar, atau video yang disusun secara kronologis.Aku sering membaca blog tentang traveling untuk mencari inspirasi liburan.
E-commerceE-commerceKegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan secara elektronik melalui internet.Toko online tersebut merupakan salah satu contoh sukses dalam bisnis e-commerce.
WebmasterPengelola webOrang atau tim yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan sebuah situs web.Seorang pengelola web harus memastikan situsnya tetap berjalan lancar dan aman.
CMSSistem Manajemen KontenPlatform perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan mempublikasikan konten di sebuah situs web.WordPress adalah salah satu CMS paling populer untuk membuat blog dan situs web.
Web HostingPenyedia HostingPerusahaan atau layanan yang menyediakan infrastruktur dan teknologi untuk meng-host situs web di internet.Hostinger adalah salah satu penyedia hosting yang terkenal dengan layanan berkualitas dan harga terjangkau.
Web DesignDesain WebProses merancang tampilan dan tata letak sebuah situs web agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pengguna.Desain web yang menarik dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat mengunjungi situs tersebut.
SSLSSLProtokol keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi dan melindungi data yang dipertukarkan antara pengguna dan situs web.Ketika kamu melihat ikon gembok di browser, itu berarti koneksi antara kamu dan situs tersebut aman karena menggunakan SSL.
Responsive DesignDesain ResponsifPendekatan desain yang memastikan sebuah situs web dapat menyesuaikan tampilannya dengan baik di berbagai perangkat dan ukuran layar.Situs web yang menggunakan desain responsif akan terlihat bagus baik di laptop, smartphone, maupun tablet.
BloggingMenulis BlogKegiatan atau proses membuat dan mempublikasikan konten di sebuah blog secara berkala.Aku mulai menulis blog tentang kuliner karena aku suka berbagi pengalaman makan di tempat-tempat baru.
Social MediaMedia SosialPlatform online yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terhubung dengan orang lain secara virtual.Facebook, Instagram, dan Twitter adalah contoh media sosial yang populer.
AnalyticsAnalitikaProses pengumpulan, pengukuran, analisis, dan pelaporan data mengenai pengunjung dan perilaku mereka di sebuah situs web.Dengan menggunakan analitika, kamu dapat memahami lebih baik bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs webmu.
Domain Name System (DNS)Sistem Nama DomainSistem yang mengonversi alamat IP menjadi nama domain yang mudah diingat, dan sebaliknya.Ketika kamu memasukkan alamat situs web di browser, DNS akan mencocokkan nama domain tersebut dengan alamat IP server yang sesuai.
DatabaseBasis DataKumpulan data yang terorganisir secara terstruktur dan dapat diakses, dikelola, dan diperbarui dengan bantuan perangkat lunak tertentu.Basis data digunakan untuk menyimpan informasi penting seperti informasi pengguna, produk, dan transaksi dalam sebuah situs web.
Content Management System (CMS)Sistem Manajemen KontenPlatform perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan mempublikasikan konten di sebuah situs web tanpa harus memiliki pengetahuan tentang pemrograman web.Blogger menggunakan CMS untuk membuat dan mengatur konten di blog mereka tanpa harus menguasai bahasa pemrograman.
ForumForumPlatform online yang memungkinkan pengguna untuk berdiskusi, bertukar informasi, dan berbagi pendapat tentang topik tertentu.Reddit adalah salah satu contoh forum yang populer di internet.
Web ServerServer WebPerangkat keras atau perangkat lunak yang menyediakan layanan hosting untuk sebuah situs web dan mengirimkan konten web kepada pengguna yang memintanya.Apache dan Nginx adalah dua server web open-source yang sering digunakan untuk meng-host situs web.
PluginPluginPerangkat lunak tambahan yang menambahkan fungsi khusus atau fitur tambahan ke dalam platform perangkat lunak tertentu, seperti CMS.Plugin SEO dapat membantu meningkatkan peringkat situs webmu di hasil pencarian Google.
CookiesKukiBerkas kecil yang disimpan di perangkat pengguna oleh situs web untuk menyimpan informasi tentang preferensi dan aktivitas pengguna.Saat kamu mengunjungi sebuah situs web, kuki akan menyimpan informasi seperti log masuk, preferensi bahasa, dan riwayat pembelian.
FTPFTPProtokol transfer file yang digunakan untuk mengirim atau menerima file antara komputer lokal dan server web melalui internet.Untuk mengunggah file ke server web, kamu dapat menggunakan klien FTP seperti FileZilla.
BandwidthLebar PitaUkuran maksimal kapasitas data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam satu waktu, biasanya diukur dalam bit per detik (bps) atau kilobit per detik (Kbps).Paket hosting tersebut menawarkan lebar pita yang besar, sehingga situs webmu dapat menangani banyak pengunjung secara bersamaan.
SSL CertificateSertifikat SSLSertifikat digital yang memastikan bahwa koneksi antara perangkat pengguna dan server web terenkripsi dan aman.Situs web e-commerce yang menggunakan SSL certificate akan menampilkan ikon gembok hijau di address bar browser.
FirewallTembok ApiSistem keamanan yang digunakan untuk melindungi sebuah jaringan komputer atau server web dari akses yang tidak sah atau serangan cyber.Firewall akan memantau dan mengatur lalu lintas data yang masuk dan keluar dari jaringan, mencegah serangan dari pihak luar.
Domain RegistrarRegistrar DomainPerusahaan atau lembaga yang menyediakan layanan pendaftaran nama domain untuk pengguna internet.GoDaddy dan Namecheap adalah dua registrar domain terkenal yang banyak digunakan oleh pengguna internet.
Web TrafficLalu Lintas WebJumlah pengunjung atau data yang ditransfer antara pengguna dan situs web dalam periode waktu tertentu.Situs web tersebut mengalami lonjakan lalu lintas web setelah konten viral mereka dibagikan di media sosial.
DNS HostingHosting DNSLayanan yang menyediakan infrastruktur untuk menyimpan dan mengelola rekaman DNS sebuah domain.Layanan hosting DNS memungkinkan pengguna untuk mengonfigurasi dan mengelola rekaman DNS domain mereka.
CMS PluginPlugin CMSPerangkat lunak tambahan yang ditujukan untuk memperluas fungsionalitas atau menambah fitur tertentu ke dalam CMS.Plugin e-commerce dapat ditambahkan ke CMS seperti WordPress untuk membuat toko online dengan lebih mudah.
Web AccessibilityAksesibilitas WebKonsep dan praktik memastikan bahwa situs web dapat diakses dan digunakan dengan baik oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau sensorik.Memastikan situs web memiliki kontras yang memadai dan struktur navigasi yang jelas adalah bagian dari praktik aksesibilitas web.
Mobile OptimizationOptimisasi MobileProses mengoptimalkan sebuah situs web agar tampil dengan baik dan berfungsi secara optimal di perangkat seluler seperti smartphone dan tablet.Dengan semakin banyaknya pengguna internet yang mengakses situs web melalui perangkat seluler, penting untuk melakukan optimisasi mobile.
WebinarSeminar WebAcara atau presentasi yang diselenggarakan secara online dan dapat diikuti oleh peserta dari lokasi yang berbeda menggunakan komputer atau perangkat seluler.Perusahaan tersebut mengadakan webinar tentang strategi pemasaran digital untuk membantu bisnis kecil meningkatkan online presence mereka.
Web ScrapingPencabutan WebProses mengambil dan menyimpan informasi dari halaman web secara otomatis dengan menggunakan perangkat lunak atau skrip tertentu.Pencabutan web dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai situs web untuk keperluan analisis atau riset.
UptimeWaktu AktifJumlah waktu di mana sebuah situs web atau sistem komputer aktif dan dapat diakses oleh pengguna dalam periode waktu tertentu.Penyedia hosting tersebut menjamin waktu aktif hingga 99,9%, sehingga situs webmu akan selalu online.
Error 404Kesalahan 404Kode status HTTP yang menunjukkan bahwa server tidak dapat menemukan halaman yang diminta oleh pengguna.Ketika pengguna mengakses URL yang tidak valid, mereka akan melihat halaman kesalahan 404.
SitemapPeta SitusFile XML atau HTML yang berisi daftar semua halaman yang ada di dalam sebuah situs web, digunakan untuk membantu mesin pencari mengindeks konten situs web dengan lebih baik.Menyediakan sitemap yang terstruktur dapat membantu mesin pencari menemukan dan mengindeks halaman-halaman penting di situs webmu.
Cookie ConsentPersetujuan KukiPemberitahuan atau persetujuan yang meminta izin pengguna sebelum situs web menyimpan kuki di perangkat mereka.Sebuah situs web harus memiliki fitur persetujuan kuki untuk mematuhi peraturan privasi dan perlindungan data yang berlaku.
APIAntarmuka Pemrograman AplikasiSekumpulan aturan dan protokol yang memungkinkan berbagai perangkat lunak atau aplikasi untuk berinteraksi satu sama lain.Integrasi dengan API pembayaran memungkinkan situs web untuk menerima pembayaran secara langsung dari aplikasi pembayaran lainnya.
CMS ThemeTema CMSSekumpulan file yang mengatur tampilan dan tata letak visual sebuah situs web yang menggunakan CMS tertentu.Memilih tema yang responsif dan menarik sangat penting untuk meningkatkan penampilan dan pengalaman pengguna di situs webmu.
DNS RecordRekaman DNSInformasi yang disimpan di server DNS dan mendefinisikan bagaimana nama domain harus ditranslasikan ke alamat IP.Rekaman A (Alamat) adalah jenis rekaman DNS yang paling umum dan digunakan untuk menghubungkan nama domain dengan alamat IP server web.
Web DevelopmentPengembangan WebProses merancang, membangun, dan mengelola situs web dari awal hingga selesai, termasuk pengkodean, desain, dan implementasi.Proyek pengembangan web tersebut melibatkan tim pengembang untuk menciptakan situs web yang sesuai dengan kebutuhan klien.
Web Hosting Control PanelPanel Kontrol Hosting WebAntarmuka pengguna grafis yang memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai aspek dari akun hosting web mereka, seperti konfigurasi server dan manajemen file.CPanel adalah salah satu panel kontrol hosting web yang paling populer dan mudah digunakan oleh pengguna.
Blog PostKiriman BlogArtikel atau entri terbaru yang dipublikasikan di sebuah blog, biasanya disertai dengan teks, gambar, atau video.Penulis blog tersebut rutin memposting kiriman blog baru setiap minggunya untuk mempertahankan kehadiran online mereka.
CybersecurityKeamanan SiberPraktik dan teknologi untuk melindungi sistem komputer, jaringan, dan data dari serangan atau akses yang tidak sah.Pelatihan keamanan siber menjadi semakin penting dalam menghadapi ancaman cyber yang terus berkembang.
E-mail NewsletterBuletin EmailKiriman berkala via email yang berisi informasi terbaru, berita, atau promosi dari sebuah situs web atau perusahaan.Mendaftar untuk buletin email adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan berita dan update terbaru dari situs web favoritmu.
File Transfer Protocol (FTP)Protokol Transfer FileProtokol standar untuk mentransfer file antara komputer lokal dan server web melalui jaringan internet.Penggunaan FTP memungkinkan pengelola situs web untuk mengunggah, mengunduh, dan mengelola file di server web mereka dengan mudah.
Graphic DesignDesain GrafisProses merancang elemen visual seperti gambar, ikon, dan logo untuk menyampaikan pesan atau memperindah situs web.Desain grafis yang menarik dapat meningkatkan daya tarik visual sebuah situs web dan meningkatkan pengalaman pengguna.
Landing PageHalaman ArahanHalaman web yang dirancang khusus untuk tujuan pemasaran atau iklan tertentu, dengan fokus pada mendapatkan tindakan dari pengunjung, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian.Landing page yang efektif dapat meningkatkan konversi dan mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan.
Open SourceSumber TerbukaPerangkat lunak yang kode sumbernya tersedia untuk umum, biasanya dengan lisensi yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan ulang kode tersebut.WordPress adalah contoh perangkat lunak sumber terbuka yang populer dan digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.
User Experience (UX)Pengalaman PenggunaPengalaman keseluruhan yang dirasakan oleh pengguna saat berinteraksi dengan sebuah situs web atau aplikasi, termasuk tampilan, navigasi, dan kenyamanan pengguna.Memperhatikan pengalaman pengguna adalah kunci untuk menciptakan situs web yang sukses dan memuaskan pengunjungnya.
Virtual Private Server (VPS)Server Pribadi VirtualLingkungan hosting yang disediakan oleh penyedia hosting web yang membagi satu server fisik menjadi beberapa server virtual yang terisolasi satu sama lain.VPS memberikan kontrol yang lebih besar dan kinerja yang lebih baik daripada hosting bersama, sehingga cocok untuk situs web dengan lalu lintas yang tinggi atau aplikasi yang membutuhkan sumber daya yang lebih besar.
Web AnalyticsAnalitika WebProses mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data mengenai pengunjung dan perilaku mereka di sebuah situs web, untuk memahami kinerja situs dan membuat keputusan yang lebih baik.Penggunaan alat analitika web seperti Google Analytics dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs webmu.
Web BrowserPeramban WebPerangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi dan menampilkan halaman web di internet, dengan dukungan untuk berbagai teknologi web seperti HTML, CSS, dan JavaScript.Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge adalah contoh peramban web yang populer yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.
Web Development FrameworkKerangka Kerja Pengembangan WebKumpulan alat, komponen, dan aturan yang digunakan untuk mempercepat proses pengembangan situs web dengan menyediakan struktur dan fungsionalitas yang sudah siap pakai.Ruby on Rails, Laravel, dan Django adalah beberapa kerangka kerja pengembangan web yang populer dan digunakan oleh pengembang di seluruh dunia.
Web Design PrinciplesPrinsip Desain WebPedoman atau aturan dasar yang digunakan dalam merancang tampilan dan tata letak sebuah situs web untuk mencapai tujuan tertentu, seperti keterbacaan, estetika, dan pengalaman pengguna yang baik.Prinsip desain web yang baik meliputi kejelasan, konsistensi, kontras, dan fokus pada pengguna.
Domain Name ExtensionEkstensi Nama DomainBagian terakhir dari sebuah nama domain yang mengidentifikasi jenis atau kategori situs web tersebut, seperti .com, .net, atau .org.Banyak perusahaan menggunakan ekstensi .com untuk menunjukkan bahwa mereka adalah bisnis komersial, sedangkan organisasi nirlaba cenderung menggunakan ekstensi .org.
Web Accessibility GuidelinesPedoman Aksesibilitas WebKumpulan standar dan rekomendasi yang dirancang untuk memastikan bahwa situs web dapat diakses dengan baik oleh semua orang, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik atau sensorik.Pedoman Aksesibilitas Konten Web (WCAG) adalah standar internasional yang digunakan untuk mengukur dan meningkatkan aksesibilitas situs web.
Content MarketingPemasaran KontenPendekatan pemasaran yang fokus pada pembuatan, distribusi, dan promosi konten yang bernilai dan relevan untuk menarik dan mempertahankan audiens tertentu.Buku putih, blog, video, dan infografis adalah beberapa contoh konten yang sering digunakan dalam strategi pemasaran konten.
Responsive Web DesignDesain Web ResponsifPendekatan desain yang memastikan sebuah situs web dapat menyesuaikan tampilannya dengan baik di berbagai perangkat dan ukuran layar, termasuk desktop, tablet, dan smartphone.Desain responsif menjadi semakin penting karena semakin banyaknya pengguna internet yang mengakses situs web melalui perangkat seluler.
Content ManagementManajemen KontenProses membuat, mengelola, dan mempublikasikan konten di sebuah situs web, termasuk pembuatan, pengeditan, dan penghapusan konten sesuai dengan kebutuhan dan tujuan situs.Sistem Manajemen Konten (CMS) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengelola konten di situs web tanpa harus memiliki pengetahuan tentang pemrograman web.
Web Hosting ServiceLayanan Hosting WebLayanan yang menyediakan infrastruktur dan teknologi untuk meng-host situs web di internet, termasuk penyimpanan data, bandwidth, dan dukungan teknis.Berbagai penyedia layanan hosting web menawarkan berbagai paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pengguna, mulai dari shared hosting hingga dedicated hosting.
User Interface (UI)Antarmuka PenggunaBagian dari sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna, termasuk elemen visual seperti tombol, menu, dan formulir yang digunakan untuk menavigasi dan berinteraksi dengan sistem.Desain antarmuka pengguna yang baik mempertimbangkan kegunaan, konsistensi, dan kejelasan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang intuitif dan efisien.
Web ApplicationAplikasi WebAplikasi perangkat lunak yang berjalan di peramban web dan tidak memerlukan instalasi di perangkat pengguna, memberikan fungsionalitas seperti aplikasi desktop tradisional.Gmail, Google Docs, dan Facebook adalah contoh aplikasi web yang populer dan digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.
Domain Privacy ProtectionPerlindungan Privasi DomainLayanan tambahan yang ditawarkan oleh registrar domain untuk menyembunyikan informasi pribadi pemilik domain dari umum dalam database WHOIS.Perlindungan privasi domain mencegah spam, penipuan, dan upaya hacking yang ditargetkan kepada pemilik domain dengan menyembunyikan informasi kontak mereka.
Website RedesignRedesain Situs WebProses mengubah tampilan, struktur, atau fungsionalitas sebuah situs web yang sudah ada untuk meningkatkan penampilan, kinerja, atau pengalaman pengguna.Redesain situs web dapat diperlukan ketika tujuan bisnis berubah, teknologi berkembang, atau pengguna mengeluh tentang masalah tertentu dalam situs web yang ada.
Web StandardsStandar WebPedoman, spesifikasi, dan praktek terbaik yang diterima secara umum dalam pengembangan web untuk memastikan konsistensi, interopabilitas, dan aksesibilitas situs web di berbagai platform dan perangkat.W3C (World Wide Web Consortium) adalah organisasi internasional yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara standar web untuk memastikan pertumbuhan dan evolusi web yang terbuka dan inklusif.
Web Hosting EnvironmentLingkungan Hosting WebInfrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan dan mengelola situs web di server hosting, termasuk sistem operasi, server web, database, dan aplikasi pendukung.Pemilihan lingkungan hosting web yang tepat sangat penting untuk memastikan kinerja, keamanan, dan ketersediaan situs web yang dihosting.
Social Media IntegrationIntegrasi Media SosialProses menghubungkan dan mengintegrasikan situs web dengan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk memungkinkan berbagi konten, interaksi pengguna, dan promosi.Tombol berbagi sosial, widget pengikut, dan pembaruan feed sosial adalah contoh integrasi media sosial yang umum ditemukan dalam situs web modern.
Web Hosting PlanRencana Hosting WebPaket layanan hosting web yang ditawarkan oleh penyedia hosting, yang mencakup fitur-fitur seperti ruang penyimpanan, lebar pita, jumlah domain, dan dukungan teknis.Penyedia hosting web biasanya menawarkan berbagai rencana hosting web dengan harga dan fitur yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pengguna.
Database Management System (DBMS)Sistem Manajemen Basis DataPerangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan memanipulasi basis data, termasuk penyimpanan, pengaturan akses, dan kueri data.MySQL, PostgreSQL, dan Microsoft SQL Server adalah beberapa contoh DBMS yang populer digunakan dalam pengembangan web.
Domain Name RegistrarRegistrar Nama DomainPerusahaan atau lembaga yang terakreditasi untuk mendaftarkan dan mengelola nama domain di tingkat top-level domain (TLD), seperti .com, .net, atau .org.GoDaddy, Namecheap, dan Google Domains adalah contoh registrar nama domain yang terkenal dan sering digunakan oleh pengguna internet.
Web Accessibility TestingPengujian Aksesibilitas WebProses menguji dan mengevaluasi tingkat aksesibilitas sebuah situs web untuk memastikan bahwa pengguna dengan berbagai kebutuhan dan kemampuan dapat mengakses dan menggunakan situs tersebut secara efektif.Pengujian aksesibilitas web dapat mencakup pengujian manual oleh pengguna dengan disabilitas, pengujian alat bantu aksesibilitas, dan pengujian otomatis menggunakan perangkat lunak pengujian khusus.
Domain TransferTransfer DomainProses memindahkan kepemilikan dan pengelolaan nama domain dari satu registrar domain ke registrar domain lain, biasanya karena alasan harga, layanan, atau dukungan pelanggan yang lebih baik.Pengguna dapat mentransfer domain mereka ke registrar lain jika mereka menemukan harga yang lebih murah atau layanan yang lebih baik di tempat lain.
Web Content OptimizationOptimisasi Konten WebProses memperbaiki dan meningkatkan kualitas, relevansi, dan visibilitas konten di sebuah situs web agar lebih menarik bagi pengguna dan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.Menggunakan kata kunci yang relevan, menulis konten yang informatif, dan menyediakan tautan internal yang baik adalah beberapa strategi optimisasi konten web yang umum digunakan.
Webmaster ToolsAlat Pengelola WebSekumpulan alat dan layanan online yang disediakan oleh mesin pencari dan penyedia hosting web untuk membantu pengelola situs web memantau, menganalisis, dan memperbaiki kinerja situs mereka.Google Search Console, Bing Webmaster Tools, dan Google Analytics adalah contoh alat pengelola web yang sering digunakan untuk memantau dan meningkatkan kinerja situs web.
Web Traffic AnalysisAnalisis Lalu Lintas WebProses mengumpulkan, memeriksa, dan menganalisis data lalu lintas web untuk memahami perilaku pengunjung, sumber lalu lintas, dan tren penggunaan di sebuah situs web.Analisis lalu lintas web dapat memberikan wawasan berharga tentang jenis konten yang paling populer, sumber referral yang efektif, dan pola interaksi pengguna di situs web.
Website BackupCadangan Situs WebSalinan data dan file situs web yang disimpan secara terpisah sebagai langkah pengamanan, untuk menghindari kehilangan data akibat kegagalan perangkat keras, kesalahan manusia, atau serangan cyber.Melakukan backup situs web secara teratur dan menyimpannya di tempat yang aman adalah langkah yang bijaksana untuk melindungi data dan konten berharga dari kehilangan atau kerusakan.
Web Development LifecycleSiklus Hidup Pengembangan WebSerangkaian tahapan atau proses yang diikuti dalam merancang, membangun, dan meluncurkan sebuah situs web, mulai dari perencanaan dan analisis hingga pengujian dan pemeliharaan.Tahapan siklus hidup pengembangan web mencakup pengumpulan persyaratan, perancangan tata letak, pengkodean, pengujian fungsional, peluncuran situs, dan pemeliharaan berkelanjutan.
Web Hosting Control PanelPanel Kontrol Hosting WebAntarmuka pengguna grafis yang memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai aspek dari akun hosting web mereka, seperti konfigurasi server dan manajemen file.CPanel adalah salah satu panel kontrol hosting web yang paling populer dan mudah digunakan oleh pengguna.
Web ScrapingPencabutan WebProses mengambil dan menyimpan informasi dari halaman web secara otomatis dengan menggunakan perangkat lunak atau skrip tertentu.Pencabutan web dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai situs web untuk keperluan analisis atau riset.
UptimeWaktu AktifJumlah waktu di mana sebuah situs web atau sistem komputer aktif dan dapat diakses oleh pengguna dalam periode waktu tertentu.Penyedia hosting tersebut menjamin waktu aktif hingga 99,9%, sehingga situs webmu akan selalu online.
Error 404Kesalahan 404Kode status HTTP yang menunjukkan bahwa server tidak dapat menemukan halaman yang diminta oleh pengguna.Ketika pengguna mengakses URL yang tidak valid, mereka akan melihat halaman kesalahan 404.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *