Terminologi Teh

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
TeaTehMinuman yang dihasilkan dari daun-daunan tanaman Camellia sinensis yang direbus dalam air panas.Kamu bisa menikmati segelas teh hitam di pagi hari.
Herbal TeaTeh HerbalMinuman yang dibuat dengan merebus ramuan tumbuhan atau rempah-rempah, tanpa menggunakan daun-daunan Camellia sinensis.Aku suka minum teh herbal peppermint setelah makan malam.
Green TeaTeh HijauVarietas teh yang daunnya tidak difermentasi sebelum dikeringkan, menjaga kandungan antioksidannya.Teh hijau merupakan minuman yang kaya akan antioksidan.
Black TeaTeh HitamVarietas teh yang daunnya difermentasi sebelum dikeringkan, memberikan rasa dan warna yang lebih kuat.Di pagi hari, aku lebih suka minum teh hitam dengan sedikit gula.
White TeaTeh PutihTeh yang dibuat dari daun muda Camellia sinensis yang belum melewati proses oksidasi yang signifikan.Teh putih memiliki rasa yang ringan dan segar.
Oolong TeaTeh OolongTeh yang proses pembuatannya berada di antara teh hijau dan teh hitam, sebagian daunnya difermentasi.Teh oolong memiliki cita rasa yang unik, tidak terlalu ringan seperti teh hijau namun tidak sekuat teh hitam.
Chai TeaTeh ChaiMinuman tradisional India yang terbuat dari campuran teh hitam, rempah-rempah, susu, dan gula.Aku suka menikmati secangkir teh chai hangat di sore hari.
Earl GreyTeh Earl GreyJenis teh hitam yang diberi aroma berbasis minyak jeruk bergamot.Teh Earl Grey memiliki aroma jeruk bergamot yang khas.
MatchaTeh MatchaSerbuk teh hijau halus yang digunakan dalam upacara minum teh Jepang dan banyak makanan dan minuman lainnya.Matcha latte adalah minuman populer yang terbuat dari campuran matcha dengan susu dan gula.
Bubble TeaTeh BuihMinuman Taiwan yang terdiri dari teh manis yang disajikan dengan tambahan bola tapioka chewy.Aku suka minum teh buih taro dengan bubble setiap kali berkunjung ke gerai minuman di sekitar.
Iced TeaTeh EsTeh yang disajikan dingin dengan es batu, seringkali disajikan dengan tambahan rasa atau pemanis.Di musim panas, tidak ada yang lebih menyegarkan daripada segelas teh es lemon.
Decaf TeaTeh Tanpa KafeinVarietas teh yang kandungan kafeinnya telah dihilangkan atau dikurangi secara signifikan.Sebelum tidur, aku biasanya minum segelas teh tanpa kafein agar bisa lebih cepat tertidur.
Rooibos TeaTeh RooibosTeh herbal yang berasal dari Afrika Selatan, memiliki rasa manis dan nutrisi yang kaya.Teh rooibos adalah minuman yang sempurna untuk dinikmati di sore hari.
Pu-erh TeaTeh Pu-erhTeh hitam fermentasi yang berasal dari Provinsi Yunnan di Tiongkok, sering dianggap sebagai teh yang membaik seiring bertambahnya usia.Teh pu-erh memiliki aroma dan rasa yang semakin baik dengan bertambahnya umur.
Darjeeling TeaTeh DarjeelingJenis teh hitam atau teh hijau yang berasal dari daerah Darjeeling di India, terkenal karena rasa ringan dan aromanya yang bunga.Teh Darjeeling merupakan salah satu teh terbaik yang pernah aku rasakan.
Assam TeaTeh AssamVarietas teh hitam yang berasal dari wilayah Assam di India, memiliki rasa penuh dan kuat.Teh Assam cocok dinikmati dengan susu dan gula, memberikan energi di pagi hari.
Ceylon TeaTeh CeylonTeh hitam yang berasal dari Sri Lanka (dahulu dikenal sebagai Ceylon), memiliki rasa ringan dan segar.Teh Ceylon adalah pilihan yang sempurna untuk dinikmati di pagi hari.
Gunpowder TeaTeh Bubuk MeriamTeh hijau yang daunnya digulung menjadi bulatan kecil yang menyerupai butiran bubuk meriam, memiliki rasa yang kuat dan beraroma segar.Teh bubuk meriam adalah salah satu jenis teh hijau yang paling terkenal.
Jasmine TeaTeh MelatiTeh hijau atau teh putih yang diberi aroma bunga melati, memberikan rasa dan aroma yang harum.Teh melati adalah minuman yang sangat menenangkan dan aromatik.
Peppermint TeaTeh PeppermintTeh herbal yang terbuat dari daun mint segar atau kering, memberikan rasa segar dan menyegarkan.Aku suka menikmati secangkir teh peppermint setelah makan malam untuk membantu pencernaan.
Chamomile TeaTeh KamomilTeh herbal yang terbuat dari bunga chamomile kering, diketahui memiliki efek menenangkan dan membantu tidur.Teh kamomil adalah minuman yang sempurna untuk diminum sebelum tidur.
Hibiscus TeaTeh RosellaTeh herbal yang terbuat dari bunga rosella kering, memiliki rasa asam dan segar.Teh rosella sering dijadikan minuman dingin yang menyegarkan di musim panas.
Yerba MateTeh Yerba MateMinuman tradisional dari Amerika Selatan yang terbuat dari daun-daunan tanaman mate, memiliki kandungan kafein yang tinggi.Teh yerba mate adalah minuman yang sering diminum di Argentina dan Uruguay.
KombuchaKombuchaMinuman fermentasi yang dibuat dari teh hitam atau teh hijau yang difermentasi oleh bakteri dan ragi, memiliki rasa asam dan sedikit bersoda.Aku suka minum kombucha sebagai alternatif sehat untuk minuman bersoda.
Lemon TeaTeh LemonTeh yang disajikan dengan perasan lemon atau irisan lemon, memberikan rasa segar dan asam.Teh lemon adalah minuman yang cocok dinikmati di pagi hari.
Ginger TeaTeh JaheTeh herbal yang terbuat dari perasan jahe segar atau irisan jahe kering, memiliki rasa hangat dan menyegarkan.Ketika kamu merasa kedinginan, segelas teh jahe dapat membantu memperbaiki suasana hati.
Milk TeaTeh SusuMinuman yang terbuat dari campuran teh dengan susu, seringkali ditambahkan pemanis seperti gula atau sirup.Teh susu taro adalah salah satu varian teh susu yang paling populer.
Masala ChaiTeh MasalaMinuman tradisional India yang terbuat dari campuran teh hitam, rempah-rempah, susu, dan gula, seringkali diberi tambahan jahe, kayu manis, dan lada hitam.Teh masala adalah minuman yang kaya akan rasa dan aroma rempah-rempah.
Thai TeaTeh ThailandMinuman asal Thailand yang terbuat dari campuran teh hitam atau teh hijau, susu, dan gula, seringkali disajikan dengan tambahan sirup santan.Teh Thailand memiliki warna yang khas dan rasa yang manis.
SenchaTeh SenchaTeh hijau Jepang yang dibuat dengan mengukus daun teh sebelum digulung dan dikeringkan, memberikan rasa segar dan ringan.Sencha adalah salah satu jenis teh hijau yang paling populer di Jepang.
GenmaichaTeh GenmaichaTeh hijau Jepang yang dicampur dengan beras panggang, memberikan rasa yang unik dan sedikit gurih.Genmaicha sering disajikan sebagai minuman yang menemani hidangan Jepang tradisional.
LongjingTeh LongjingTeh hijau Cina yang dikenal karena daunnya yang datar dan aromanya yang segar, seringkali disebut “The Dragon Well Tea”.Teh Longjing adalah salah satu teh hijau paling terkenal dari Cina.
GyokuroTeh GyokuroTeh hijau Jepang yang dibuat dari daun teh yang dibiarkan tumbuh dalam kondisi teduh, memberikan rasa manis dan halus.Gyokuro adalah teh yang sangat disukai di Jepang karena kehalusan rasanya.
Lapsang SouchongTeh Lapsang SouchongTeh hitam Cina yang daunnya diasap di atas api kayu cemara, memberikan aroma dan rasa yang khas seperti asap.Lapsang Souchong adalah pilihan yang sempurna bagi pecinta teh dengan cita rasa yang kuat dan beraroma.
White PeonyTeh Putih PeonyTeh putih yang terbuat dari tunas-tunas daun teh yang masih muda, memberikan rasa ringan dan bunga yang lembut.Teh putih peony adalah pilihan yang elegan untuk dinikmati di siang hari.
Bai MudanTeh Bai MudanTeh putih Cina yang terbuat dari daun teh yang masih muda, memberikan rasa ringan dan sedikit manis.Bai Mudan adalah salah satu teh putih yang paling dihargai di Cina.
Dragon PearlMutiara NagaTeh hijau Cina yang daunnya digulung menjadi bola-bola kecil yang disebut “mutiara naga”, memberikan rasa ringan dan manis.Mutiara Naga adalah jenis teh yang indah dan lezat untuk dinikmati.
Yellow TeaTeh KuningVarietas teh yang langkah-langkah pembuatannya mengikuti proses yang mirip dengan teh hijau, tetapi dengan tambahan langkah “mempermalukan” untuk menghasilkan rasa dan warna yang unik.Teh kuning adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda dari teh hijau atau teh putih.
Ceylon Silver TipsTeh Ceylon Ujung PerakJenis teh putih dari Sri Lanka yang terbuat dari tunas-tunas daun teh yang masih muda, memberikan rasa halus dan ringan.Teh Ceylon Ujung Perak adalah pilihan yang elegan untuk menikmati keindahan teh putih.
Yellow Gold TeaTeh Kuning EmasVarietas langka dari China yang proses pembuatannya menghasilkan daun-daunan teh yang berwarna kuning keemasan, memberikan rasa yang kaya dan lembut.Teh Kuning Emas adalah teh yang sangat dihargai oleh para pecinta teh karena keunikan rasanya.
Wuyi Rock TeaTeh Batu WuyiTeh oolong dari daerah Wuyi di Cina yang dikenal karena tumbuh di tanah berbatu, memberikan rasa yang khas dan kompleks.Teh Batu Wuyi adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin merasakan teh dengan karakter yang unik.
Junshan YinzhenTeh Junshan YinzhenTeh kuning langka dari China yang terbuat dari tunas-tunas daun teh yang masih muda dari varietas teh Huangya, memberikan rasa yang halus dan manis.Teh Junshan Yinzhen adalah salah satu teh kuning yang paling dihargai di dunia karena keunikan rasanya.
Taiping HoukuiTeh Taiping HoukuiTeh hijau yang berasal dari wilayah Taiping di China, terkenal karena daunnya yang panjang dan tipis, memberikan rasa yang lembut dan segar.Teh Taiping Houkui adalah salah satu teh hijau yang paling dihargai di China karena kehalusan rasanya.
Dong DingTeh Dong DingTeh oolong Taiwan yang berasal dari pegunungan Dong Ding, memberikan rasa yang creamy dan lembut dengan aroma bunga yang khas.Teh Dong Ding adalah pilihan yang sempurna untuk dinikmati di sore hari.
Anji Bai ChaTeh Anji Bai ChaTeh hijau China yang berasal dari daerah Anji, terkenal karena daunnya yang berwarna hijau pucat dan memberikan rasa yang ringan dan menyegarkan.Teh Anji Bai Cha adalah pilihan yang tepat untuk menyegarkan tubuh dan pikiran di pagi hari.
Ali ShanTeh Ali ShanTeh oolong Taiwan yang berasal dari gunung Ali Shan, memberikan rasa yang creamy dan bunga dengan aroma yang harum.Teh Ali Shan adalah pilihan yang cocok untuk dinikmati di tengah hari ketika kamu membutuhkan sedikit perasaan menenangkan.
Lao Cong Shui XianTeh Lao Cong Shui XianTeh oolong China yang berasal dari daerah Wuyi, terkenal karena menggunakan daun teh yang sangat tua dan memberikan rasa yang kompleks dengan aroma bunga yang khas.Teh Lao Cong Shui Xian adalah pilihan yang ideal untuk dinikmati dalam suasana yang tenang dan menenangkan.
Feng Huang Dan CongTeh Feng Huang Dan CongTeh oolong China yang berasal dari daerah Phoenix Mountain, terkenal karena memiliki banyak varietas dengan rasa yang berbeda-beda, masing-masing mencerminkan karakteristik dan aroma dari pohon teh tunggal yang unik.Teh Feng Huang Dan Cong adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin menjelajahi berbagai nuansa rasa dalam teh oolong.
KeemunTeh KeemunTeh hitam China yang terkenal karena keharumannya yang mirip anggur, memberikan rasa yang halus dan kompleks dengan aroma yang khas.Teh Keemun adalah pilihan yang sempurna untuk menikmati di pagi hari bersama dengan sarapan yang berat.
Lapsang SouchongTeh Lapsang SouchongTeh hitam China yang dikenal karena di-berasap-nya daun teh di atas api kayu cemara, memberikan rasa dan aroma yang kuat seperti asap, sering disebut sebagai “whisky” di antara teh.Teh Lapsang Souchong adalah pilihan yang berani untuk mereka yang menyukai cita rasa yang kuat dan beraroma.
GyokuroTeh GyokuroTeh hijau Jepang yang tumbuh di bawah naungan, memberikan rasa yang sangat halus dengan aroma yang segar dan manis.Teh Gyokuro adalah salah satu teh terbaik yang berasal dari Jepang.
ShinchaTeh ShinchaVarietas teh hijau Jepang yang merupakan panenan pertama di musim semi setelah musim dingin, memberikan rasa yang segar dan hidup dengan aroma yang bunga.Menikmati secangkir teh Shincha adalah cara yang sempurna untuk merayakan kedatangan musim semi.
BanchaTeh BanchaTeh hijau Jepang yang terbuat dari daun-daunan yang lebih tua dan lebih besar, memberikan rasa yang ringan dan segar dengan sedikit astringensi.Teh Bancha adalah pilihan yang baik untuk dinikmati sehari-hari tanpa terlalu banyak kafein.
HojichaTeh HojichaTeh Jepang yang dibuat dengan memanggang daun teh hijau, memberikan rasa yang hangat dan lembut dengan aroma yang kaya dan gurih.Ketika cuaca dingin, secangkir teh Hojicha dapat membuat tubuhmu merasa hangat dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *