Terminologi Regular Expression

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
Regular ExpressionEkspresi RegulerSuatu pola teks yang digunakan untuk mencocokkan urutan karakter dalam sebuah string./\d{3}-\d{2}-\d{4}/ akan cocok dengan format nomor KTP: 123-45-6789.
Pattern MatchingPencocokan PolaProses mencari dan menemukan pola tertentu dalam sebuah teks.Menggunakan ekspresi reguler untuk mencari semua kata yang dimulai dengan huruf “a”.
MetacharactersMeta KarakterKarakter khusus dalam ekspresi reguler yang memiliki makna khusus.. akan cocok dengan satu karakter apa pun kecuali baris baru.
QuantifiersKuantifikasiMengatur berapa kali karakter atau grup karakter sebelumnya harus muncul.+ akan cocok satu atau lebih angka.
AnchorsPenyanggaMenunjukkan lokasi spesifik di dalam teks, seperti awal atau akhir string.^ akan cocok dengan awal string.
Character ClassesKelas KarakterGrup karakter yang digunakan untuk mencocokkan karakter tertentu.[aeiou] akan cocok dengan salah satu huruf vokal.
AlternationAlternatifMemungkinkan untuk memilih di antara beberapa kemungkinan.`cat
Escape CharacterKarakter PelarianKarakter yang digunakan untuk mengubah makna karakter khusus menjadi karakter biasa.\. akan cocok dengan tanda titik.
GroupingPengelompokanMengelompokkan beberapa karakter untuk diperlakukan sebagai satu kesatuan.(abc)+ akan cocok dengan satu atau lebih urutan “abc”.
Capture GroupsKelompok PenangkapBagian dari pola yang diapit dalam tanda kurung dan dapat ditangkap dan disimpan.(\d{3})-(\d{2})-(\d{4}) akan menyimpan tiga bagian nomor KTP.
BackreferencesReferensi KembaliMenggunakan nilai yang cocok sebelumnya dalam ekspresi reguler.\1 akan cocok dengan teks yang sama seperti yang cocok oleh grup penangkap pertama.
Character EscapesKarakter MelarikanMenggunakan karakter khusus yang dilindungi dengan tanda \.\t akan cocok dengan tab horizontal.
Boundary MatchersPencocok PenyanggaMenentukan batas kata atau baris dalam teks.\b akan cocok dengan batas kata.
LookaheadPencarian MendatangMelihat ke depan dalam teks untuk menentukan apakah pola cocok.foo(?=bar) akan cocok dengan “foo” yang diikuti oleh “bar”.
LookbehindPencarian MundurMelihat ke belakang dalam teks untuk menentukan apakah pola cocok.(?<=foo)bar akan cocok dengan “bar” yang diawali oleh “foo”.
Non-Capturing GroupKelompok Tidak TertangkapMengelompokkan pola tanpa menyimpan hasilnya.(?:abc)+ akan cocok dengan satu atau lebih urutan “abc” tanpa menyimpannya.
Greedy QuantifiersKuantifikasi RakusMenghasilkan pencocokan sebanyak mungkin dalam string..* akan cocok dengan sebanyak mungkin karakter dalam string.
Lazy QuantifiersKuantifikasi MalasMenghasilkan pencocokan sesedikit mungkin dalam string..*? akan cocok dengan sesedikit mungkin karakter dalam string.
Negated Character ClassKelas Karakter NegatifMencocokkan karakter yang tidak termasuk dalam kelas karakter tertentu.[^0-9] akan cocok dengan karakter apa pun yang bukan angka.
Word BoundariesBatas KataMenandai batas antara karakter kata dan karakter bukan kata.\bword\b akan cocok dengan kata “word” sebagai kata terpisah.
FlagsBenderaPengaturan tambahan yang dapat dimasukkan ke dalam ekspresi reguler untuk mengubah perilaku pencocokan./pattern/i akan mencocokkan pola tanpa memperhatikan huruf besar kecil.
Group ReferencesReferensi KelompokMenggunakan hasil dari kelompok penangkapan sebelumnya dalam ekspresi reguler.(cat)\s\1 akan cocok dengan “cat cat”, memanfaatkan hasil dari kelompok penangkapan sebelumnya.
Escape SequencesUrutan MelarikanUrutan karakter khusus yang dimulai dengan \ yang memiliki makna khusus dalam ekspresi reguler.\n akan cocok dengan karakter baris baru.
Unicode PropertyProperti UnicodeMenentukan karakter berdasarkan properti Unicode tertentu.\p{Lu} akan cocok dengan huruf kapital Unicode.
POSIX Character ClassKelas Karakter POSIXKumpulan karakter yang memiliki makna khusus dalam ekspresi reguler berdasarkan standar POSIX.[:digit:] akan cocok dengan digit.
Zero-width AssertionAsersi Lebar NolPernyataan yang mencocokkan posisi dalam teks tanpa mencocokkan karakter apa pun.^ akan cocok dengan awal baris.
Atomic GroupKelompok AtomikKelompok dalam ekspresi reguler yang tidak dapat dipecah.`(?>foo
RecursionRekursiKemampuan ekspresi reguler untuk memanggil dirinya sendiri.(?R) akan mencocokkan pola yang sama dengan ekspresi reguler utama.
Unicode EscapeMelarikan UnicodeMelarikan karakter Unicode menggunakan notasi \u atau \U.\u0041 akan cocok dengan karakter ‘A’ dalam Unicode.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *