Terminologi Pemilu (Kamus Pemilu)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
General ElectionPemilihan UmumPemilihan di mana warga negara memilih wakil-wakil mereka untuk duduk di badan legislatif atau jabatan eksekutif.Pemilihan Umum di Indonesia diadakan setiap lima tahun.
BallotSurat SuaraSelembar kertas atau benda lain yang digunakan oleh pemilih untuk menandai pilihan mereka dalam pemilihan.Kamu harus mencentang kotak di surat suara.
VoterPemilihIndividu yang memiliki hak untuk memilih dalam suatu pemilihan.Pemilih aktif harus terdaftar di daftar pemilih.
Polling StationTempat Pemungutan Suara (TPS)Lokasi tempat pemilih memberikan suaranya selama pemilihan.Aku harus pergi ke tempat pemungutan suara di dekat rumahku.
Election CommissionKomisi Pemilihan Umum (KPU)Badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengatur dan melaksanakan pemilihan.KPU bertugas memastikan pemilu berjalan lancar.
CandidateCalonSeseorang yang mencalonkan diri untuk memegang jabatan dalam suatu pemilihan.Ada banyak calon yang bersaing dalam pemilihan presiden.
CampaignKampanyeSerangkaian kegiatan untuk mempromosikan kandidat atau isu-isu tertentu selama periode sebelum pemilihan.Kampanye politik seringkali berlangsung di media sosial.
Electoral DistrictDaerah PemilihanWilayah geografis yang ditetapkan untuk pemilihan di mana pemilih memilih perwakilan mereka dalam badan legislatif.Daerah pemilihan dibagi berdasarkan populasi penduduk.
Voter RegistrationPendaftaran PemilihProses di mana individu mendaftar sebagai pemilih untuk memenuhi syarat untuk memberikan suara dalam pemilihan.Aku harus melakukan pendaftaran pemilih tahun ini.
Voter TurnoutPartisipasi PemilihPersentase pemilih yang berpartisipasi dalam pemilihan dibandingkan dengan jumlah total pemilih yang memenuhi syarat.Partisipasi pemilih turun pada pemilihan terakhir.
Electoral RollDaftar PemilihDaftar yang berisi nama-nama individu yang memiliki hak untuk memberikan suara dalam pemilihan.Aku memeriksa nama di daftar pemilih sebelum memberikan suara.
Absentee VotingPemungutan Suara Tidak HadirMetode yang memungkinkan pemilih untuk memberikan suara meskipun mereka tidak dapat hadir di tempat pemungutan suara.Aku menggunakan hak suara tidak hadir karena sedang bepergian.
Counting of VotesPenghitungan SuaraProses di mana suara yang diberikan oleh pemilih dihitung untuk menentukan hasil pemilihan.Penghitungan suara dimulai setelah penutupan tempat pemungutan suara.
Electoral FraudKecurangan PemiluTindakan ilegal atau manipulatif yang bertujuan untuk memengaruhi hasil pemilihan.KPU mengawasi proses pemungutan suara untuk mencegah kecurangan pemilu.
Runoff ElectionPemilihan Putaran KeduaPemilihan tambahan yang diadakan jika tidak ada kandidat yang memperoleh mayoritas suara dalam pemilihan pertama.Pemilihan putaran kedua diadakan antara dua kandidat dengan suara terbanyak.
Political PartyPartai PolitikOrganisasi yang terdiri dari individu-individu yang memiliki pandangan politik yang serupa dan berusaha untuk memegang kekuasaan.Partai politik memiliki program dan ideologi yang berbeda.
Election DayHari PemilihanHari yang ditetapkan untuk pemilihan di mana pemilih memberikan suara mereka untuk kandidat atau isu-isu tertentu.Hari pemilihan dijadwalkan pada tanggal 9 April.
Voter EducationPendidikan PemilihUpaya untuk memberikan informasi kepada pemilih tentang proses pemilihan, kandidat, dan isu-isu yang dipertaruhkan.Program pendidikan pemilih sangat penting untuk meningkatkan kesadaran politik.
Opinion PollSurvei PendapatPenelitian yang dilakukan untuk mengukur pendapat atau preferensi pemilih terhadap kandidat atau isu tertentu.Survei pendapat menunjukkan kandidat mana yang unggul.
Exit PollSurvei Keluar TPSSurvei yang dilakukan di luar tempat pemungutan suara untuk memprediksi hasil pemilihan berdasarkan tanggapan pemilih setelah memberikan suara.Survei keluar TPS seringkali dilakukan oleh lembaga-lembaga penelitian.
Spoiled BallotSurat Suara RusakSurat suara yang tidak dapat dihitung karena ditandai secara tidak sah atau tidak jelas oleh pemilih.Ada beberapa surat suara rusak yang perlu diganti.
Provisional BallotSurat Suara SementaraSurat suara yang diberikan kepada pemilih jika ada ketidakpastian tentang kelayakan mereka untuk memberikan suara.Aku diberi surat suara sementara karena namaku tidak terdaftar.
Voter SuppressionPenindasan PemilihUpaya untuk menghambat atau menghalangi partisipasi pemilih dalam pemilihan, biasanya melalui taktik atau undang-undang yang diskriminatif.Penindasan pemilih terjadi melalui pembatasan akses ke tempat pemungutan suara.
Candidate DebateDebat KandidatPertemuan di mana kandidat yang bersaing berdebat tentang isu-isu penting yang mempengaruhi pemilih.Debat kandidat seringkali disiarkan di televisi.
Campaign FinanceKeuangan KampanyeSumber dan pengeluaran dana untuk mendukung kampanye politik, termasuk iklan, acara, dan bahan kampanye lainnya.Kampanye presiden menghabiskan jutaan dolar untuk iklan.
Voter IDKartu Identitas PemilihDokumen yang diperlukan untuk memverifikasi identitas pemilih saat memberikan suara dalam pemilihan.Kamu harus membawa kartu identitas pemilih saat pemungutan suara.
Early VotingPemungutan Suara AwalKesempatan bagi pemilih untuk memberikan suara sebelum tanggal pemilihan resmi.Aku menggunakan hak suara awal karena jadwal kerjaku padat.
ElectorateElektoratSeluruh kelompok orang yang memiliki hak untuk memberikan suara dalam pemilihan.Kandidat perlu menggalang dukungan dari seluruh elektorat.
Electoral CollegeKoleselektorSistem di mana pemilih tidak memilih langsung presiden, tetapi memberikan suara untuk pemilih elektoral yang kemudian memilih presiden.Koleselektor memainkan peran penting dalam pemilihan presiden AS.
Campaign TrailJejak KampanyePerjalanan yang dilakukan oleh kandidat untuk bertemu dengan pemilih, berbicara di acara, dan mengumpulkan dukungan.Kandidat melakukan tur jejak kampanye di seluruh negeri.
Swing VoterPemilih GoncanganIndividu yang belum memutuskan pilihannya dan cenderung mempengaruhi hasil pemilihan karena mereka dapat beralih dukungan ke berbagai kandidat.Pemilih goncangan sering menjadi fokus kampanye politik.
Voter ApathySikap Apati PemilihKurangnya minat atau kepedulian pemilih terhadap proses pemilihan atau kandidat yang bersaing.Sikap apati pemilih dapat menyebabkan tingkat partisipasi yang rendah.
Voting SystemSistem PemilihanMetode atau aturan yang digunakan untuk menghitung dan menentukan pemenang dalam pemilihan.Sistem pemilihan dapat bervariasi antara negara-negara.
IncumbentPetahanaSeorang pejabat yang saat ini memegang jabatan dan mencalonkan diri untuk masa jabatan berikutnya.Petahana memiliki keunggulan dalam pemilihan.
Electoral CollegeKoleselektorSistem di mana pemilih tidak memilih langsung presiden, tetapi memberikan suara untuk pemilih elektoral yang kemudian memilih presiden.Koleselektor memainkan peran penting dalam pemilihan presiden AS.
Campaign PromiseJanji KampanyePernyataan atau komitmen yang dibuat oleh kandidat selama kampanye politik mereka.Kandidat harus memenuhi janji kampanye mereka setelah terpilih.
Exit PollSurvei Keluar TPSSurvei yang dilakukan di luar tempat pemungutan suara untuk memprediksi hasil pemilihan berdasarkan tanggapan pemilih setelah memberikan suara.Survei keluar TPS seringkali dilakukan oleh lembaga-lembaga penelitian.
Voter IntimidationIntimidasi PemilihUpaya untuk menakut-nakuti atau memengaruhi pemilih agar tidak memberikan suara, biasanya melalui ancaman atau tindakan kekerasan.Intimidasi pemilih adalah pelanggaran serius terhadap demokrasi.
Voter FraudPenipuan PemilihTindakan ilegal untuk memengaruhi hasil pemilihan dengan cara yang tidak sah, seperti memalsukan suara atau mencoblos lebih dari satu kali.Pihak berwenang harus mencegah dan menindak penipuan pemilih.
Voter DisenfranchisementPembatalan Hak Suara PemilihSituasi di mana pemilih kehilangan hak suara mereka, biasanya karena undang-undang atau taktik yang menghalangi partisipasi.Pembatalan hak suara pemilih dapat terjadi karena banyak faktor, termasuk hambatan akses atau hukuman pidana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *