Terminologi Pedang (Daftar Istilah Perpedangan)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
SwordPedangSebuah senjata tajam dengan pisau logam panjang dan gagang, digunakan untuk menusuk atau memotong dalam pertempuran.Seorang ksatria mengayunkan pedangnya dengan gesit dalam pertarungan.
BladeMata PedangBagian tajam dan datar dari pedang, yang digunakan untuk memotong atau menusuk.Mata pedang itu terbuat dari baja yang kuat.
HiltTumpukan PedangBagian pegangan pedang, biasanya terbuat dari kayu, logam, atau gabungan keduanya.Tumpukan pedang itu dihiasi dengan ukiran-ukiran yang indah.
GuardPelindung PedangBagian pada pegangan yang melindungi tangan dari serangan lawan atau dari meluncur ke mata pedang.Pelindung pedang tersebut sangat penting untuk menjaga keselamatan penggunanya dalam pertempuran.
ScabbardSarung PedangSebuah penutup yang biasa digunakan untuk menyimpan dan membawa pedang.Tentara itu menarik pedangnya dari sarung dengan cepat.
EdgeSisi TajamBagian tepi yang tajam pada mata pedang.Dia memeriksa keadaan sisi tajam pedangnya sebelum pertempuran dimulai.
PointUjung PedangBagian tajam pada ujung pedang yang digunakan untuk menusuk.Ujung pedangnya mengarah langsung ke jantung lawannya.
TangBatang PedangBagian yang memanjang dari mata pedang ke pegangan, yang memberikan stabilitas dan kekuatan.Kualitas batang pedang sangat menentukan daya tahan dan kekuatan senjata tersebut.
FullerAlur PedangRongga panjang dan tipis yang berjalan sepanjang mata pedang, digunakan untuk mengurangi beratnya dan meningkatkan kekuatannya.Alur pedang itu dirancang untuk memberikan keseimbangan yang lebih baik dan mengurangi hambatan angin ketika dipergunakan.
PommelPuncak PedangBagian berat dan bulat di ujung pegangan pedang, digunakan untuk menjaga keseimbangan senjata dan memberikan kekuatan tambahan saat memotong.Puncak pedangnya dihiasi dengan intan yang berkilauan.
CrossguardPenyeberangan PedangBagian yang melintang di atas pegangan, di antara mata pedang dan tumpukan, digunakan untuk melindungi tangan pengguna dari terkena mata pedang lawan.Penyeberangan pedang tersebut dirancang dengan ornamentasi yang indah.
QuillonPenyeberang PedangBagian yang menjulur ke samping dari penyeberangan pedang, digunakan untuk melindungi tangan dari serangan lawan.Penyeberangan pedang itu memiliki quillon yang sangat panjang untuk memberikan perlindungan ekstra.
RapierPedang RapierSejenis pedang panjang dan ramping dengan ujung runcing, biasanya digunakan untuk tusukan dan serangan cepat.Pedang rapier merupakan senjata favorit para dueler di masa lalu.
BroadswordPedang PendekSebuah pedang dengan mata yang lebar dan tajam, digunakan untuk memotong dan menusuk dalam pertempuran jarak dekat.Pedang pendek sangat efektif untuk pertarungan dalam ruangan yang sempit.
LongswordPedang PanjangSejenis pedang besar dengan mata panjang dan tumpukan yang dapat digunakan dengan satu atau kedua tangan, baik untuk memotong maupun menusuk.Para ksatria Eropa kuno sering menggunakan pedang panjang sebagai senjata utama mereka di medan perang.
ClaymorePedang ClaymoreSebuah pedang besar yang digunakan oleh tentara Skotlandia pada abad pertengahan, dengan mata yang panjang dan tumpukan yang besar.Pedang claymore adalah simbol keberanian dan kekuatan bagi tentara Skotlandia.
KatanaPedang KatanaSebuah pedang Jepang yang panjang dan melengkung, terkenal karena keindahan dan kekuatannya, sering kali diasosiasikan dengan samurai.Pedang katana merupakan senjata khas samurai yang sangat terkenal di seluruh dunia.
SabrePedang SaberSejenis pedang yang memiliki mata melengkung dan tajam di satu sisi, biasanya digunakan oleh kavaleri untuk serangan jarak dekat.Kavaleri itu memamerkan keterampilannya dalam mengendalikan pedang saber dengan gesit.
FalchionPedang FalchionSejenis pedang yang memiliki mata lebar dan melengkung dengan ujung runcing, sering digunakan oleh tentara Eropa pada Abad Pertengahan.Tentara infanteri sering kali menggunakan pedang falchion sebagai senjata andalan mereka dalam pertempuran jarak dekat.
CutlassPedang CutlassSebuah pedang pendek yang digunakan oleh pelaut pada masa lalu, biasanya memiliki mata yang lebar dan melengkung dengan ujung runcing.Pelaut itu selalu membawa pedang cutlassnya di pinggang saat berlayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *