Terminologi Occupational Health and Safety (K3)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
Occupational HealthKesehatan KerjaMerujuk pada upaya menjaga kesejahteraan fisik, mental, dan sosial pekerja di tempat kerja.Pelatihan ergonomi untuk mengurangi risiko cedera otot.
SafetyKeselamatanMenyangkut upaya pencegahan cedera dan kecelakaan di tempat kerja.Pemeriksaan rutin peralatan untuk memastikan keselamatan kerja.
HazardBahayaMengacu pada segala sesuatu yang memiliki potensi untuk menyebabkan cedera atau penyakit.Bahan kimia beracun di tempat kerja.
RiskRisikoMerupakan kemungkinan terjadinya cedera atau kerugian akibat dari suatu bahaya.Risiko tergelincir di lantai basah.
PreventionPencegahanTindakan yang diambil untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya bahaya atau cedera.Penggunaan helm untuk mencegah cedera kepala.
RegulationRegulasiAturan resmi yang ditetapkan untuk memastikan kepatuhan terhadap standar keselamatan dan kesehatan kerja.Pemerintah mengeluarkan regulasi baru tentang penggunaan APD.
WorkplaceTempat KerjaLokasi di mana pekerjaan dilakukan.Pabrik adalah tempat kerja bagi pekerja manufaktur.
ErgonomicsErgonomiStudi tentang bagaimana desain produk dan lingkungan kerja memengaruhi kesejahteraan manusia.Penyesuaian kursi kantor untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas.
Personal Protective Equipment (PPE)Alat Pelindung Diri (APD)Peralatan yang dikenakan oleh pekerja untuk mengurangi risiko cedera atau paparan bahaya di tempat kerja.Sarung tangan dan masker adalah contoh APD yang umum digunakan.
Occupational DiseasePenyakit Akibat KerjaPenyakit yang berkaitan dengan faktor risiko yang ada di tempat kerja.Asma yang disebabkan oleh paparan debu di tempat kerja.
Hazard CommunicationKomunikasi BahayaProses menyampaikan informasi tentang bahaya yang ada di tempat kerja.Label bahaya pada kemasan bahan kimia.
IncidentKejadianPeristiwa yang mengganggu normalnya proses kerja dan bisa menyebabkan cedera atau kerugian.Kecelakaan mesin di pabrik.
InspectionInspeksiPemeriksaan rutin untuk menilai kepatuhan terhadap standar keselamatan dan kesehatan kerja.Inspeksi kebakaran di gedung perkantoran.
First AidPertolongan PertamaTindakan awal yang diberikan kepada korban cedera atau penyakit di tempat kerja.Memberikan kompresi dada kepada korban serangan jantung.
Workplace ViolenceKekerasan di Tempat KerjaTindakan atau perilaku yang menyebabkan bahaya, cedera, atau rasa tak aman di tempat kerja.Pelecehan verbal oleh rekan kerja.
Hazardous MaterialBahan BerbahayaBahan yang memiliki sifat berpotensi menyebabkan bahaya bagi kesehatan atau lingkungan.Bahan kimia korosif yang digunakan dalam proses industri.
Safety TrainingPelatihan KeselamatanProgram pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam menghadapi bahaya di tempat kerja.Pelatihan evakuasi kebakaran untuk semua karyawan.
Fire SafetyKeselamatan KebakaranUpaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat kerja.Pemasangan alarm kebakaran dan peralatan pemadam api.
Emergency EvacuationEvakuasi DaruratProses mengeluarkan pekerja dan pengunjung dari area yang terancam bahaya dengan cepat dan aman.Latihan evakuasi gedung kantor secara berkala.
Work-Related InjuryCedera Akibat KerjaCedera fisik atau mental yang terjadi dalam konteks pekerjaan atau di tempat kerja.Patah tulang karena tergelincir di lantai pabrik.
Safety CultureBudaya KeselamatanNilai-nilai, keyakinan, dan praktik-praktik yang mempromosikan keselamatan di tempat kerja.Promosi penghargaan bagi karyawan yang menerapkan keselamatan kerja.
Occupational HygieneHigiene KerjaStudi dan praktik untuk mengidentifikasi, mencegah, dan mengendalikan faktor-faktor lingkungan yang dapat memengaruhi kesehatan pekerja.Pengukuran kadar debu di lingkungan kerja.
Safety InspectionInspeksi KeselamatanPemeriksaan berkala untuk menilai kondisi keselamatan di tempat kerja.Inspeksi keselamatan mesin pabrik setiap bulan.
Workplace ErgonomicsErgonomi Tempat KerjaPenyesuaian desain tempat kerja agar sesuai dengan kebutuhan fisik dan psikologis pekerja.Penataan meja kerja untuk mengurangi stres postur tubuh.
Occupational Health NursePerawat Kesehatan KerjaProfesional kesehatan yang bekerja di tempat kerja untuk memberikan layanan kesehatan dan mempromosikan kesejahteraan pekerja.Pemeriksaan kesehatan rutin oleh perawat di pabrik.
Safety Data Sheet (SDS)Lembar Data KeselamatanDokumen yang menyediakan informasi tentang bahan kimia, termasuk cara penggunaan yang aman dan tindakan darurat yang harus diambil.SDS untuk cat mengandung informasi tentang bahan kimia yang digunakan dan tindakan darurat.
Occupational FatigueKelelahan Akibat KerjaKeadaan kelelahan fisik dan/atau mental yang disebabkan oleh tugas-tugas pekerjaan yang berat atau jadwal kerja yang panjang.Pekerja shift malam sering mengalami kelelahan akibat kerja.
Job Hazard Analysis (JHA)Analisis Bahaya PekerjaanProses identifikasi dan penilaian bahaya potensial di tempat kerja untuk mengurangi risiko cedera.JHA dilakukan sebelum memulai proyek konstruksi besar.
Safety SignageTanda KeselamatanTanda atau label yang digunakan untuk memberikan instruksi, peringatan, atau informasi terkait keselamatan di tempat kerja.Tanda “Larangan Masuk” dipasang di area berbahaya di pabrik.
Occupational ExposurePaparan KerjaKontak yang mungkin terjadi antara pekerja dengan bahan atau kondisi yang dapat menyebabkan cedera atau penyakit.Paparan asap rokok di tempat kerja dapat meningkatkan risiko kesehatan.
Work-Related StressStres Akibat KerjaTekanan atau ketegangan yang timbul dari tuntutan pekerjaan yang berlebihan atau lingkungan kerja yang tidak sehat.Deadline proyek yang ketat bisa menyebabkan stres akibat kerja.
Safety CommitteeKomite KeselamatanKelompok yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mempromosikan keselamatan di tempat kerja.Komite keselamatan melakukan inspeksi rutin di area produksi.
Work-Related Musculoskeletal Disorders (WRMSDs)Gangguan Muskuloskeletal Akibat KerjaCedera atau gangguan pada otot, tulang, atau jaringan lunak yang disebabkan oleh aktivitas kerja yang berulang atau posisi tubuh yang tidak ergonomis.Karyawan yang bekerja di komputer sering mengalami WRMSDs karena posisi duduk yang tidak benar.
Safety Culture AssessmentEvaluasi Budaya KeselamatanProses pengukuran untuk mengevaluasi sejauh mana nilai-nilai keselamatan diterapkan dan dipraktikkan di tempat kerja.Survey dilakukan untuk mengukur budaya keselamatan di perusahaan.
Safety AuditAudit KeselamatanEvaluasi menyeluruh terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja.Perusahaan mengadakan audit keselamatan setiap tahun.
Hazardous WasteLimbah BerbahayaMaterial yang terbuang yang memiliki sifat berbahaya bagi kesehatan manusia atau lingkungan.Limbah kimia dari pabrik dianggap sebagai limbah berbahaya.
Workplace HazardsBahaya di Tempat KerjaPotensi bahaya atau ancaman terhadap keselamatan dan kesehatan pekerja di tempat kerja.Bahaya di tempat kerja dapat berupa kecelakaan, paparan bahan kimia, atau kondisi lingkungan yang tidak aman.
Safety ManualManual KeselamatanDokumen yang berisi pedoman, prosedur, dan kebijakan terkait keselamatan di tempat kerja.Semua karyawan harus memahami dan mengikuti manual keselamatan perusahaan.
Safety Training ProgramProgram Pelatihan KeselamatanRangkaian pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan keselamatan pekerja.Program pelatihan keselamatan mencakup topik seperti evakuasi darurat, penggunaan APD, dan tindakan pencegahan cedera.
Safety Performance MetricsMetrik Kinerja KeselamatanUkuran atau indikator yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas program keselamatan di tempat kerja.Tingkat cedera kerja adalah salah satu metrik kinerja keselamatan yang penting.
Safety Incentive ProgramsProgram Insentif KeselamatanProgram yang dirancang untuk mendorong perilaku keselamatan dengan memberikan insentif kepada pekerja yang mematuhi aturan keselamatan.Pemberian bonus kepada karyawan yang mencapai target keselamatan tertentu.
Safety Data AnalysisAnalisis Data KeselamatanProses mengumpulkan dan menganalisis data terkait kecelakaan atau insiden keselamatan untuk mengidentifikasi pola dan tren yang memerlukan perbaikan.Analisis data keselamatan menunjukkan peningkatan jumlah insiden di area tertentu pabrik.
Safety AwarenessKesadaran KeselamatanTingkat pemahaman dan perhatian terhadap bahaya dan upaya keselamatan di tempat kerja.Program kesadaran keselamatan membantu meningkatkan pemahaman karyawan tentang risiko di tempat kerja.
Safety Regulation ComplianceKepatuhan Regulasi KeselamatanTingkat kepatuhan perusahaan terhadap aturan dan regulasi keselamatan yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga pengatur.Pemerintah akan mengaudit perusahaan untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi keselamatan.
Safety PlanningPerencanaan KeselamatanProses merencanakan tindakan dan strategi untuk memastikan keselamatan di tempat kerja dan merespons keadaan darurat dengan efektif.Perusahaan mengadakan pertemuan perencanaan keselamatan rutin untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat.
Safety Risk AssessmentPenilaian Risiko KeselamatanProses identifikasi, analisis, dan evaluasi potensi bahaya untuk menentukan risiko keselamatan di tempat kerja.Penilaian risiko keselamatan dilakukan sebelum memulai proyek konstruksi.
Safety CoordinatorKoordinator KeselamatanIndividu yang bertanggung jawab mengelola dan mengoordinasikan program keselamatan di tempat kerja.Koordinator keselamatan mengatur pelatihan dan inspeksi keselamatan.
Safety CommunicationKomunikasi KeselamatanProses menyampaikan informasi terkait keselamatan di tempat kerja kepada semua pekerja.Rapat keselamatan diadakan setiap bulan untuk meningkatkan komunikasi tentang keselamatan.
Safety RecordkeepingPencatatan KeselamatanPraktik mencatat dan menyimpan catatan terkait kecelakaan, insiden, atau pelatihan keselamatan di tempat kerja.Pencatatan keselamatan membantu menganalisis tren dan mencegah insiden di masa depan.
Safety EquipmentPeralatan KeselamatanAlat atau perlengkapan yang dirancang untuk melindungi pekerja dari bahaya di tempat kerja.Pelindung telinga dan helm adalah contoh peralatan keselamatan yang umum digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *