Terminologi Kertas (Daftar Istilah Kertas)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
PaperKertasBahan yang terbuat dari serat selulosa yang dihasilkan dari proses pengolahan pulp kayu atau bahan nabati lainnya.Buku, surat, dan majalah adalah contoh penggunaan kertas dalam kehidupan sehari-hari.
PulpPulpSerat selulosa yang diperoleh dari proses pengolahan kayu atau bahan nabati lainnya, yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan kertas.Pulp digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan kertas.
BleachingPemutihanProses kimia untuk menghilangkan pigmen dan bahan organik lainnya dari pulp, sehingga menghasilkan kertas putih.Pemutihan pulp diperlukan untuk menghasilkan kertas putih yang bersih.
RecyclingPengolahan UlangProses mengumpulkan, memisahkan, dan mengolah kertas bekas menjadi bahan baku untuk pembuatan kertas baru.Mengolah ulang kertas bekas menjadi bahan baku kertas baru membantu mengurangi limbah dan meminimalkan pemanfaatan bahan mentah baru.
WeightBeratUkuran berat kertas per satuan luas, biasanya dinyatakan dalam gram per meter persegi (gsm).Kertas dengan berat 80 gsm cocok untuk mencetak dokumen sehari-hari.
ThicknessKetebalanUkuran ketebalan kertas, biasanya dinyatakan dalam mikron atau milimeter.Kertas tebal memiliki ketebalan yang lebih besar daripada kertas tipis.
GlossKilauanTingkat kilauan permukaan kertas yang menentukan seberapa banyak cahaya yang dipantulkan.Kertas glossy sering digunakan untuk mencetak foto karena memberikan hasil yang berkualitas dan berkilau.
MatteDofPermukaan kertas yang tidak mengkilap dan cenderung lebih halus daripada kertas glossy.Kertas matte cocok untuk mencetak dokumen yang membutuhkan tampilan yang lebih halus dan tidak mengkilap.
TextureTeksturSifat fisik permukaan kertas, bisa berupa halus, kasar, atau tekstur khusus lainnya.Kertas dengan tekstur halus memberikan kesan yang elegan, sementara kertas kasar memberikan tampilan yang lebih rustik.
WatermarkCap AirGambar atau pola transparan yang dicetak pada kertas saat pembuatan, biasanya untuk tujuan keamanan atau identifikasi.Uang kertas sering memiliki watermark untuk menghindari pemalsuan.
Acid-FreeBebas AsamKertas yang tidak mengandung asam, sehingga tidak akan mengalami peluruhan atau perubahan warna seiring waktu.Kertas bebas asam sangat cocok untuk menyimpan dokumen dan foto yang ingin dipertahankan selama bertahun-tahun.
RecycledDaur UlangKertas yang dibuat dari bahan baku kertas bekas atau daur ulang lainnya, membantu mengurangi penggunaan bahan mentah baru.Menggunakan kertas daur ulang membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.
GrainSeratOrientasi serat dalam kertas, mempengaruhi kekuatan dan fleksibilitas kertas.Mengikuti arah serat saat melipat kertas dapat menghasilkan lipatan yang lebih rapi.
Deckle EdgeTepi AsliTepi kertas yang tidak rata dan kasar, hasil dari proses pembuatan kertas secara tradisional.Tepi asli memberikan sentuhan estetika yang unik pada kertas buatan tangan.
pH LevelTingkat pHTingkat keasaman atau kebasaan kertas, biasanya berkisar antara 0 hingga 14.Kertas dengan tingkat pH netral lebih baik untuk penyimpanan arsip yang tahan lama.
ArchivalArsipKertas yang dirancang untuk kegunaan jangka panjang dan mampu bertahan dari kerusakan atau degradasi.Kertas arsip sangat penting untuk penyimpanan dokumen dan benda seni berharga.
CoatingLapisanPenambahan lapisan permukaan kertas untuk meningkatkan ketahanan terhadap air, tinta, atau bahan kimia lainnya.Kertas yang dilapisi tahan terhadap noda dan air, membuatnya cocok untuk cetakan berkualitas tinggi.
HandmadeBuatan TanganKertas yang diproduksi secara manual dengan menggunakan teknik tradisional, sering kali memiliki tekstur unik dan kualitas artistik.Kertas buatan tangan sering digunakan dalam seni rupa dan kerajinan untuk memberikan sentuhan yang personal dan unik.
LigninLigninKomponen alami dalam kayu yang dapat menyebabkan kertas menguning dan rapuh seiring waktu jika tidak dihilangkan selama proses pembuatan.Menghilangkan lignin dari pulp kayu membantu menjaga kestabilan kertas dan mencegah kerusakan jangka panjang.
SizingPengerasBahan kimia yang ditambahkan ke pulp atau permukaan kertas untuk mengontrol penyerapan tinta dan mencegah tumpahan tinta.Pengeras yang baik membantu menciptakan hasil cetakan yang tajam dan detail.
BleedTumpahanEfek di mana tinta menyebar atau menyerap ke dalam kertas lebih dari yang diinginkan, sering terjadi pada kertas yang tidak memiliki pengeras yang cukup.Tumpahan tinta dapat mengurangi kualitas cetakan dan merusak tampilan dokumen.
Water ResistanceTahan AirKemampuan kertas untuk menahan penetrasi air atau kelembaban, sering kali dicapai melalui penggunaan lapisan khusus.Kertas tahan air cocok digunakan untuk mencetak materi yang akan sering terpapar air, seperti papan petunjuk di luar ruangan.
Tear ResistanceTahan SobekKemampuan kertas untuk menahan sobekan atau kerusakan fisik lainnya, sering dipengaruhi oleh kekuatan dan orientasi serat.Kertas tahan sobek lebih cocok untuk penggunaan di mana ketahanan fisik sangat penting, seperti kemasan atau label.
OpacityKetidaktembusanKemampuan kertas untuk menahan tembusan cahaya, yang mempengaruhi seberapa baik teks atau gambar dapat terlihat pada sisi belakang kertas.Kertas dengan ketidaktembusan tinggi lebih baik untuk mencetak materi yang membutuhkan privasi, seperti dokumen keuangan atau kontrak.
FinishFinishingKarakteristik permukaan akhir kertas setelah proses produksi, seperti matte, glossy, atau satin.Memilih jenis finishing yang tepat dapat mempengaruhi tampilan dan nuansa dokumen atau karya seni yang dicetak.
Acid-FreeBebas AsamKertas yang tidak mengandung asam, membantu mencegah degradasi atau kerusakan pada materi yang dicetak.Buku-buku bersejarah sering menggunakan kertas bebas asam untuk menjaga keaslian dan keutuhannya selama bertahun-tahun.
WatermarkCap AirGambar atau pola yang tercetak pada kertas dengan kepadatan yang berbeda, biasanya untuk tujuan keamanan atau merek dagang.Cek atau dokumen resmi sering memiliki watermark untuk menghindari pemalsuan atau duplikasi ilegal.
Rag PaperKertas RagKertas yang dibuat dari serat tekstil yang dihasilkan dari kain atau tekstil yang sudah tidak terpakai, sering kali digunakan untuk cetakan khusus atau seni rupa.Kertas rag memberikan tekstur dan kualitas yang unik, membuatnya menjadi pilihan populer untuk seniman dan pencetak yang menghargai kualitas tinggi.
BrightnessKecerahanTingkat reflektansi cahaya dari permukaan kertas, biasanya dinyatakan dalam persentase, semakin tinggi persentasenya, semakin cerah kertasnya.Kertas dengan kecerahan tinggi memberikan kontras yang lebih baik untuk teks dan gambar, menjadikannya lebih mudah dibaca atau dipahami.
GrammageBerat KertasUkuran berat kertas per unit area, sering kali dinyatakan dalam gram per meter persegi (gsm) atau pound per ream (lbs).Memahami berat kertas penting untuk memilih kertas yang sesuai dengan kebutuhan cetakan dan anggaran.
Folding EnduranceKekuatan LipatanKemampuan kertas untuk bertahan dari lipatan berulang tanpa retak atau rusak, terutama penting untuk materi yang sering dilipat seperti brosur atau pamflet.Kertas dengan kekuatan lipatan yang baik menghasilkan lipatan yang rapi dan tahan lama, meningkatkan kesan profesional dari materi cetak.
PermanenceKetahananKemampuan kertas untuk bertahan dari faktor-faktor seperti penuaan, paparan cahaya, atau kelembaban, menjaga integritas dokumen atau karya seni dalam jangka waktu yang lama.Memilih kertas yang memiliki ketahanan yang baik penting untuk penyimpanan dokumen atau artefak yang ingin dipertahankan untuk masa depan.
TextureTeksturKarakteristik fisik permukaan kertas, termasuk halus, kasar, berserat, atau bertekstur khusus lainnya.Memilih tekstur kertas yang sesuai dapat memberikan dimensi tambahan pada karya seni atau desain cetak, menciptakan efek visual yang unik atau sentuhan tangan yang menarik.
ResilienceKetahananKemampuan kertas untuk tetap utuh dan bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi lingkungan atau penggunaan, seperti kelembaban, suhu ekstrem, atau paparan bahan kimia.Kertas dengan ketahanan yang baik cocok untuk penggunaan di lingkungan yang menuntut atau aplikasi di mana ketahanan fisik penting, seperti cetakan industri atau kemasan.
Ink AbsorptionPenyerapan TintaKemampuan kertas untuk menyerap tinta dengan baik tanpa menyebabkan tinta menyebar atau merembes ke permukaan kertas.Kertas dengan penyerapan tinta yang baik menghasilkan cetakan yang tajam dan jelas, menghasilkan hasil yang memuaskan dalam cetakan teks atau gambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *