Terminologi Kapitalisme

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
CapitalismKapitalismeSistem ekonomi di mana kepemilikan dan kontrol atas faktor-faktor produksi berada pada tangan individu atau perusahaan swasta.Di negara kapitalis, perusahaan besar sering kali mengendalikan pasar dan produksi barang.
Private propertyMilik pribadiHak eksklusif atas aset atau properti yang dimiliki oleh individu atau entitas swasta.Rumah, tanah, dan kendaraan bermotor adalah contoh dari milik pribadi.
Free marketPasar bebasSistem di mana harga untuk barang dan jasa ditentukan oleh permintaan dan penawaran tanpa campur tangan dari pemerintah.Di pasar bebas, harga barang akan meningkat jika permintaan melampaui penawaran.
CompetitionPersainganKondisi di mana dua atau lebih entitas bersaing untuk mencapai tujuan yang sama, seperti memenangkan pasar atau pelanggan.Persaingan antara produsen dapat mendorong inovasi dan peningkatan kualitas produk.
Profit motiveMotivasi keuntunganDorongan atau insentif untuk menghasilkan keuntungan finansial atau materi dari kegiatan ekonomi.Perusahaan beroperasi dengan motivasi keuntungan untuk memaksimalkan laba bagi pemegang saham.
EntrepreneurshipKewirausahaanProses menciptakan, mengelola, dan mengembangkan sebuah bisnis baru atau inisiatif.Seorang wirausaha memulai bisnisnya sendiri dengan risiko dan inovasi.
Supply and demandPenawaran dan permintaanPrinsip ekonomi yang menyatakan bahwa harga barang akan meningkat jika permintaan melebihi penawaran, dan sebaliknya.Ketika permintaan akan suatu barang naik, harga barang tersebut cenderung meningkat.
Invisible handTangan tak terlihatKonsep dalam ekonomi yang menggambarkan bagaimana tindakan individu yang bertujuan mencapai keuntungan pribadi dapat mengarah pada keseimbangan ekonomi secara keseluruhan.Dalam kapitalisme, tangan tak terlihat mengatur harga dan alokasi sumber daya tanpa campur tangan langsung dari pemerintah.
Laissez-faireBiarkan begitu sajaFilosofi ekonomi yang menekankan minimnya campur tangan pemerintah dalam urusan ekonomi dan pasar bebas.Pendukung laissez-faire percaya bahwa pasar akan berfungsi lebih efisien tanpa campur tangan pemerintah yang berlebihan.
Economic inequalityKetimpangan ekonomiKondisi di mana ada perbedaan signifikan dalam distribusi kekayaan, pendapatan, atau kesempatan di dalam masyarakat.Ketimpangan ekonomi dapat memicu ketegangan sosial dan ketidakpuasan dalam masyarakat.
Wage laborBuruh upahBentuk pekerjaan di mana individu diberi gaji atau upah untuk melakukan pekerjaan tertentu untuk pihak lain.Pekerja pabrik yang dibayar upah per jam adalah contoh dari buruh upah.
Consumer sovereigntyKedaulatan konsumenKonsep yang menyatakan bahwa konsumen memiliki kekuatan untuk menentukan jenis barang dan jasa yang diproduksi melalui preferensi dan pembelian mereka.Dalam pasar bebas, konsumen memiliki kedaulatan untuk memilih produk yang mereka inginkan.
Market economyEkonomi pasarSistem ekonomi di mana keputusan ekonomi diatur oleh mekanisme pasar dan harga.Amerika Serikat adalah contoh negara dengan ekonomi pasar yang kuat.
Economic growthPertumbuhan ekonomiPeningkatan dalam jumlah barang dan jasa yang diproduksi oleh sebuah negara selama periode waktu tertentu.Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat menghasilkan peningkatan standar hidup bagi penduduk.
Division of laborPembagian kerjaKonsep di mana pekerjaan dibagi menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan spesifik untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.Dalam sebuah pabrik, pembagian kerja memungkinkan spesialisasi yang lebih baik dan produksi yang lebih efisien.
Economic freedomKebebasan ekonomiKemampuan individu atau perusahaan untuk mengambil keputusan ekonomi tanpa campur tangan pemerintah yang berlebihan.Negara dengan tingkat kebebasan ekonomi yang tinggi cenderung memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.
Wealth accumulationAkumulasi kekayaanProses memperoleh dan menyimpan aset atau kekayaan dalam jangka waktu yang panjang.Investor yang bijak dapat mencapai akumulasi kekayaan yang signifikan melalui investasi yang cerdas.
Financial marketPasar keuanganTempat di mana individu dan entitas bisnis membeli dan menjual instrumen keuangan seperti saham, obligasi, dan mata uang.Bursa efek adalah contoh pasar keuangan tempat saham diperdagangkan.
InnovationInovasiProses menciptakan atau memperkenalkan sesuatu yang baru atau berbeda yang dapat memberikan nilai tambah atau memecahkan masalah.Inovasi teknologi telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berkomunikasi.
Economic efficiencyEfisiensi ekonomiKondisi di mana sumber daya yang langka digunakan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.Peningkatan efisiensi dalam produksi dapat menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah.
Economic recessionResesi ekonomiPeriode penurunan signifikan dalam aktivitas ekonomi yang ditandai dengan penurunan output, pendapatan, dan tingkat pengangguran.Resesi ekonomi sering kali diakibatkan oleh penurunan permintaan agregat dalam suatu negara.
MonopolyMonopoliKeadaan di mana sebuah perusahaan atau individu memiliki kendali penuh atas pasar untuk barang atau jasa tertentu tanpa adanya pesaing.Monopoli dapat menghasilkan harga yang tinggi dan kurangnya inovasi karena kurangnya persaingan.
ConsumerismKonsumerismeKebiasaan atau kecenderungan untuk terus-menerus membeli barang-barang konsumsi dalam jumlah besar.Masyarakat konsumeris cenderung tergantung pada pemenuhan keinginan material untuk mencapai kebahagiaan.
EntrepreneurWirausahaIndividu yang menciptakan dan mengelola bisnis baru dengan mengambil risiko finansial untuk memperoleh keuntungan.Seorang wirausaha harus memiliki keberanian, kreativitas, dan ketekunan untuk berhasil dalam dunia bisnis.
Economic inequalityKetidaksetaraan ekonomiKondisi di mana terdapat perbedaan yang signifikan dalam distribusi kekayaan, pendapatan, atau kesempatan di dalam masyarakat.Ketidaksetaraan ekonomi dapat menyebabkan ketegangan sosial dan ketidakpuasan dalam masyarakat.
Economic developmentPembangunan ekonomiProses peningkatan kemakmuran ekonomi sebuah negara melalui pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan, dan peningkatan standar hidup.Program pembangunan ekonomi bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan infrastruktur, dan meningkatkan akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan.
Economic systemSistem ekonomiStruktur atau organisasi yang mengatur produksi, alokasi, dan distribusi barang dan jasa dalam suatu masyarakat.Kapitalisme, sosialisme, dan komunisme adalah contoh dari sistem ekonomi yang berbeda.
Business cycleSiklus bisnisFluktuasi reguler dalam aktivitas ekonomi yang terdiri dari periode ekspansi (pertumbuhan) dan kontraksi (resesi).Siklus bisnis dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat suku bunga, permintaan agregat, dan inovasi teknologi.
Economic globalizationGlobalisasi ekonomiProses integrasi ekonomi antarnegara melalui perdagangan internasional, investasi asing, dan aliran modal.Globalisasi ekonomi telah memungkinkan pertukaran barang, jasa, dan ide di seluruh dunia dengan lebih cepat dan mudah.
Economic policyKebijakan ekonomiLangkah-langkah dan tindakan yang diambil oleh pemerintah untuk mengatur aktivitas ekonomi suatu negara, seperti kebijakan fiskal dan moneter.Pemerintah dapat menggunakan kebijakan ekonomi untuk mencapai tujuan tertentu, seperti mengendalikan inflasi atau mendorong pertumbuhan ekonomi.
Economic equilibriumKeseimbangan ekonomiKeadaan di mana kekuatan permintaan dan penawaran dalam suatu pasar berada dalam harmoni, menghasilkan harga dan kuantitas yang stabil.Keseimbangan ekonomi dicapai ketika jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta.
Economic surplusKelebihan ekonomiSituasi di mana nilai manfaat dari suatu aktivitas ekonomi melebihi biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakannya.Kelebihan ekonomi terjadi ketika konsumen mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada biaya yang mereka keluarkan.
Labor marketPasar tenaga kerjaTempat di mana pekerja berinteraksi dengan pengusaha untuk mencari dan menawarkan pekerjaan.Tingkat pengangguran dan upah adalah faktor penting dalam pasar tenaga kerja.
Economic crisisKrisis ekonomiKeadaan darurat ekonomi yang ditandai oleh penurunan tajam dalam aktivitas ekonomi, seperti resesi, kebangkrutan bank, atau kegagalan pasar.Krisis ekonomi global pada tahun 2008 dipicu oleh kebangkrutan perusahaan finansial besar dan menyebabkan resesi di seluruh dunia.
Market regulationRegulasi pasarTindakan pemerintah untuk mengontrol atau mengatur perilaku pelaku pasar agar beroperasi sesuai dengan kepentingan publik.Undang-undang antitrust dan kebijakan perlindungan konsumen adalah contoh dari regulasi pasar.
Economic diversificationDiversifikasi ekonomiStrategi untuk mengurangi risiko ekonomi dengan mengembangkan beragam sektor ekonomi, produk, atau layanan.Negara-negara yang mengandalkan hanya pada satu sektor ekonomi rentan terhadap fluktuasi harga dan permintaan pasar.
Economic sanctionSanksi ekonomiTindakan politik atau diplomatik yang menghukum negara atau entitas lain dengan menarik atau membatasi akses ke pasar atau sumber daya ekonomi.Penerapan sanksi ekonomi dapat memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi suatu negara.
Trade liberalizationLiberalisasi perdaganganProses mengurangi atau menghapus hambatan perdagangan internasional, seperti tarif atau kuota impor, untuk meningkatkan aliran perdagangan bebas.Kesepakatan perdagangan bebas antarnegara bertujuan untuk memperluas pasar dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Economic downturnPenurunan ekonomiPeriode di mana aktivitas ekonomi suatu negara mengalami penurunan, biasanya terjadi setelah periode pertumbuhan yang kuat.Penurunan ekonomi dapat menyebabkan penurunan investasi, peningkatan pengangguran, dan kontraksi dalam produksi barang dan jasa.
Economic stabilityStabilitas ekonomiKeadaan di mana tingkat inflasi, pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi tetap relatif stabil dan terkendali dalam jangka waktu tertentu.Pemerintah sering berusaha mencapai stabilitas ekonomi melalui kebijakan moneter dan fiskal yang tepat.
Economic interdependenceKetergantungan ekonomiHubungan saling ketergantungan antara negara-negara atau wilayah ekonomi di mana satu entitas bergantung pada yang lain untuk pertukaran barang, jasa, atau sumber daya.Globalisasi telah meningkatkan ketergantungan ekonomi antara negara-negara di seluruh dunia.
Economic rentSewa ekonomiKeuntungan ekstra yang diperoleh oleh individu atau perusahaan karena kontrol atas sumber daya yang langka atau posisi pasar yang kuat.Pengusaha dapat memperoleh sewa ekonomi dengan memonopoli pasokan barang atau layanan tertentu.
Economic reformReformasi ekonomiUpaya untuk mengubah atau memperbaiki struktur ekonomi suatu negara dengan mengadopsi kebijakan baru atau menghapus kebijakan yang tidak efektif.Reformasi ekonomi sering kali diperlukan untuk mengatasi masalah seperti inflasi tinggi, pengangguran, atau ketimpangan ekonomi.
Economic indicatorIndikator ekonomiData atau statistik yang digunakan untuk mengukur kesehatan atau kinerja ekonomi suatu negara, seperti tingkat pengangguran, inflasi, atau pertumbuhan GDP.Tingkat pengangguran dan penjualan ritel adalah contoh dari indikator ekonomi yang penting.
Economic recoveryPemulihan ekonomiProses pemulihan dari periode resesi atau penurunan ekonomi yang ditandai dengan peningkatan output, pendapatan, dan aktivitas ekonomi.Pemerintah sering mengadopsi kebijakan stimulus untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi selama resesi.
Economic forecastProyeksi ekonomiEstimasi atau ramalan tentang kondisi ekonomi masa depan berdasarkan analisis data ekonomi dan tren pasar.Para ekonom sering menggunakan model matematika dan analisis statistik untuk membuat proyeksi ekonomi yang akurat.
Economic surplusKelebihan ekonomiSituasi di mana nilai manfaat dari suatu aktivitas ekonomi melebihi biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakannya.Kelebihan ekonomi terjadi ketika konsumen mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada biaya yang mereka keluarkan.
Economic modelModel ekonomiRepresentasi matematis dari hubungan antara variabel ekonomi yang digunakan untuk menganalisis dan meramalkan perilaku ekonomi.Model ekonomi dapat digunakan untuk memprediksi dampak kebijakan ekonomi tertentu atau untuk menguji teori ekonomi.
Economic integrationIntegrasi ekonomiProses menggabungkan pasar, industri, atau ekonomi beberapa negara menjadi satu entitas ekonomi yang lebih besar dan terpadu.Uni Eropa adalah contoh integrasi ekonomi di mana negara-negara anggotanya berbagi pasar tunggal dan serikat bea cukai.
Economic equilibriumKeseimbangan ekonomiKeadaan di mana kekuatan permintaan dan penawaran dalam suatu pasar berada dalam harmoni, menghasilkan harga dan kuantitas yang stabil.Keseimbangan ekonomi dicapai ketika jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta.
Economic efficiencyEfisiensi ekonomiKondisi di mana sumber daya yang langka digunakan secara optimal untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.Peningkatan efisiensi dalam produksi dapat menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah.
Economic downturnPenurunan ekonomiPeriode di mana aktivitas ekonomi suatu negara mengalami penurunan, biasanya terjadi setelah periode pertumbuhan yang kuat.Penurunan ekonomi dapat menyebabkan penurunan investasi, peningkatan pengangguran, dan kontraksi dalam produksi barang dan jasa.
Economic globalizationGlobalisasi ekonomiProses integrasi ekonomi antarnegara melalui perdagangan internasional, investasi asing, dan aliran modal.Globalisasi ekonomi telah memungkinkan pertukaran barang, jasa, dan ide di seluruh dunia dengan lebih cepat dan mudah.
Economic interdependenceKetergantungan ekonomiHubungan saling ketergantungan antara negara-negara atau wilayah ekonomi di mana satu entitas bergantung pada yang lain untuk pertukaran barang, jasa, atau sumber daya.Globalisasi telah meningkatkan ketergantungan ekonomi antara negara-negara di seluruh dunia.
Economic rentSewa ekonomiKeuntungan ekstra yang diperoleh oleh individu atau perusahaan karena kontrol atas sumber daya yang langka atau posisi pasar yang kuat.Pengusaha dapat memperoleh sewa ekonomi dengan memonopoli pasokan barang atau layanan tertentu.
Economic reformReformasi ekonomiUpaya untuk mengubah atau memperbaiki struktur ekonomi suatu negara dengan mengadopsi kebijakan baru atau menghapus kebijakan yang tidak efektif.Reformasi ekonomi sering kali diperlukan untuk mengatasi masalah seperti inflasi tinggi, pengangguran, atau ketimpangan ekonomi.
Economic indicatorIndikator ekonomiData atau statistik yang digunakan untuk mengukur kesehatan atau kinerja ekonomi suatu negara, seperti tingkat pengangguran, inflasi, atau pertumbuhan GDP.Tingkat pengangguran dan penjualan ritel adalah contoh dari indikator ekonomi yang penting.
Economic recoveryPemulihan ekonomiProses pemulihan dari periode resesi atau penurunan ekonomi yang ditandai dengan peningkatan output, pendapatan, dan aktivitas ekonomi.Pemerintah sering mengadopsi kebijakan stimulus untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi selama resesi.
Economic forecastProyeksi ekonomiEstimasi atau ramalan tentang kondisi ekonomi masa depan berdasarkan analisis data ekonomi dan tren pasar.Para ekonom sering menggunakan model matematika dan analisis statistik untuk membuat proyeksi ekonomi yang akurat.
Economic surplusKelebihan ekonomiSituasi di mana nilai manfaat dari suatu aktivitas ekonomi melebihi biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakannya.Kelebihan ekonomi terjadi ketika konsumen mendapatkan lebih banyak keuntungan daripada biaya yang mereka keluarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *