Terminologi Cocktail

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
CocktailKoktailMinuman campuran yang terdiri dari beberapa jenis minuman beralkohol dan bahan lainnya seperti sirup, jus buah, atau soda.Contoh koktail yang terkenal adalah Martini, Margarita, dan Mojito.
MixerCampuranBahan non-alkohol yang digunakan dalam pembuatan koktail untuk memberikan rasa dan aroma tambahan.Jeruk, anggur, dan soda merupakan contoh campuran yang sering digunakan dalam koktail.
GarnishHiasanDekorasi atau tambahan pada koktail yang digunakan untuk meningkatkan estetika dan rasa minuman.Irisan lemon, ceri maraschino, dan umbi jahe sering digunakan sebagai hiasan dalam koktail.
ShakerPengocokAlat yang digunakan untuk mencampurkan bahan-bahan dalam koktail dengan cara mengocoknya bersama es.Penggunaan pengocok yang tepat dapat menciptakan tekstur dan rasa yang sempurna dalam sebuah koktail.
StrainerPenyaringAlat yang digunakan untuk menyaring es atau partikel lainnya dari koktail saat menuangkannya ke dalam gelas saji.Penyaring berguna untuk memastikan minuman tidak terlalu berisi atau berbutir ketika disajikan.
JiggerPengukurAlat berbentuk cangkir kecil dengan dua ukuran berbeda yang digunakan untuk mengukur jumlah bahan dalam pembuatan koktail.Seorang bartender harus mahir menggunakan pengukur untuk menciptakan proporsi yang tepat dalam setiap koktail.
MuddleMenghancurkanTindakan menghancurkan atau menghaluskan bahan-bahan seperti buah atau daun untuk mengekstrak rasa dan aroma sebelum dicampurkan dalam koktail.Untuk membuat Mojito yang lezat, kamu perlu menghancurkan daun mint dengan lembut dalam gelas sebelum menambahkan bahan lainnya.
BittersPahitCairan pahit yang digunakan sebagai tambahan dalam beberapa jenis koktail untuk menambah kompleksitas rasa.Beberapa koktail klasik, seperti Manhattan dan Old Fashioned, membutuhkan beberapa tetes pahit untuk mencapai keseimbangan rasa yang sempurna.
TwistPekikanIrisan tipis dari kulit jeruk atau buah sitrus lainnya yang digunakan sebagai hiasan dan memberikan sentuhan aroma segar pada koktail.Sebuah twist jeruk dapat memberikan aroma yang menyegarkan dan menambahkan dimensi baru pada rasa sebuah koktail.
FloatMengapungkanTindakan menambahkan lapisan bahan beralkohol atau minuman ringan di atas permukaan koktail yang sudah selesai disajikan.Sebuah koktail dengan float Campari akan memiliki lapisan merah menyala yang menarik di atasnya.
StirMengadukTindakan mencampurkan bahan dalam koktail dengan menggunakan sebuah pengaduk, biasanya dilakukan untuk koktail yang tidak mengandung soda.Martini adalah contoh koktail yang umumnya diaduk untuk memastikan kejernihan dan keharmonisan rasa.
RimPinggiranBagian luar gelas yang diberi lapisan atau hiasan seperti garam atau gula untuk menambahkan rasa atau estetika pada koktail.Margarita sering disajikan dengan pinggiran garam pada gelasnya untuk menyeimbangkan rasa asam dan manis.
MistingPenyemprotanTindakan menyemprotkan minuman beralkohol atau aroma pada permukaan koktail sebelum disajikan untuk memberikan tambahan aroma dan rasa.Sebuah koktail dengan misting absinthe akan memiliki aroma yang khas dan sedikit bumbu pada setiap tegukan.
BlendMencampurkanTindakan mencampurkan bahan dalam koktail dengan menggunakan blender, biasanya untuk menghasilkan tekstur yang halus dan es yang hancur.Pina Colada adalah contoh koktail yang diblend hingga konsistensi yang krem dan segar.
Collins GlassGelas CollinsGelas tinggi dan ramping yang digunakan untuk menyajikan koktail dengan es dan berkapasitas besar.Tom Collins adalah contoh koktail yang biasanya disajikan dalam gelas Collins dengan hiasan lemon.
Coupe GlassGelas CoupeGelas berbentuk mangkuk dangkal dengan tangkai pendek yang digunakan untuk menyajikan koktail yang terutama berbasis alkohol dan disajikan tanpa es.French 75 adalah contoh koktail yang sering disajikan dalam gelas Coupe untuk menonjolkan aroma dan estetikanya.
Highball GlassGelas HighballGelas yang lebih besar dengan kapasitas yang cukup untuk menyajikan koktail dengan es dan sejumlah besar mixer.Gin and Tonic adalah contoh koktail yang sering disajikan dalam gelas Highball dengan es dan irisan lemon.
Old Fashioned GlassGelas Old FashionedGelas berbentuk kotak dengan kapasitas kecil yang digunakan untuk menyajikan koktail yang tidak terlalu berisi dan biasanya disajikan tanpa es.Whiskey Sour adalah contoh koktail yang sering disajikan dalam gelas Old Fashioned dengan hiasan ceri.
Martini GlassGelas MartiniGelas berbentuk kerucut dengan tangkai panjang yang digunakan untuk menyajikan koktail Martini dan varian lainnya.Martini kering sering disajikan dalam gelas Martini yang elegan dengan hiasan olive.
BittersweetPahit manisMinuman dengan rasa yang sebagian besar pahit tetapi juga memiliki sentuhan manis dalam rasa akhirnya.Negroni adalah contoh koktail bittersweet yang terkenal, dengan perbandingan Campari yang pahit dan Vermouth yang manis.
BatchingMembuat batchProses menyiapkan jumlah besar koktail dalam satu waktu, biasanya untuk pelayanan cepat di bar atau acara khusus.Batching memungkinkan bartender untuk menghasilkan koktail dalam jumlah besar tanpa mengorbankan kualitas atau konsistensi.
InfusionInfusiProses merendam bahan-bahan seperti rempah-rempah, buah, atau sayuran dalam minuman beralkohol untuk mengekstrak rasa dan aroma tambahan.Vodka infus jeruk dapat digunakan dalam pembuatan koktail seperti Screwdriver atau Cosmopolitan untuk memberikan sentuhan jeruk yang segar.
FloatationPelampungMetode untuk menambahkan lapisan minuman beralkohol dengan hati-hati di atas koktail yang sudah selesai disajikan, biasanya dengan menggunakan punggung sendok.Seorang bartender yang mahir dapat melakukan floatation dengan presisi untuk menciptakan lapisan yang sempurna di atas koktailnya.
MocktailKoktail Tanpa AlkoholVersi non-alkohol dari koktail tradisional, sering kali menggunakan jus buah, soda, sirup, dan bahan lainnya sebagai pengganti alkohol.Virgin Mojito dan Shirley Temple adalah contoh populer dari mocktail yang menyegarkan dan cocok untuk semua orang.
TinctureEkstrakCairan konsentrat yang terbuat dari bahan-bahan seperti rempah-rempah, buah-buahan, atau herba yang digunakan dalam jumlah kecil untuk memberikan aroma dan rasa pada koktail.Sebuah tincture lavender dapat menambahkan dimensi baru pada koktail dengan aroma dan rasa bunga yang halus.
LiqueurLikuerMinuman manis dan beraroma yang terbuat dari hasil fermentasi dan distilasi, biasanya dengan tambahan gula, buah-buahan, rempah-rempah, atau herba.Baileys Irish Cream dan Grand Marnier adalah contoh likuer yang sering digunakan dalam pembuatan koktail untuk menambahkan rasa dan kekayaan.
TwistPutaranVarian rasa atau presentasi unik dari koktail yang asli, sering kali dengan menambahkan atau mengganti bahan-bahan tertentu.Sebuah twist pada Martini bisa berarti mengganti Vermouth dengan Sherry untuk menciptakan rasa yang lebih kaya dan kompleks.
MuleKudaJenis koktail yang terbuat dari vodka, jahe beer, dan perasan jeruk nipis, biasanya disajikan dalam gelas tembaga khas.Moscow Mule adalah contoh koktail mule yang terkenal, dikenal karena kombinasi segar dari jahe dan jeruk nipis.
SourAsamJenis koktail yang terdiri dari alkohol, perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, dan pemanis seperti gula sirup atau gula.Whiskey Sour adalah contoh koktail sour yang populer, dengan kombinasi asam dan manis yang seimbang.
TikiTikiGaya koktail yang terinspirasi oleh budaya Polinesia dan Karibia, sering kali menggunakan dekorasi dan hiasan eksotis.Zombie dan Mai Tai adalah contoh koktail Tiki yang terkenal, dengan kombinasi rum, jus buah, dan sirup eksotis.
ShrubSirap BuahMinuman yang terbuat dari cuka, buah, dan gula, sering digunakan dalam koktail untuk memberikan rasa asam dan manis yang kompleks.Sebuah shrub raspberry dapat menambahkan dimensi baru pada koktail dengan perpaduan rasa manis buah dan keasaman cuka.
DigestifPencaharMinuman beralkohol yang diminum setelah makan untuk membantu pencernaan, sering kali memiliki rasa yang kuat dan kompleks.Cognac dan Chartreuse adalah contoh minuman digestif yang sering disajikan diakhir makan untuk menutup hidangan dengan elegan.
BubblyBerbusaJenis koktail yang menggunakan minuman berkarbonasi seperti sampanye atau soda untuk memberikan efek berbusa dan segar.Kir Royale adalah contoh koktail bubbly yang terkenal, dengan kombinasi sampanye dan creme de cassis.
NeatTanpa CampuranCara penyajian minuman beralkohol yang tidak dicampur dengan es atau bahan lainnya, biasanya disajikan dalam gelas kecil.Minuman whisky yang disajikan neat memungkinkan untuk menikmati rasa dan aroma asli dari minuman tersebut tanpa gangguan lainnya.
TumblerGelas GemukGelas yang lebih besar dan berat yang digunakan untuk menyajikan minuman beralkohol tanpa campuran atau dengan es batu.Seorang pecinta whisky seringkali akan menikmati minumannya dalam sebuah tumbler yang besar, memberikan ruang untuk es dan perubahan suhu yang lambat.
CordialSirup RasaCairan manis dan beraroma yang digunakan sebagai pemanis atau penambah rasa dalam koktail, seringkali berbasis pada buah-buahan atau rempah-rempah.Grenadine dan Orgeat adalah contoh sirup rasa yang sering digunakan dalam pembuatan koktail untuk memberikan rasa manis dan kompleks.
JulepJulepJenis koktail yang terdiri dari alkohol, gula, dan daun mint segar, seringkali disajikan dalam gelas yang berisi es serpih.Mint Julep adalah contoh koktail julep yang terkenal, populer di Amerika Serikat terutama saat acara Kentucky Derby.
CobblerPenutup KueJenis koktail yang terdiri dari alkohol, soda, dan potongan buah segar, sering disajikan dalam gelas dengan tutup dan sedotan.Sangria adalah contoh koktail cobbler yang populer, dengan kombinasi anggur, potongan buah, dan soda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *