Terminologi Blue Collar

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
Blue CollarPekerja ManualBlue Collar mengacu pada pekerjaan yang membutuhkan keterampilan fisik atau manual. Biasanya, pekerjaan ini melibatkan penggunaan tangan atau keterampilan teknis yang spesifik.Seorang tukang las di pabrik manufaktur adalah contoh pekerja Blue Collar.
Manual LaborTenaga Kerja ManualManual Labor merujuk pada jenis pekerjaan yang memerlukan tenaga fisik untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.Seorang buruh bangunan yang membangun sebuah rumah adalah contoh dari Manual Labor.
Skilled WorkerPekerja TerampilSkilled Worker adalah seseorang yang memiliki keterampilan khusus atau keahlian dalam melakukan pekerjaan tertentu.Seorang tukang kayu yang mahir dalam membuat perabotan adalah contoh pekerja yang terampil.
Trade WorkerPekerja DagangTrade Worker adalah seorang pekerja yang memiliki keterampilan teknis dalam suatu perdagangan tertentu, seperti listrik, plomer, atau mekanik.Seorang tukang ledeng yang ahli dalam memperbaiki pipa air adalah contoh Trade Worker.
LaborerBuruhLaborer adalah seseorang yang melakukan pekerjaan manual atau fisik secara umum, tanpa keterampilan khusus yang dibutuhkan.Seorang buruh pabrik yang bertugas mengangkut barang adalah contoh dari seorang Laborer.
Industrial WorkerPekerja IndustriIndustrial Worker adalah pekerja yang terlibat dalam proses produksi atau manufaktur di lingkungan industri.Seorang operator mesin di pabrik manufaktur adalah contoh pekerja Industri.
Factory WorkerPekerja PabrikFactory Worker adalah seseorang yang bekerja di sebuah pabrik untuk memproduksi barang atau komponen secara massal.Seorang operator mesin di lini perakitan pabrik adalah contoh Factory Worker.
Warehouse WorkerPekerja GudangWarehouse Worker adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur barang-barang di sebuah gudang.Seorang pengelola gudang yang mengatur stok barang adalah contoh Warehouse Worker.
Construction WorkerPekerja KonstruksiConstruction Worker adalah seseorang yang terlibat dalam proses pembangunan fisik, seperti gedung, jembatan, atau jalan raya.Seorang tukang batu yang membangun sebuah dinding adalah contoh Construction Worker.
MechanicMontirMechanic adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memperbaiki dan merawat mesin atau kendaraan.Seorang montir mobil yang memperbaiki mesin kendaraan adalah contoh Mechanic.
WelderTukang LasWelder adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam menyatukan material dengan proses pengelasan menggunakan panas atau tekanan.Seorang tukang las yang menyatukan potongan logam untuk membuat struktur baja adalah contoh Welder.
PlumberTukang LedengPlumber adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memasang dan memperbaiki sistem perpipaan untuk air bersih dan limbah.Seorang tukang ledeng yang memperbaiki saluran air di sebuah rumah adalah contoh Plumber.
ElectricianTukang ListrikElectrician adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memasang, memperbaiki, dan merawat instalasi listrik.Seorang tukang listrik yang memperbaiki instalasi listrik di sebuah bangunan adalah contoh Electrician.
CarpenterTukang KayuCarpenter adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam bekerja dengan kayu, seperti membuat perabotan atau struktur kayu.Seorang tukang kayu yang membuat lemari adalah contoh Carpenter.
PainterPelukisPainter adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam melukis atau mewarnai permukaan, seperti dinding, kanvas, atau benda-benda lainnya.Seorang pelukis yang melukis sebuah mural di tembok adalah contoh Painter.
LandscaperTukang TamanLandscaper adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam merancang, membuat, dan merawat taman atau lanskap.Seorang tukang taman yang merapikan taman di halaman rumah adalah contoh Landscaper.
JanitorSatpamJanitor adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membersihkan dan merawat kebersihan di sebuah gedung atau fasilitas.Seorang satpam yang membersihkan lantai kantor adalah contoh Janitor.
GardenerTukang KebunGardener adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam merawat tanaman, taman, atau kebun.Seorang tukang kebun yang merawat tanaman hias di sebuah taman adalah contoh Gardener.
Truck DriverSopir TrukTruck Driver adalah seseorang yang mengemudikan truk untuk mengangkut barang atau material dari satu tempat ke tempat lainnya.Seorang sopir truk yang mengirimkan barang dari gudang ke toko adalah contoh Truck Driver.
Farm WorkerPekerja PertanianFarm Worker adalah seseorang yang terlibat dalam kegiatan pertanian, seperti menanam, merawat, dan memanen tanaman.Seorang pekerja pertanian yang memanen jagung di ladang adalah contoh Farm Worker.
Automotive TechnicianTeknisi OtomotifAutomotive Technician adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memperbaiki dan merawat kendaraan bermotor, seperti mobil atau sepeda motor.Seorang teknisi otomotif yang memperbaiki mesin mobil adalah contoh Automotive Technician.
HVAC TechnicianTeknisi ACHVAC Technician adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memasang, memperbaiki, dan merawat sistem pendingin udara, pemanas, dan ventilasi.Seorang teknisi AC yang memperbaiki unit pendingin di sebuah gedung adalah contoh HVAC Technician.
Heavy Equipment OperatorOperator Alat BeratHeavy Equipment Operator adalah seseorang yang terlatih dalam mengoperasikan alat berat, seperti excavator, buldoser, atau crane.Seorang operator alat berat yang menggali tanah dengan excavator adalah contoh Heavy Equipment Operator.
Assembly Line WorkerPekerja Garis PerakitanAssembly Line Worker adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas tertentu dalam garis perakitan untuk merakit produk secara bertahap.Seorang pekerja garis perakitan yang memasang bagian-bagian mobil di pabrik adalah contoh Assembly Line Worker.
MachinistMesinMachinist adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengoperasikan mesin perkakas untuk memproduksi atau memperbaiki komponen-komponen mesin.Seorang mesin yang membuat bagian-bagian mesin dengan menggunakan mesin bubut adalah contoh Machinist.
Forklift OperatorOperator ForkliftForklift Operator adalah seseorang yang terlatih dalam mengoperasikan forklift untuk mengangkat, memindahkan, dan menempatkan barang atau material di tempat yang ditentukan.Seorang operator forklift yang mengangkat palet dari truk ke gudang adalah contoh Forklift Operator.
IronworkerTukang BesiIronworker adalah seseorang yang bekerja dengan material besi atau baja untuk membangun struktur logam, seperti bangunan, jembatan, atau pagar.Seorang tukang besi yang memasang baja struktural di sebuah proyek konstruksi adalah contoh Ironworker.
RooferTukang AtapRoofer adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memasang, memperbaiki, dan merawat atap bangunan.Seorang tukang atap yang memperbaiki genteng di sebuah rumah adalah contoh Roofer.
BricklayerTukang Batu BataBricklayer adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memasang batu bata untuk membangun struktur seperti dinding, pondasi, atau fireplace.Seorang tukang batu bata yang membangun dinding batu bata di sebuah bangunan adalah contoh Bricklayer.
PipefitterTukang Pemasangan PipaPipefitter adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memasang dan memperbaiki sistem perpipaan untuk transportasi air, gas, atau limbah.Seorang tukang pemasangan pipa yang memasang pipa gas di sebuah gedung adalah contoh Pipefitter.
Land SurveyorAhli Pengukur TanahLand Surveyor adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengukur dan memetakan lahan, bangunan, atau infrastruktur menggunakan alat-alat pengukur dan perangkat lunak khusus.Seorang ahli pengukur tanah yang melakukan survei untuk proyek pembangunan jalan adalah contoh Land Surveyor.
PlastererTukang PlesterPlasterer adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengaplikasikan lapisan plester atau material penutup dinding untuk meratakan atau melindungi permukaan dinding.Seorang tukang plester yang meratakan dinding dengan campuran semen adalah contoh Plasterer.
Carpet InstallerPemasang KarpetCarpet Installer adalah seseorang yang terlatih dalam memasang karpet atau lantai anyaman lainnya di dalam bangunan.Seorang pemasang karpet yang memasang karpet di ruang tamu sebuah rumah adalah contoh Carpet Installer.
MasonTukang BatuMason adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam membangun struktur menggunakan batu atau bahan bangunan lainnya, seperti bata, batu alam, atau beton.Seorang tukang batu yang membangun sebuah tembok batu di taman adalah contoh Mason.
MetalworkerTukang LogamMetalworker adalah seseorang yang bekerja dengan logam untuk membuat atau memperbaiki produk logam, seperti peralatan dapur, alat-alat mesin, atau struktur logam.Seorang tukang logam yang membuat pagar besi adalah contoh Metalworker.
GlazierTukang KacaGlazier adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam memasang, memperbaiki, dan merawat kaca di bangunan, seperti jendela, pintu geser, atau kaca dinding.Seorang tukang kaca yang memasang jendela kaca di sebuah gedung adalah contoh Glazier.
ScaffolderTukang PerancahScaffolder adalah seseorang yang terlatih dalam memasang dan merawat perancah untuk mendukung pekerjaan konstruksi atau perawatan bangunan.Seorang tukang perancah yang memasang perancah di sekitar bangunan tinggi adalah contoh Scaffolder.
Concrete FinisherTukang Penyelesai BetonConcrete Finisher adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam menyelesaikan permukaan beton untuk mendapatkan hasil akhir yang halus dan rapi.Seorang tukang penyelesai beton yang meratakan lantai beton di sebuah garasi adalah contoh Concrete Finisher.
Demolition WorkerPekerja PembongkaranDemolition Worker adalah seseorang yang terlibat dalam proses pembongkaran struktur bangunan atau infrastruktur menggunakan alat-alat berat atau tangan.Seorang pekerja pembongkaran yang menghancurkan sebuah bangunan tua adalah contoh Demolition Worker.
Insulation InstallerPemasang IsolasiInsulation Installer adalah seseorang yang terlatih dalam memasang material isolasi untuk mengurangi perpindahan panas atau suara di dalam bangunan.Seorang pemasang isolasi yang memasang isolasi di langit-langit ruang bawah tanah adalah contoh Insulation Installer.
Sheet Metal WorkerTukang Lembar LogamSheet Metal Worker adalah seseorang yang bekerja dengan lembaran logam untuk membuat produk seperti ducting HVAC, atap logam, atau komponen otomotif.Seorang tukang lembar logam yang membuat atap logam untuk sebuah bangunan adalah contoh Sheet Metal Worker.
Painter and DecoratorPelukis dan DekoratorPainter and Decorator adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam melukis dan menghias permukaan dinding, langit-langit, atau furnitur di dalam atau di luar bangunan.Seorang pelukis dan dekorator yang mengecat dan menghias ruang tamu sebuah rumah adalah contoh Painter and Decorator.
UpholstererTukang TaplakUpholsterer adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam mengganti atau memperbaiki bahan pelapis pada furnitur seperti sofa, kursi, atau tempat tidur.Seorang tukang taplak yang mengganti kain pelapis sofa adalah contoh Upholsterer.
DrywallerPemasang Dinding GypsumDrywaller adalah seseorang yang terlatih dalam memasang, menghaluskan, dan menyelesaikan dinding menggunakan material seperti gypsum board atau drywall.Seorang pemasang dinding gypsum yang menyelesaikan dinding di ruang tamu sebuah apartemen adalah contoh Drywaller.
Flooring InstallerPemasang LantaiFlooring Installer adalah seseorang yang terlatih dalam memasang berbagai jenis lantai, seperti kayu, laminasi, keramik, atau karpet, di dalam bangunan.Seorang pemasang lantai yang memasang lantai kayu di ruang makan sebuah rumah adalah contoh Flooring Installer.
Glass InstallerPemasang KacaGlass Installer adalah seseorang yang terlatih dalam memasang berbagai jenis kaca, seperti kaca jendela, kaca pintu, atau kaca dinding, di dalam bangunan.Seorang pemasang kaca yang memasang kaca tempered di sebuah shower adalah contoh Glass Installer.
Welding InspectorInspektur PengelasanWelding Inspector adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proses pengelasan dilakukan sesuai dengan standar kualitas dan keselamatan yang ditetapkan.Seorang inspektur pengelasan yang memeriksa hasil pengelasan di pabrik manufaktur adalah contoh Welding Inspector.
Pile Driver OperatorOperator Mesin PancangPile Driver Operator adalah seseorang yang terlatih dalam mengoperasikan mesin pancang untuk menancapkan tiang pancang ke dalam tanah sebagai pondasi untuk struktur bangunan.Seorang operator mesin pancang yang menancapkan tiang pancang di lokasi pembangunan jembatan adalah contoh Pile Driver Operator.
Asphalt Paver OperatorOperator Pemadat AspalAsphalt Paver Operator adalah seseorang yang terlatih dalam mengoperasikan mesin pemadat aspal untuk meratakan dan mengkompakkan lapisan aspal di atas permukaan jalan.Seorang operator pemadat aspal yang meratakan jalan raya baru adalah contoh Asphalt Paver Operator.
Tree TrimmerPetugas Pemangkas PohonTree Trimmer adalah seseorang yang terlatih dalam memotong atau merapikan pohon dan cabang-cabangnya untuk menjaga tampilan dan kesehatan tumbuhan.Seorang petugas pemangkas pohon yang merapikan pohon di pinggir jalan adalah contoh Tree Trimmer.
Fence InstallerPemasang PagarFence Installer adalah seseorang yang terlatih dalam memasang berbagai jenis pagar, seperti pagar kayu, pagar besi, atau pagar kawat, di sekitar properti.Seorang pemasang pagar yang memasang pagar pembatas di antara dua properti adalah contoh Fence Installer.
Crane OperatorOperator CraneCrane Operator adalah seseorang yang terlatih dalam mengoperasikan crane untuk mengangkat, memindahkan, atau menempatkan barang-barang atau material di lokasi konstruksi atau industri.Seorang operator crane yang mengangkat material bangunan di sebuah proyek konstruksi adalah contoh Crane Operator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *