Kumpulan Istilah Wi-Fi Yang Harus Tahu

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
Wi-FiJaringan NirkabelJaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, atau tablet ke internet dan antara satu sama lain dalam jarak tertentu.Kamu bisa terhubung ke internet menggunakan Wi-Fi di kafe.
RouterPemancarPerangkat yang bertugas mengarahkan lalu lintas data di dalam jaringan Wi-Fi, mengatur alamat IP, dan menghubungkan perangkat ke internet.Aku memeriksa pengaturan router untuk meningkatkan kecepatan internet.
Access PointTitik AksesPerangkat keras yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan kabel, memperluas cakupan jaringan Wi-Fi.Titik akses di kantor membuat sinyal Wi-Fi lebih kuat di area resepsi.
SSIDNama JaringanNama yang diberikan pada jaringan Wi-Fi untuk membedakan antara jaringan yang satu dengan yang lainnya.Aku mencari SSID yang sesuai untuk menghubungkan laptop ke Wi-Fi di rumah.
EncryptionEnkripsiProses mengamankan data yang dikirimkan melalui jaringan Wi-Fi dengan mengubahnya menjadi kode yang hanya bisa dibaca oleh penerima yang ditentukan.Enkripsi Wi-Fi yang kuat sangat penting untuk melindungi informasi pribadi.
BandwidthLebar PitaUkuran maksimum data yang dapat ditransfer melalui jaringan Wi-Fi dalam waktu tertentu, diukur dalam bit per detik (bps).Aku memperbarui paket internet untuk mendapatkan lebar pita yang lebih besar.
HotspotTitik PanasLokasi atau area di mana sinyal Wi-Fi tersedia untuk penggunaan publik, biasanya disediakan oleh penyedia layanan internet.Aku terhubung ke hotspot di taman untuk mengirim email penting.
Signal StrengthKekuatan SinyalUkuran dari seberapa kuat atau lemah sinyal Wi-Fi yang diterima oleh perangkat, diukur dalam desibel milliwatt (dBm).Kekuatan sinyal yang rendah bisa menyebabkan koneksi internet lambat.
NetworkJaringanInfrastruktur yang terdiri dari berbagai perangkat dan teknologi yang saling terhubung dan digunakan untuk mengirimkan data antara perangkat.Aku sedang mencari jaringan Wi-Fi yang stabil untuk rapat daring.
FrequencyFrekuensiRentang gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal Wi-Fi, umumnya diukur dalam gigahertz (GHz).Wi-Fi bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.
ClientKlienPerangkat atau komputer yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, biasanya untuk mengakses layanan atau sumber daya yang tersedia dalam jaringan.Laptopku adalah salah satu klien dalam jaringan Wi-Fi di rumah.
MAC AddressAlamat MACUnik identifier yang terpasang pada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, digunakan untuk mengidentifikasi perangkat secara unik dalam jaringan.Aku memblokir akses perangkat yang tidak dikenal dengan memfilter alamat MAC.
WPAPerlindungan Wi-Fi Terlalu AsliProtokol keamanan yang digunakan untuk melindungi jaringan Wi-Fi dari akses yang tidak sah dengan menggunakan enkripsi.Aku mengatur kunci WPA yang kuat untuk melindungi jaringan Wi-Fi di rumah.
DHCPProtokol Penyewaan DinamisProtokol yang secara otomatis memberikan alamat IP kepada perangkat dalam jaringan Wi-Fi untuk memudahkan pengaturan dan manajemen jaringan.DHCP membuatnya mudah untuk menghubungkan perangkat baru ke jaringan Wi-Fi tanpa harus mengatur alamat IP secara manual.
LANJaringan LokalJaringan yang terbatas pada area geografis yang terbatas, biasanya di dalam satu bangunan atau area kecil, seperti rumah atau kantor.Aku mengatur printer agar dapat diakses oleh semua perangkat dalam jaringan LAN di kantor.
WANJaringan LuasJaringan yang melintasi area geografis yang luas, sering kali mencakup wilayah, negara, atau bahkan benua yang berbeda.Akses internet di kantor kami terhubung melalui jaringan WAN yang besar.
FirewallDinding ApiPerangkat lunak atau perangkat keras yang digunakan untuk mengontrol lalu lintas data antara jaringan Wi-Fi internal dan eksternal serta mencegah akses yang tidak diizinkan.Firewall memastikan bahwa hanya lalu lintas yang sah yang dapat masuk atau keluar dari jaringan Wi-Fi.
LatencyLatensiWaktu yang diperlukan untuk data untuk melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain dalam jaringan Wi-Fi, biasanya diukur dalam milidetik (ms).Latensi yang rendah penting untuk pengalaman bermain game online yang mulus.
InterferenceGangguanGangguan atau hambatan dalam sinyal Wi-Fi yang disebabkan oleh interferensi elektromagnetik dari perangkat lain atau objek di sekitarnya.Aku memindahkan microwave agar tidak menyebabkan gangguan pada sinyal Wi-Fi di dapur.
RepeaterPenguat SinyalPerangkat yang digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi dengan mengulang sinyal dari router atau access point.Penguat sinyal membantu memperluas cakupan Wi-Fi ke area yang sulit dijangkau oleh router.
Mesh NetworkJaringan Jala-jalaJaringan yang terdiri dari beberapa node atau titik akses yang saling terhubung secara langsung, membentuk jaringan yang kuat dan dapat menangani banyak perangkat secara bersamaan.Jaringan mesh memastikan cakupan Wi-Fi yang luas dan konsisten di seluruh rumah.
FirmwarePerangkat Lunak DalamPerangkat lunak yang terpasang pada perangkat keras Wi-Fi, mengontrol operasi dan fungsionalitas perangkat tersebut.Aku memperbarui firmware router untuk meningkatkan kinerjanya.
SpectrumSpektrumRentang frekuensi yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal Wi-Fi, dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi.Router baru menggunakan spektrum frekuensi yang lebih luas untuk koneksi yang lebih stabil.
RoamingKelilingProses di mana perangkat nirkabel beralih secara otomatis antara beberapa titik akses Wi-Fi tanpa kehilangan koneksi.Handphoneku mulai roaming saat aku berpindah dari satu lantai ke lantai lain di gedung kantor.
AntennaAntenaPerangkat keras yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal radio dalam jaringan Wi-Fi, membantu meningkatkan jangkauan dan kekuatan sinyal.Aku mengatur posisi antena router untuk mendapatkan cakupan Wi-Fi yang lebih baik.
PacketPaket DataUnit kecil data yang dikirimkan melalui jaringan Wi-Fi, terdiri dari header dan payload yang berisi informasi pengirim dan penerima serta data yang ditransmisikan.Packet yang hilang bisa menyebabkan gangguan dalam pengalaman internet.
BeamformingPembentukan BalokTeknologi yang digunakan oleh router untuk mengarahkan sinyal Wi-Fi secara langsung ke perangkat yang terhubung, meningkatkan kecepatan dan kualitas koneksi.Router baru dilengkapi dengan teknologi beamforming untuk meningkatkan jangkauan Wi-Fi.
VPNJaringan Pribadi VirtualJaringan pribadi yang dibentuk di atas jaringan Wi-Fi publik atau internet untuk mengamankan dan melindungi data pengguna.Aku menggunakan VPN saat terhubung ke Wi-Fi di kafe untuk menjaga privasi dataku.
ModemPemodulasi-DemodulasiPerangkat yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog untuk transmisi melalui jalur komunikasi seperti kabel telepon atau serat optik.Aku menghubungkan modem ke router untuk mendapatkan akses internet.
SSID BroadcastPenyiaran Nama JaringanFitur di router yang memancarkan nama jaringan Wi-Fi ke udara, memungkinkan perangkat untuk menemukan dan terhubung ke jaringan tersebut.Aku mematikan penyiaran SSID untuk meningkatkan keamanan jaringan Wi-Fi di rumah.
NATTerjemahan Alamat JaringanProses di mana alamat IP lokal perangkat dalam jaringan Wi-Fi diterjemahkan menjadi alamat IP publik untuk akses ke internet.NAT memungkinkan beberapa perangkat di jaringan untuk menggunakan satu alamat IP publik.
Quality of Service (QoS)Kualitas PelayananFitur di router yang mengatur prioritas dan alokasi bandwidth untuk aplikasi atau layanan tertentu dalam jaringan Wi-Fi, memastikan kinerja yang optimal untuk penggunaan yang berbeda.Dengan QoS yang tepat, aku bisa memprioritaskan panggilan video di atas pengunduhan file besar dalam jaringan Wi-Fi.
Guest NetworkJaringan TamuJaringan Wi-Fi yang terpisah dari jaringan utama, biasanya digunakan untuk memberikan akses internet kepada tamu tanpa memberikan akses ke perangkat atau data pribadi.Aku mengaktifkan jaringan tamu saat ada tamu yang berkunjung ke rumah.
Power over Ethernet (PoE)Daya melalui EthernetTeknologi yang memungkinkan perangkat jaringan, seperti access point atau kamera keamanan, untuk menerima daya melalui kabel Ethernet yang sama yang digunakan untuk mentransfer data.Access point di luar ruangan dihubungkan menggunakan kabel PoE untuk kemudahan pemasangan.
Dual BandDua PitaRouter atau access point yang mendukung operasi pada dua frekuensi yang berbeda secara bersamaan, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz, memberikan fleksibilitas dalam pengaturan jaringan Wi-Fi.Router dual band memungkinkan pengguna untuk memilih frekuensi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
MU-MIMOMulti-User MIMOTeknologi yang memungkinkan router untuk mentransmisikan data secara simultan ke beberapa perangkat, meningkatkan efisiensi dan kinerja jaringan Wi-Fi dalam lingkungan yang padat pengguna.Router dengan MU-MIMO dapat menangani banyak perangkat secara bersamaan tanpa mengorbankan kecepatan koneksi.
Firmware UpdatePembaruan Perangkat LunakProses menginstal versi terbaru dari perangkat lunak router atau perangkat Wi-Fi lainnya, biasanya untuk meningkatkan kinerja, keamanan, atau menambahkan fitur baru.Aku mengatur pembaruan firmware secara berkala untuk menjaga keamanan dan kinerja router.
WEPPerlindungan Setara dengan KawatProtokol keamanan lama yang menggunakan enkripsi WEP untuk melindungi jaringan Wi-Fi, sekarang dianggap tidak aman karena kerentanan terhadap serangan.Aku tidak merekomendasikan menggunakan WEP untuk melindungi jaringan Wi-Fi karena kerentanan keamanannya.
WPSWi-Fi Protected SetupMetode yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi dengan menekan tombol atau memasukkan PIN, menyederhanakan proses konfigurasi untuk pengguna yang kurang berpengalaman.Aku menggunakan WPS untuk menghubungkan printer baru ke jaringan Wi-Fi tanpa perlu mengatur secara manual.
Dead ZoneZona MatiArea di dalam atau di sekitar rumah atau kantor yang tidak mendapatkan sinyal Wi-Fi yang cukup, biasanya karena jarak yang jauh dari router atau interferensi.Aku menggunakan penguat sinyal Wi-Fi untuk mengatasi zona mati di kamar tidur.
Firmware FlashingPemutakhiran Perangkat LunakProses mengganti perangkat lunak pada router atau perangkat Wi-Fi lainnya dengan versi yang dimodifikasi atau alternatif, sering kali digunakan untuk meningkatkan kinerja atau menambahkan fitur kustom.Aku melakukan flashing firmware pada router untuk memasang firmware open-source yang lebih canggih.
Wi-Fi DirectWi-Fi LangsungTeknologi yang memungkinkan perangkat untuk terhubung langsung satu sama lain tanpa perlu router atau access point, memfasilitasi transfer data langsung antara perangkat.Aku menggunakan Wi-Fi Direct untuk mentransfer file antara smartphone dan laptop tanpa perlu koneksi internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *