Istilah-Istilah Per-Hantu-an

  1. Acheri: Selain dalam mitologi Indian Amerika, Acheri juga dikenal dalam legenda India sebagai hantu anak kecil yang mencari balas dendam.
  2. Acherontia: Hantu dalam mitologi Yunani kuno yang merupakan dewa kematian yang mengawasi pintu masuk ke dunia bawah.
  3. Adlet: Hantu dalam mitologi Inuit yang merupakan setengah manusia, setengah anjing dan digambarkan sebagai makhluk buas.
  4. Aigamuxa: Hantu dalam mitologi San (orang Bushmen) yang memiliki kaki terbalik dan bisa membuat manusia buta dengan pandangan mereka.
  5. Ammit: Hantu dalam mitologi Mesir yang bertugas menilai hati orang mati di akhirat dan bisa menelan jiwa yang berdosa.
  6. Andras: Hantu dalam ilmu okultisme yang merupakan roh jahat dalam hierarki iblis.
  7. Ankou: Dalam mitologi Brittany, Prancis, Ankou adalah hantu penjaga kuburan yang membawa jiwa ke dunia bawah.
  8. Ankou: Hantu penjaga kuburan dalam mitologi Breton, Prancis, yang membawa jiwa ke alam baka.
  9. Asanbosam: Hantu dalam mitologi Afrika Barat yang diyakini hidup di pohon dan menyerang manusia dengan gigi tajam.
  10. Aswang: Hantu dalam budaya Filipina yang dapat berubah menjadi berbagai bentuk, termasuk babi atau anjing, dan sering mencari darah manusia.
  11. Aupang: Hantu dalam mitologi Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang dianggap sebagai roh yang melindungi kampung dan ladang.
  12. Babau: Hantu dalam mitologi Italia yang mencari anak-anak yang tidak patuh dan membawa mereka pergi.
  13. Babi Ngepet: Hantu babi atau babi setan yang bisa berubah menjadi manusia dan sering mencuri harta benda.
  14. Banshee: Hantu dalam mitologi Irlandia yang meraung dengan suara tajam sebagai pertanda kematian seseorang.
  15. Banshee: Selain dalam mitologi Irlandia, Banshee juga muncul dalam beberapa budaya lain sebagai hantu peramal yang meramalkan kematian seseorang.
  16. Baobhan Sith: Hantu dalam mitologi Skotlandia yang merupakan vampir wanita yang menarik lelaki dengan pesona dan menghisap darah mereka.
  17. Barong: Dalam mitologi Bali, Barong adalah hantu yang dianggap sebagai bentuk kekuatan baik yang melawan kekuatan jahat.
  18. Bhoot: Hantu atau roh dalam mitologi India, diyakini adalah jiwa yang belum tenang atau yang meninggal secara tragis.
  19. Bhut: Hantu atau roh jahat dalam mitologi Hindu, diyakini dapat mengganggu atau menghantui manusia.
  20. Bhuta Kola: Pertunjukan tari eksorsisme dalam mitologi Tulu Nadu, India, untuk mengusir hantu dan roh jahat.
  21. Black Annis: Hantu dalam legenda Inggris yang tinggal di gua dan dapat menangkap anak-anak yang nakal.
  22. Boogeyman: Hantu dalam cerita rakyat Barat yang sering diceritakan kepada anak-anak untuk menakut-nakuti mereka.
  23. Bubak: Hantu dalam mitologi Ceko yang diyakini menculik anak-anak yang nakal dan membawa mereka pergi.
  24. Buto Ijo: Makhluk raksasa berwarna hijau dengan kekuatan gaib, sering kali dikaitkan dengan legenda Jawa dan Bali.
  25. Chiang-shih: Hantu dalam mitologi Tiongkok yang merupakan mayat hidup atau “vampir” yang mencari darah manusia.
  26. Chindi: Dalam mitologi Navajo, chindi adalah roh jahat dari orang mati yang meninggalkan tubuh dan mencari untuk membawa kesialan.
  27. Chupacabra: Makhluk dalam legenda Amerika Latin yang diyakini menyerang hewan ternak dan menghisap darah mereka.
  28. Churel: Hantu wanita dalam mitologi Pakistan dan India yang diyakini merupakan arwah wanita yang meninggal dengan tragis dan kembali untuk mencari pembalasan.
  29. Churel: Hantu wanita dari legenda India dan Pakistan yang menghantui orang-orang yang telah meninggal.
  30. Cuco: Hantu dalam mitologi Spanyol dan Amerika Latin yang diyakini menakuti anak-anak nakal.
  31. Deildegast: Hantu dalam mitologi Skotlandia yang menjaga harta karun dan sering kali menghantui tempat-tempat terpencil.
  32. Demit: Makhluk dalam mitologi Jawa yang diyakini menjadi penjaga alam gaib atau tempat angker.
  33. Draug: Hantu dalam mitologi Norse yang muncul sebagai roh penjaga makam dan harta karun.
  34. Draugar: Hantu dalam mitologi Norse yang merupakan roh orang mati yang bangkit dari kubur untuk menghantui dan menakut-nakuti orang hidup.
  35. Draugr: Hantu dalam mitologi Norse yang merupakan roh dari orang mati yang kuat dan mengganggu orang hidup.
  36. Dullahan: Makhluk dalam mitologi Irlandia yang mengendarai kuda tanpa kepala dan membawa kepala mereka di tangan, diyakini sebagai pertanda kematian.
  37. Dybbuk: Dalam mitologi Yahudi, dybbuk adalah roh jahat yang dapat menyatu dengan tubuh manusia dan mengendalikannya.
  38. Funayurei: Hantu kapal dalam mitologi Jepang yang merupakan roh orang yang meninggal di laut dan menghantui kapal.
  39. Funayūrei: Selain dalam mitologi Jepang, Funayūrei juga muncul dalam budaya Korea sebagai hantu kapal yang menghantui laut.
  40. Gashadokuro: Hantu tengkorak raksasa dalam mitologi Jepang yang terbentuk dari tulang-tulang manusia yang tidak layak dimakamkan.
  41. Genderuwo: Hantu raksasa berbulu dengan kekuatan supranatural, terkadang dianggap sebagai penjaga hutan atau tempat angker.
  42. Goryo: Hantu pria yang dikagumi atau terhormat setelah kematiannya dalam mitologi Jepang, tetapi bisa menjadi bermusuhan jika tidak dihormati.
  43. Gremlin: Hantu dalam mitologi Eropa Barat yang sering diyakini sebagai penyebab kerusakan pada pesawat dan kendaraan.
  44. Grootslang: Hantu dari mitologi Afrika Selatan, merupakan makhluk setengah gajah dan setengah ular, sangat kuat dan berbahaya.
  45. Hantu Lumpur: Mitos dari Indonesia tentang hantu yang muncul dari lumpur, sering dihubungkan dengan tempat pemakaman atau genangan lumpur.
  46. Hantu Penanggalan: Hantu wanita yang dapat melepaskan kepala dan organ tubuhnya di malam hari untuk mencari darah manusia.
  47. Hantu: Entitas spiritual dari dunia lain, sering dianggap sebagai roh penasaran yang menghantui tempat atau orang tertentu.
  48. Ijiraq: Hantu dalam mitologi Inuit yang diyakini mengganggu manusia dan dapat menyebabkan kebingungan dan kehilangan.
  49. Jembatan Setan: Dalam mitologi Jepang, jembatan di atas lautan yang diyakini menjadi tempat bersemayam hantu dan roh jahat.
  50. Jenglot: Makhluk mistis berbentuk manusia kecil yang diasumsikan sebagai mumi atau boneka yang hidup.
  51. Jiangshi: Hantu “kaku” dalam mitologi Tiongkok, yang hanya bergerak melompat karena tubuhnya dikendalikan oleh energi gaib.
  52. Jikininki: Makhluk dalam mitologi Jepang yang merupakan roh jahat manusia yang telah meninggal dan mencari makanan dari mayat.
  53. Kallikantzaros: Hantu dalam mitologi Yunani yang tinggal di bawah bumi dan mencoba untuk memotong pohon dunia yang menopang dunia.
  54. Koschei the Deathless: Karakter dalam mitologi Rusia yang merupakan penyihir jahat yang tidak bisa mati kecuali jika telur tempat jiwa tersembunyi dirusak.
  55. Krasue Sao: Versi hantu kepala terbang dalam mitologi Laos dan Thailand yang merupakan hantu wanita dengan organ dalam yang terlihat.
  56. Krasue: Hantu wanita Thailand yang memiliki kepala terbang dengan organ dalam yang terlihat dan mencari darah manusia.
  57. Kuntilanak: Hantu wanita yang kerap muncul dengan penampilan menakutkan, diyakini sebagai arwah wanita hamil atau ibu yang meninggal dengan tragis.
  58. Kuntilanak: Selain muncul sebagai hantu wanita, Kuntilanak juga dianggap sebagai roh jahat yang mengganggu manusia.
  59. Kuyang: Hantu perempuan yang berwujud kepala terbang dengan usus yang menjuntai, aktif mencari darah wanita hamil atau bayi.
  60. La Llorona: Hantu wanita dalam legenda Amerika Latin yang mengembara mencari anak-anak yang hilang atau durhaka.
  61. La Patasola: Hantu dalam mitologi Amerika Latin yang mengambil bentuk wanita cantik untuk menarik pria ke dalam hutan.
  62. La Sayona: Hantu dalam mitologi Amerika Latin yang diyakini sebagai wanita berpakaian putih yang muncul di malam hari.
  63. Lamia: Hantu dalam mitologi Yunani yang merupakan makhluk setengah wanita setengah ular, sering diasosiasikan dengan vampir.
  64. Langsuir: Hantu wanita dalam mitologi Melayu yang sering muncul dengan penampilan menakutkan, mencari darah manusia.
  65. Leyak: Hantu dari Bali, mengambil bentuk manusia pada siang hari tetapi berubah menjadi kepala terbang dengan organ internalnya di malam hari.
  66. Lilith: Hantu dalam mitologi Yahudi yang diyakini sebagai wanita yang pertama kali diciptakan, tetapi kemudian menjadi roh jahat.
  67. Manananggal: Makhluk dalam mitologi Filipina yang dapat memisahkan bagian tubuhnya untuk terbang dan mencari darah manusia.
  68. Mannegishi: Hantu dalam mitologi suku asli Amerika Utara yang merupakan makhluk kecil dengan kaki terbalik dan suka bermain trik pada manusia.
  69. Mantindane: Hantu dalam mitologi Afrika yang diyakini sebagai roh jahat yang bisa menyebabkan penyakit dan kematian.
  70. Marid: Hantu dalam mitologi Arab yang merupakan salah satu dari tiga jenis jin yang paling kuat.
  71. Muma Pădurii: Hantu dalam mitologi Rumania yang dianggap sebagai penunggu hutan dan pembawa penyakit.
  72. Nachzehrer: Hantu dalam mitologi Jerman yang merupakan bentuk vampir yang memakan jasad orang mati.
  73. Noppera-bo: Hantu dalam mitologi Jepang yang memiliki wajah manusia yang indah, tetapi kemudian wajahnya menghilang menjadi rata atau tanpa fitur.
  74. Nuckelavee: Hantu dalam mitologi Orkney, Skotlandia, yang merupakan makhluk kejam yang menggabungkan tubuh manusia dan kuda laut.
  75. Nue: Dalam mitologi Jepang, Nue adalah hantu dengan bentuk aneh yang dikatakan sering menghantui istana kekaisaran.
  76. Nyai Roro Kidul: Hantu dalam mitologi Jawa yang merupakan ratu laut dan diyakini memiliki kekuatan supranatural.
  77. Orang Minyak: Hantu dalam mitologi Melayu yang diyakini adalah dukun yang berubah menjadi makhluk berminyak untuk mencuri wanita muda.
  78. Palasik: Hantu wanita yang berwujud kepala terbang dengan usus yang menjuntai, diyakini sebagai dukun atau perempuan yang mengamalkan ilmu hitam.
  79. Pelesit: Makhluk kecil dalam kepercayaan Melayu yang dikendalikan oleh dukun untuk mencari balas dendam atau menyebabkan kerusakan.
  80. Pishacha: Hantu dalam mitologi Hindu yang merupakan roh jahat yang mencari darah dan daging manusia.
  81. Pocong: Hantu berwujud mayat yang terbungkus kain kafan dan melompat dengan kaki terikat, dipercaya berasal dari tradisi Jawa.
  82. Polong: Jenis hantu kecil dalam mitologi Jawa yang mampu berubah bentuk dan menimbulkan penyakit pada manusia.
  83. Polong: Selain dalam mitologi Jawa, Polong juga diyakini dalam mitologi Melayu sebagai makhluk kecil yang menyebabkan penyakit.
  84. Poltergeist: Jenis hantu yang dikenal karena menyebabkan gangguan fisik dan kekacauan, seperti benda-benda yang bergerak atau terlempar tanpa sebab yang jelas.
  85. Pontianak: Versi melayu dari Kuntilanak, sering dikaitkan dengan kematian ibu dan bayi yang tragis.
  86. Popobawa: Hantu dalam mitologi Afrika Timur yang merupakan makhluk kegelapan yang menyerang manusia dan menakut-nakuti mereka.
  87. Preta: Dalam mitologi Hindu dan Buddha, Preta adalah hantu kelaparan yang selalu haus dan lapar.
  88. Pricolici: Hantu dalam mitologi Rumania yang merupakan manusia yang berubah menjadi serigala setelah mati.
  89. Priculici: Versi Rumania dari Licántropo, hantu manusia serigala dalam mitologi Eropa Timur.
  90. Rusalka: Hantu wanita dalam mitologi Slavia yang tinggal di air dan sering mempengaruhi manusia untuk mengunjungi mereka.
  91. Rusalka: Selain dalam mitologi Slavia, Rusalka juga dikenal dalam mitologi Ukraina dan Rusia sebagai hantu wanita air yang memiliki kekuatan supranatural.
  92. Skogsrå: Hantu dalam mitologi Skandinavia yang merupakan roh penjaga hutan dan sering muncul sebagai wanita cantik.
  93. Skriker: Dalam mitologi Inggris, Skriker adalah hantu yang mengambil berbagai bentuk untuk menakuti manusia.
  94. Stregoi: Versi Rumania dari vampire dalam mitologi Eropa Timur yang diyakini menghisap darah manusia.
  95. Strigoi: Hantu dalam mitologi Rumania yang merupakan vampir atau roh jahat yang muncul setelah kematian.
  96. Sundel Bolong: Hantu wanita dengan lubang di punggungnya, biasanya mengenakan gaun putih, dan bisa merayu atau menakut-nakuti manusia.
  97. Tengu: Dalam mitologi Jepang, Tengu adalah makhluk berbentuk manusia berkepala burung dengan kekuatan supranatural.
  98. Tlahuelpuchi: Hantu dalam mitologi Meksiko yang diyakini merupakan wanita yang bisa berubah menjadi makhluk vampir untuk mencari darah manusia.
  99. Toyol: Makhluk kecil seperti bayi yang dihidupkan oleh dukun dan digunakan untuk mencuri uang atau barang berharga.
  100. Tuyul: Hantu kecil seperti anak kecil, sering kali dianggap sebagai makhluk jahat yang mencuri uang atau barang berharga.
  101. Uwan: Hantu dalam mitologi Jepang yang merupakan roh perempuan hamil yang meninggal sebelum melahirkan.
  102. Vetala: Hantu dalam mitologi India yang bersemayam di mayat dan dapat mengendalikannya.
  103. Vetalas: Hantu dalam mitologi India yang merupakan roh jahat yang menghuni mayat dan bisa meresapi manusia.
  104. Vetton Wall: Dalam mitologi Suku Vetton dari Spanyol kuno, Vetton Wall adalah hantu peramal yang meramalkan masa depan dan nasib.
  105. Wendigo: Hantu dalam mitologi suku asli Amerika Utara yang merupakan roh jahat yang terkait dengan kelaparan dan kanibalisme.
  106. Wewe Gombel: Hantu wanita yang baik hati, dipercaya menjaga anak-anak yang hilang dan membawa mereka kembali ke rumah.
  107. Wewe Gombel: Selain menjaga anak-anak yang hilang, Wewe Gombel juga dikatakan mengambil anak-anak yang nakal atau durhaka.
  108. Yaka: Hantu dalam mitologi Sri Lanka yang diyakini mengganggu manusia dan hewan.
  109. Yama-otoko: Dalam mitologi Jepang, Yama-otoko adalah hantu pria yang menjadi pemandu roh orang yang meninggal ke dunia bawah.
  110. Yama-uba: Hantu wanita dalam mitologi Jepang yang tinggal di pegunungan dan terkadang memakan manusia.
  111. Yuki-onna: Hantu wanita dalam mitologi Jepang yang muncul selama musim dingin dan dapat membekukan orang dengan sentuhannya.
  112. Yumboes: Hantu dalam mitologi Afrika Barat yang dianggap sebagai makhluk kecil bercahaya yang bersemayam di hutan.
  113. Yurei-zu: Lukisan hantu dalam seni tradisional Jepang yang menggambarkan roh-roh orang yang telah meninggal.
  114. Yurei: Hantu atau roh dalam mitologi Jepang, sering kali merupakan jiwa orang yang meninggal dengan marah atau penuh kebencian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *