Glosarium Tekstil: B (Bleaching, Batik, Brocade,…)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
BleachingPemutihanProses kimia untuk menghilangkan warna alami dari serat tekstilBleaching digunakan pada kain katun.
Blend FabricKain CampuranKain yang terbuat dari serat dua atau lebih jenis yang berbedaKain campuran polyester dan kapas.
BobbinBenang KecilAlat berbentuk silinder untuk menyimpan benang dalam mesinBenang kecil dimuat pada bobbin mesin jahit.
Ballistic NylonNilon BallistikJenis kain sintetis yang tahan terhadap tekanan dan keausan tinggiTas backpack umumnya menggunakan ballistic nylon.
DyeingPewarnaanProses memberikan warna pada serat atau kain tekstilPewarnaan menjadi tahap penting dalam produksi tekstil.
BatikBatikTeknik pewarnaan khas Indonesia dengan lilin sebagai penghalangBatik menjadi warisan budaya yang unik.
Bias CutPotongan BiasPotongan kain yang memotong melintasi serat, memberikan elastisitas dan draping yang baikGaun dengan potongan bias memberikan tampilan yang elegan.
BrocadeBrokatKain dengan pola hiasan yang ditenun atau dicetak dengan benang logamKebaya tradisional Indonesia sering menggunakan brokat.
BraidingAnyamanProses pembuatan kain dengan merajut tali atau benang secara bersama-samaTali serat alami sering digunakan dalam proses braiding.
BackstitchJahitan MundurJenis jahitan pada mesin jahit yang mengunci ujung benangBackstitch penting untuk kekuatan jahitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *