Glosarium Politik: E (Election, Embassy, Electorate,…)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsiContoh
ElectionPemilihanProses demokratis dalam memilih pemimpin atau wakil rakyat secara langsung atau tidak langsung.Pemilihan umum presiden di Indonesia.
Executive BranchCabang EksekutifBagian dari pemerintahan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan dan penegakan hukum.Presiden dan kabinetnya.
Electoral CollegeKolese ElektoralSistem yang digunakan dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat, di mana suara rakyat tidak langsung menentukan hasil akhir.Proses pemilihan presiden di AS.
EmbassyKedutaanKantor yang mewakili negara asing di negara lain untuk menjalankan hubungan diplomatik.Kedutaan Besar Amerika di Indonesia.
Executive OrderPerintah EksekutifKeputusan yang dikeluarkan oleh kepala eksekutif suatu negara untuk menetapkan kebijakan baru tanpa melalui proses legislatif.Presiden mengeluarkan perintah eksekutif.
Electoral SystemSistem PemilihanCara di mana pemimpin politik atau wakil rakyat dipilih dalam sebuah negara.Sistem pemilihan proporsional.
Equal RightsHak yang SamaPrinsip bahwa semua individu memiliki hak yang sama di mata hukum dan dalam masyarakat.Perlindungan hak yang sama untuk semua.
Election FraudPenipuan PemilihanTindakan manipulatif yang bertujuan untuk mempengaruhi hasil pemilihan secara tidak jujur.Pencoblosan suara ganda adalah penipuan pemilihan.
Election CommissionKomisi PemilihanBadan yang bertanggung jawab mengatur dan mengawasi proses pemilihan dalam suatu negara.Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Indonesia.
ElectorateElektoratSemua pemilih yang memenuhi syarat untuk memberikan suara dalam sebuah pemilihan.Elektorat di negara-negara maju memiliki peran penting dalam politik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *