Glosarium Politik: D (Democracy, Diplomacy, Decentralization,…)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi/PengertianContoh
DemocracyDemokrasiSistem pemerintahan di mana kekuasaan ada pada rakyat.Di beberapa negara, demokrasi diimplementasikan melalui pemilihan umum.
DiplomacyDiplomasiProses negosiasi antarnegara untuk mencapai tujuan bersama.Diplomasi sering digunakan dalam penyelesaian konflik internasional.
DictatorshipDiktatorshipSistem pemerintahan di mana kekuasaan dipegang oleh satu individu atau kelompok kecil.Beberapa negara mengalami diktatorship yang otoriter pada masa lalu.
DevolutionDevolusiTransfer sebagian kekuasaan dari pemerintah pusat ke entitas lokal.Devolusi dapat memperkuat otonomi daerah.
DemocratizationDemokratisasiProses menuju peningkatan partisipasi publik dalam pengambilan keputusan politik.Demokratisasi bisa melibatkan reformasi politik dan hak asasi manusia.
DissentKetidaksetujuanPendapat atau tindakan yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap pemerintah atau kebijakan.Warga memiliki hak untuk menyatakan dissent terhadap kebijakan yang dianggap tidak adil.
Dual Party SystemSistem Partai GandaSistem politik dengan dua partai dominan yang bersaing dalam pemilihan.Amerika Serikat memiliki dual party system dengan Partai Republik dan Partai Demokrat.
DecentralizationDesentralisasiPemindahan kekuasaan dan tanggung jawab dari pemerintah pusat ke tingkat lokal.Desentralisasi dapat meningkatkan efisiensi dalam pelayanan publik.
Direct DemocracyDemokrasi LangsungSistem di mana warga secara langsung terlibat dalam pengambilan keputusan politik.Voting langsung pada kebijakan tertentu adalah contoh direct democracy.
DeficitDefisitKekurangan atau selisih antara pengeluaran dan pendapatan pemerintah.Defisit anggaran dapat memicu masalah ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *