Glosarium Politik: B (Bureaucracy, Ballot, Backbencher,…)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
BureaucracyBirokrasiSistem administrasi pemerintahan yang terdiri dari berbagai lembaga dan aturan hukum.Birokrasi memainkan peran penting dalam menjalankan pemerintahan.
BipartisanshipBipartisanshipKerjasama antara dua partai politik yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama.Keberhasilan kebijakan sering kali melibatkan bipartisanship.
BallotSurat SuaraMedia untuk memberikan suara pada pemilihan umum atau referendum.Pemilih diharapkan menggunakan surat suara dengan bijak.
BudgetAnggaranRencana keuangan yang merinci pendapatan dan pengeluaran pemerintah.Setiap tahun, pemerintah mengajukan anggaran untuk persetujuan.
Balance of PowerKeseimbangan KekuatanDistribusi kekuatan di antara entitas politik untuk mencegah dominasi satu pihak.Keseimbangan kekuatan penting dalam menjaga stabilitas politik.
BackbencherAnggota DPR BelakangAnggota parlemen yang tidak terlibat aktif dalam kabinet atau jabatan penting lainnya.Backbencher sering mewakili suara konstituen di tingkat dasar.
BillRUURancangan Undang-Undang yang diajukan untuk mendapatkan persetujuan legislatif.Proses pembahasan bill memerlukan diskusi mendalam di parlemen.
Ballot BoxKotak SuaraTempat untuk meletakkan surat suara saat pemilihan umum berlangsung.Setelah memberikan suara, pemilih menempatkan kembali surat suara ke dalam ballot box.
BlacklistDaftar HitamDaftar individu atau entitas yang dianggap melanggar aturan atau norma tertentu.Korupsi dapat menyebabkan seseorang masuk dalam daftar hitam.
By-electionPemilihan KhususPemilihan umum yang diadakan untuk mengisi kekosongan kursi di parlemen.By-election seringkali menjadi peluang bagi partai-partai kecil untuk mendapatkan kursi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *