Glosarium Pernikahan (Kamus Perkawinan)

  1. Mempelai Pria: Pihak laki-laki yang akan menikah.
  2. Mempelai Wanita: Pihak perempuan yang akan menikah.
  3. Resepsi Pernikahan: Acara pesta yang diadakan setelah upacara pernikahan untuk merayakan pernikahan yang baru dilangsungkan.
  4. Undangan Pernikahan: Kartu atau surat yang dikirimkan kepada tamu sebagai undangan resmi untuk menghadiri pernikahan.
  5. Akad Nikah: Upacara resmi yang menandai pernikahan sah antara mempelai pria dan mempelai wanita di hadapan saksi dan pihak berwenang.
  6. Ijab Qabul: Pernyataan resmi dari mempelai pria dan mempelai wanita yang menegaskan persetujuan mereka untuk menikah satu sama lain.
  7. Mahar: Pemberian dari mempelai pria kepada mempelai wanita sebagai tanda cinta dan tanggung jawab dalam pernikahan.
  8. Siraman: Tradisi yang melibatkan pengaliran air di kepala mempelai wanita sebelum upacara pernikahan sebagai simbol penyucian. Glosarium.org
  9. Pengantin Pria: Mempelai pria yang berperan sebagai pengantin dalam pernikahan.
  10. Pengantin Wanita: Mempelai wanita yang berperan sebagai pengantin dalam pernikahan.
  11. Pelaminan: Tempat duduk pengantin yang dihias secara khusus untuk upacara pernikahan.
  12. Buku Tamu: Buku di mana tamu pernikahan dapat meninggalkan ucapan selamat dan tanda tangan mereka.
  13. Fotografer Pernikahan: Orang yang bertugas untuk mengabadikan momen-momen penting selama pernikahan melalui fotografi.
  14. Pesta Pernikahan: Acara yang diadakan untuk merayakan pernikahan di mana tamu dapat menikmati makanan, minuman, dan hiburan.
  15. Honeymoon: Liburan yang diambil oleh pasangan pengantin setelah pernikahan sebagai waktu untuk merayakan pernikahan mereka dan menikmati masa-masa awal pernikahan.
  16. Waktu Persiapan: Periode sebelum pernikahan di mana mempelai melakukan persiapan seperti pemilihan gaun, dekorasi, makanan, dan persiapan lainnya.
  17. Gaun Pengantin: Gaun khusus yang dikenakan oleh mempelai wanita pada hari pernikahan.
  18. Jas Pengantin: Pakaian khusus yang dikenakan oleh mempelai pria pada hari pernikahan.
  19. Pernikahan Adat: Upacara pernikahan yang dilakukan sesuai dengan adat dan tradisi yang berlaku di suatu budaya atau daerah.
  20. Pernikahan Agama: Upacara pernikahan yang dilakukan sesuai dengan ajaran agama tertentu.
  21. Saksi Pernikahan: Orang yang ditunjuk untuk menjadi saksi sah dari pernikahan yang berfungsi sebagai pengesahan resmi.
  22. Catering: Pelayanan makanan dan minuman yang disediakan untuk tamu dalam pernikahan.
  23. Tari Pengantin: Tarian khusus yang dilakukan oleh mempelai pria dan mempelai wanita selama pernikahan sebagai bagian dari hiburan.
  24. Kartu Terima Kasih: Kartu yang dikirimkan oleh pasangan pengantin kepada tamu sebagai ungkapan terima kasih atas kehadiran dan ucapan selamat dalam pernikahan.
  25. Ucapan Selamat: Pesan atau ungkapan kebahagiaan yang diberikan kepada pasangan pengantin untuk merayakan pernikahan mereka.
  26. Album Pernikahan: Album foto yang berisi kenangan dan momen spesial dari pernikahan yang dikumpulkan dan disusun dengan rapi.
  27. Bunga Pernikahan: Bunga-bunga yang digunakan sebagai dekorasi dalam pernikahan, termasuk rangkaian bunga pengantin dan hiasan meja.
  28. Dokumentasi Pernikahan: Proses mengabadikan momen-momen penting dalam pernikahan melalui fotografi atau video.
  29. Pernikahan Destinasi: Pernikahan yang diadakan di lokasi tertentu yang jauh dari tempat tinggal pasangan pengantin atau lokasi asal mereka.
  30. Penyambut Tamu: Orang atau kelompok yang bertugas menyambut dan mengarahkan tamu saat mereka tiba di lokasi pernikahan.
  31. Organisasi Pernikahan: Jasa yang menyediakan bantuan dalam merencanakan dan mengatur pernikahan, termasuk pemilihan vendor, pengaturan jadwal, dan detail lainnya. Glosarium.org
  32. Pemberkatan Pernikahan: Upacara atau doa resmi yang dilakukan untuk memberkati pernikahan pasangan pengantin.
  33. Cincin Pernikahan: Simbol pernikahan berupa cincin yang dikenakan oleh mempelai pria dan mempelai wanita sebagai tanda ikatan dan komitmen mereka.
  34. Uang Saweran: Tradisi memberikan uang tunai kepada mempelai wanita atau mempelai pria sebagai ucapan selamat atau dukungan finansial.
  35. Pengiring Pengantin: Orang-orang yang memperkenalkan dan mendampingi mempelai pria dan mempelai wanita selama prosesi pernikahan, biasanya termasuk pria pengiring dan wanita pengiring.
  36. Pesta Pra-Nikah: Acara sebelum pernikahan yang diadakan untuk merayakan pertunangan pasangan pengantin dan mengumumkan pernikahan yang akan datang.
  37. Makan Malam Pengantin: Makan malam khusus yang diadakan setelah pernikahan antara mempelai pria dan mempelai wanita, biasanya hanya dihadiri oleh keluarga dan teman terdekat.
  38. Hantaran Pernikahan: Hadiah yang diberikan oleh pihak pengantin pria kepada pengantin wanita sebagai simbol kasih sayang dan penghargaan.
  39. Tuan Rumah Pernikahan: Orang yang bertanggung jawab dalam mengatur dan menjalankan segala aspek acara pernikahan, termasuk koordinasi dengan vendor dan penjadwalan. Glosarium.org
  40. Tandu Pengantin: Kursi khusus yang digunakan untuk mengangkut pengantin wanita saat memasuki atau meninggalkan lokasi pernikahan.
  41. Pesta Malam Pengantin: Acara malam yang diadakan setelah pernikahan di mana pengantin dan tamu dapat berpesta dan menikmati hiburan seperti musik dan tari.
  42. Pembawa Cincin: Anak atau kerabat yang bertugas membawa cincin pernikahan saat upacara pernikahan berlangsung.
  43. Pelangi Pernikahan: Serangkaian bunga dan hiasan warna-warni yang ditempatkan di sepanjang lorong yang dilalui pengantin selama prosesi pernikahan.
  44. Rekaman Video Pernikahan: Proses mengabadikan momen-momen penting pernikahan dalam bentuk video, termasuk upacara, pidato, tarian, dan ucapan selamat.
  45. Kartu Menu: Kartu yang berisi daftar makanan dan minuman yang akan disajikan dalam pesta pernikahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *