Glosarium Perkotaan: B (Brownfield, Billboard, Business District,…)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
BoulevardBundaranJalan besar dengan pohon di kedua sisi dan ruang terbuka.Jalan Sudirman di Jakarta memiliki boulevard yang indah.
BrownfieldTanah TuaArea perkotaan yang pernah digunakan, kemudian ditinggalkan.Proyek pengembangan tanah tua menjadi pusat perbelanjaan.
Bus Rapid TransitTransjakartaSistem transportasi massal dengan bus berkecepatan tinggi.Transjakarta merupakan contoh Bus Rapid Transit di Jakarta.
BifurcationPercabanganPemisahan atau percabangan dalam jaringan jalan atau sungai.Percabangan sungai yang membentuk delta di daerah perkotaan.
Bicycle LaneJalur SepedaArea khusus untuk sepeda terpisah dari jalan kendaraan.Kota ini memiliki jalur sepeda yang aman dan terpisah.
BrownstoneRumah Batu Bata CoklatJenis bangunan perkotaan yang umumnya terbuat dari batu bata.Di Brooklyn, brownstone adalah pemandangan khas.
BillboardPapan ReklamePapan besar untuk iklan atau promosi di tepi jalan.Papan reklame di pusat kota seringkali sangat mencolok.
Buffer ZoneZona PenyanggaArea yang melindungi atau memisahkan antara dua zona.Zona penyangga hijau di sekitar pusat perkotaan.
Basement ParkingParkir BasementTempat parkir di bawah bangunan atau jalan.Gedung perkantoran modern biasanya dilengkapi dengan parkir basement.
Business DistrictKawasan BisnisWilayah perkotaan dengan pusat kegiatan bisnis.Kawasan bisnis Jakarta menjadi pusat ekonomi yang sibuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *