Glosarium K-Pop (Kamus kpopers)

Idol: Sebutan untuk anggota grup K-pop yang memiliki kemampuan menyanyi dan menari serta memiliki basis penggemar yang besar.
Bias: Artis favorit seseorang dalam grup K-pop atau dalam industri K-pop secara keseluruhan.
Fandom: Komunitas penggemar yang didedikasikan untuk mendukung dan mengikuti grup K-pop atau artis tertentu.
Comeback: Istilah yang digunakan ketika grup K-pop merilis album baru atau lagu baru setelah periode hiatus.
Visual: Anggota grup K-pop yang dianggap memiliki penampilan yang menarik dan visual yang menonjol.
Maknae: Istilah dalam grup K-pop untuk anggota termuda.
Aegyo: Gaya berperilaku yang lucu dan imut yang sering ditampilkan oleh artis K-pop untuk menarik perhatian penggemar.
Lightstick: Tongkat atau lampu neon yang digunakan oleh penggemar saat menghadiri konser untuk menunjukkan dukungan mereka kepada grup K-pop favorit mereka.
Fan service: Tindakan atau perilaku artis K-pop yang ditujukan untuk memuaskan penggemar, seperti memberikan sapaan, tanda tangan, atau momen interaksi khusus.
Sasaeng: Penggemar yang terlalu obsesif dan invasif terhadap kehidupan pribadi artis K-pop, seringkali melanggar privasi mereka.

Stan: Istilah yang digunakan untuk mengungkapkan dukungan yang kuat terhadap grup K-pop atau artis tertentu.
Selca: Singkatan dari “self-camera”, merujuk pada foto yang diambil sendiri oleh artis K-pop dan dibagikan kepada penggemar.
Bias wrecker: Artis atau anggota grup K-pop yang mampu mengguncang status sebagai bias seseorang, sering kali karena pesona atau bakat mereka yang menarik.
Subunit: Bagian atau kelompok kecil dari sebuah grup K-pop yang terdiri dari beberapa anggota. Subunit sering kali merilis musik atau melakukan promosi terpisah dari grup utama.
Fan meeting: Acara interaktif antara artis K-pop dan penggemar di mana penggemar memiliki kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan artis yang mereka dukung.
Encore: Penampilan tambahan yang dilakukan oleh grup K-pop atau artis setelah penampilan utama mereka di konser sebagai respons terhadap permintaan penggemar.
Album repackaged: Versi terbaru dari album sebelumnya dengan penambahan beberapa lagu baru serta perubahan dalam desain dan konsep.
M/V (Music Video): Video musik yang diproduksi untuk mendukung perilisan lagu K-pop.
Center: Anggota yang mendapatkan sorotan paling banyak dalam koreografi atau promosi grup K-pop.
Line distribution: Distribusi garis vokal dalam sebuah lagu K-pop di antara anggota grup, yang menunjukkan seberapa banyak waktu yang diberikan kepada masing-masing anggota dalam bernyanyi.

Daesang: Penghargaan tertinggi dalam industri K-pop yang diberikan kepada artis atau grup yang mencapai kesuksesan yang luar biasa dalam kategori-kategori tertentu.
Omona: Ungkapan dalam bahasa Korea yang digunakan untuk mengekspresikan kejutan, kegembiraan, atau ketidakpercayaan.
Fan chant: Serangkaian teriakan atau nyanyian khusus yang diatur oleh penggemar selama penampilan grup K-pop untuk mendukung mereka.
Trainee: Seseorang yang sedang menjalani pelatihan intensif di bawah agensi hiburan K-pop dengan harapan menjadi seorang artis debut.
Debut: Pertama kali seorang grup atau artis K-pop merilis lagu dan melakukan promosi resmi di industri musik.
Visual Line: Barisan anggota dalam grup K-pop yang terkenal karena penampilan mereka yang menarik dan visual yang menonjol.
Hallyu: Gelombang budaya Korea yang merujuk pada popularitas global yang signifikan dari musik, drama, film, dan mode Korea.
Variety show: Program televisi yang menampilkan artis K-pop dalam berbagai situasi dan permainan untuk hiburan penggemar.
Choreography: Serangkaian gerakan tari yang diatur dan dilakukan oleh grup K-pop selama penampilan lagu mereka.
Music show: Program televisi yang menampilkan penampilan langsung dari grup K-pop dan memberikan penghargaan kepada mereka berdasarkan popularitas dan prestasi musik mereka.

Semoga bermanfaat gess… Salam, Glosarium.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *