Glosarium Car Free Day

  1. Hari Bebas Kendaraan Bermotor: Hari di mana kendaraan bermotor dilarang masuk ke area tertentu untuk mendorong masyarakat menggunakan transportasi berkelanjutan.
  2. Jalan Raya: Jalan yang digunakan untuk lalu lintas kendaraan bermotor dan pejalan kaki.
  3. Area Car Free Day: Area atau jalan tertentu yang ditutup untuk kendaraan bermotor pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor.
  4. Lintas Pejalan Kaki: Ruang khusus pada jalan raya yang diperuntukkan bagi pejalan kaki.
  5. Sepeda: Kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh tenaga manusia.
  6. Sepeda Listrik: Sepeda yang dilengkapi dengan motor listrik sebagai bantuan tenaga.
  7. Transportasi Publik: Sistem transportasi yang dioperasikan oleh pemerintah atau swasta untuk digunakan oleh umum, seperti bus, kereta api, dan angkutan umum lainnya.
  8. Ketergantungan terhadap Kendaraan Bermotor: Kondisi di mana masyarakat sangat bergantung pada kendaraan bermotor untuk mobilitas sehari-hari.
  9. Transportasi Berkelanjutan: Sistem transportasi yang ramah lingkungan, efisien, dan berkelanjutan, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi publik. Glosarium.org
  10. Polusi Udara: Kontaminasi udara akibat emisi dari kendaraan bermotor dan faktor lainnya yang dapat membahayakan kesehatan manusia.
  11. Parkir Kendaraan: Tempat khusus yang disediakan untuk menghentikan dan memarkirkan kendaraan bermotor.
  12. Pejalan Kaki: Orang yang berjalan kaki sebagai sarana transportasi.
  13. Rekreasi Publik: Aktivitas olahraga atau hiburan yang dilakukan di area terbuka yang bebas kendaraan bermotor pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor.
  14. Greenway: Ruang terbuka hijau yang dirancang untuk berjalan kaki, bersepeda, atau rekreasi lainnya.
  15. Transportasi Ramah Lingkungan: Sistem transportasi yang berkontribusi minim terhadap kerusakan lingkungan, seperti kendaraan listrik atau transportasi publik yang efisien.
  16. Berkendara Berbagi: Praktik berbagi kendaraan dengan orang lain, seperti carpooling atau ride-sharing, untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan.
  17. Transportasi Berbasis Komunitas: Sistem transportasi yang dikembangkan dan dioperasikan oleh masyarakat setempat, sering kali melibatkan kendaraan berkeliling atau layanan angkutan berbasis komunitas.
  18. Ruang Terbuka Publik: Area atau tempat di kota yang disediakan untuk kegiatan publik dan interaksi sosial, seperti taman, lapangan, atau alun-alun.
  19. Kampung Car Free Day: Inisiatif lokal di suatu kampung atau lingkungan untuk mengadakan Car Free Day di jalan-jalan setempat.
  20. Angkutan Berbasis Sepeda: Sistem transportasi yang menggunakan sepeda atau sepeda listrik sebagai sarana utama, seperti bike-sharing atau ojek berbasis sepeda.
  21. Jalan Raya Hijau: Konsep desain jalan yang mengintegrasikan elemen hijau, seperti taman linear atau ruang terbuka hijau, untuk memberikan lingkungan yang lebih nyaman bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda.
  22. Parkir Terpadu: Sistem parkir yang mengintegrasikan area parkir yang terpusat dan berbagi untuk mengurangi kepadatan parkir di area perkotaan.
  23. Transportasi Alternatif: Pilihan transportasi selain kendaraan pribadi, seperti berjalan kaki, bersepeda, menggunakan transportasi publik, atau kendaraan berbasis komunitas.
  24. Kegiatan Budaya: Acara atau pertunjukan seni dan budaya yang diadakan di area Car Free Day untuk menghidupkan suasana dan mempromosikan keanekaragaman budaya lokal.
  25. Penutupan Jalan Bertahap: Pendekatan yang dilakukan untuk secara bertahap menutup sebagian atau seluruh jalan-jalan tertentu untuk kendaraan bermotor, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.
  26. Transportasi Ramah Anak: Rancangan transportasi dan jalan yang aman dan nyaman bagi anak-anak, dengan mempertimbangkan kebutuhan mereka dalam mobilitas sehari-hari.
  27. Promosi Gaya Hidup Aktif: Kampanye dan kegiatan yang mendorong masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup yang aktif, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berpartisipasi dalam kegiatan fisik.
  28. Monitoring Lalu Lintas: Pengawasan dan pemantauan secara teratur terhadap pola lalu lintas di area Car Free Day untuk mengidentifikasi perubahan dan meningkatkan pengaturan lalu lintas yang efektif.
  29. Transportasi Kolektif: Sistem transportasi di mana penumpang berbagi kendaraan yang sama, seperti bus, kereta api, atau kapal laut, untuk mencapai tujuan yang sama.
  30. Mitigasi Kemacetan: Upaya untuk mengurangi atau mencegah kemacetan lalu lintas, baik melalui pengaturan lalu lintas yang lebih efisien, transportasi berkelanjutan, atau alternatif lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *