Glosarium Bandara: X

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
X-ray MachineMesin X-raySebuah perangkat yang menggunakan sinar-X untuk memeriksa benda atau barang di dalam bagasi atau kargo.Mesin X-ray digunakan untuk memeriksa keamanan barang di bandara.
X-ray ScannerPemindai X-rayAlat yang menggunakan sinar-X untuk memindai dan menghasilkan gambar detil dari objek atau bagian tubuh.Pemindai X-ray digunakan untuk pemeriksaan keamanan penumpang.
Xenon LightsLampu XenonJenis lampu yang menggunakan gas xenon untuk menghasilkan cahaya yang terang dan intens.Lampu Xenon sering digunakan di landasan pacu bandara.
X WindAngin SilangAngin yang bertiup secara horizontal melintasi landasan pacu bandara, bisa menjadi tantangan bagi pesawat.Penerbangan terkadang terpengaruh oleh angin silang.
X CoordinatesKoordinat XSistem koordinat kartesian yang menunjukkan posisi horizontal suatu objek atau lokasi di bandara.Koordinat X digunakan untuk menentukan letak pesawat di landasan pacu.
X-gateGerbang XPintu keluar atau masuk di bandara yang digunakan untuk penerbangan internasional atau penerbangan khusus.Penumpang harus menuju gerbang X untuk penerbangan internasional.
Xerophyte PlantsTanaman XerofitTanaman yang dapat bertahan hidup dalam kondisi lingkungan bandara yang kering dan minim air.Tanaman xerofit sering ditanam di sekitar area bandara.
X-band RadarRadar X-bandSistem radar dengan gelombang mikro X-band yang digunakan untuk mendeteksi pesawat dan objek di udara.Radar X-band membantu mengawasi aktivitas udara di sekitar bandara.
XML (Extensible Markup Language)XML (Bahasa Pemmarkupan yang Dapat Diperluas)Sejenis bahasa markup yang digunakan untuk pertukaran data antar sistem di lingkungan bandara.XML sering digunakan dalam sistem informasi bandara untuk pertukaran data.
X-CheckPemeriksaan EkstraProses pemeriksaan tambahan yang dapat diterapkan oleh pihak bandara untuk keamanan ekstra.Beberapa penumpang mungkin melewati pemeriksaan ekstra (X-check) di bandara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *