Glosarium Bandara: V (VIP, VOR, Visual,…)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
VFR (Visual Flight Rules)Aturan Penerbangan VisualAturan penerbangan yang memungkinkan pilot mengendalikan pesawat dengan mengandalkan pandangan langsung, tanpa bantuan peralatan khusus.Pilot menggunakan VFR saat kondisi cuaca memungkinkan pandangan visual.
VIP LoungeRuang Tunggu VIPRuangan khusus di bandara yang disediakan untuk penumpang kelas VIP atau eksekutif.Selebriti dan pejabat sering menggunakan VIP Lounge untuk kenyamanan ekstra.
VOR (VHF Omnidirectional Range)Rentang Omnidirectional VHFSistem navigasi pesawat yang menggunakan sinyal radio untuk menentukan arah dan jarak dari stasiun pemancar darat.Pesawat dapat mengandalkan VOR untuk navigasi presisi.
VectoringPemberian ArahProses pandu arah pesawat oleh petugas lalu lintas udara (ATC) menggunakan instruksi kursus yang spesifik.ATC memberikan vektor untuk mengarahkan pesawat ke jalur pendaratan.
Visual ApproachPendekatan VisualMetode pendekatan pesawat ke landasan pacu berdasarkan pandangan visual pilot tanpa menggunakan panduan instrumen.Pilot menggunakan visual approach saat cuaca memungkinkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *