Glosarium Bandara: U

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
RunwayLandasan PacuLandasan tempat pesawat lepas landas dan mendarat.Landasan pacu utama bandara Internasional Soekarno-Hatta.
TerminalTerminalBangunan tempat penumpang check-in, boarding, dan arrivals.Terminal 2 bandara Juanda merupakan yang terbaru.
CustomsBea CukaiPihak yang mengawasi dan mengurus barang impor dan ekspor.Penumpang harus melewati pemeriksaan bea cukai.
ApronApronArea di bandara tempat parkir, muat, dan bongkar pesawat.Pesawat sedang berada di apron untuk penumpukan penumpang.
Baggage ClaimTempat Pengambilan BagasiLokasi di terminal di mana penumpang mengambil bagasi.Penumpang dapat mengambil bagasi mereka di baggage claim.
Uncontrolled AirspaceRuang Udara Tak TerkendaliArea di mana pesawat tidak diatur oleh kontrol lalu lintas udara.Beberapa daerah pedalaman memiliki uncontrolled airspace.
User FeeBiaya PenggunaBiaya yang dibebankan kepada pengguna layanan bandara.User fee digunakan untuk pemeliharaan fasilitas bandara.
UTC (Coordinated Universal Time)Waktu Universal TerkoordinasiStandar waktu dunia yang digunakan di penerbangan.Jadwal penerbangan disesuaikan dengan UTC.
UndercarriageRoda PendaratanSistem roda pesawat yang termasuk roda utama dan nose wheel.Undercarriage pesawat harus diperiksa sebelum lepas landas.
ULD (Unit Load Device)Kontainer PesawatKontainer yang digunakan untuk memuat kargo di pesawat.ULD memudahkan penanganan kargo di bandara.
English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
UnicomKomunikasi UnicomFrekuensi radio yang digunakan untuk komunikasi non-kedirgantaraan di bandara.Pilot menggunakan frekuensi Unicom untuk berkomunikasi di apron.
U-turnPutar BalikManuver pesawat untuk berputar arah di landasan pacu.Pesawat melakukan U-turn setelah mendarat untuk kembali ke terminal.
Ultralight AircraftPesawat UltraringanPesawat ringan yang biasanya digunakan untuk rekreasi.Pesawat ultraringan sering terlihat di daerah penerbangan kecil.
Unpaved RunwayLandasan Pacu TanahLandasan pacu yang tidak memiliki penutup aspal atau beton.Beberapa bandara kecil masih menggunakan landasan pacu tanah.
UpliftPenambahan Bahan BakarProses menambahkan bahan bakar ke pesawat sebelum penerbangan.Uplift harus sesuai dengan kebutuhan bahan bakar pesawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *