Glosarium Bandara: T (Terminal, Takeoff, Ticket,…)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
TerminalTerminalBagian di bandara yang digunakan untuk kedatangan atau keberangkatan penumpang.Penumpang menuju ke Terminal 2 untuk keberangkatan internasional.
TaxiwayTaxiwayJalur di bandara yang digunakan oleh pesawat untuk menuju landasan pacu atau terminal.Pesawat sedang taxi menuju landasan pacu.
TarmacTarmacPermukaan padat di bandara tempat pesawat parkir, bongkar muat, dan melakukan persiapan sebelum terbang.Pesawat sedang parkir di tarmac bandara.
TowerMenaraStruktur tinggi di bandara yang berfungsi sebagai pusat pengendalian lalu lintas udara.Kontrol menara memberikan izin lepas landas kepada pesawat.
TakeoffLepas LandasProses di mana pesawat meninggalkan landasan pacu untuk terbang.Pesawat akan melakukan takeoff dalam beberapa menit.
TicketTiketDokumen yang membuktikan bahwa seseorang memiliki hak untuk naik pesawat atau menggunakan layanan transportasi lainnya.Saya harus mencetak tiket penerbangan saya sebelum berangkat.
TransitTransitKeadaan di mana penumpang harus berpindah dari satu pesawat ke pesawat lainnya untuk mencapai tujuan akhir.Saya akan transit di Bandara Changi selama dua jam.
Terminal BuildingGedung TerminalBangunan di bandara yang menyediakan fasilitas untuk penumpang seperti check-in, keberangkatan, dan kedatangan.Gedung terminal baru bandara sangat modern.
TurbulenceTurbulensiGangguan gerakan udara yang bisa dirasakan oleh pesawat dan penumpang selama penerbangan.Pesawat mengalami turbulence ketika mendekati badai.
Traffic ControlPengendalian Lalu LintasSistem yang mengatur dan mengawasi pergerakan pesawat di landasan pacu dan sekitarnya.Pengendalian lalu lintas memastikan keselamatan penerbangan.
Terminal GateGerbang TerminalPosisi parkir pesawat di terminal yang digunakan untuk proses keberangkatan dan kedatangan.Saya harus menuju gerbang terminal 4 untuk penerbangan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *