Glosarium Bandara: M (Maintenance, Meteorology, Medical)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
MaintenancePemeliharaanKegiatan menjaga agar bandara tetap beroperasiPemeliharaan landasan pacu dilakukan rutin setiap tahun.
MeteorologyMeteorologiIlmu yang mempelajari kondisi atmosferMeteorologi bandara membantu dalam pengaturan penerbangan.
Movement AreaArea GerakBagian bandara tempat pesawat bergerakPilot harus mematuhi aturan di area gerak bandara.
Magnetic VariationVariasi MagnetikPerbedaan antara arah sebenarnya dan arah magnetikVariasi magnetik di daerah bandara tersebut cukup signifikan.
MinimumsMinimumNilai atau kondisi minimum yang harus dipenuhiPenerbangan malam membutuhkan minimum pencahayaan tertentu.
Meet and GreetSambut dan SapaLayanan penyambutan penumpang di bandaraBandara menyediakan fasilitas sambut dan sapa di area kedatangan.
Medical EmergencyDarurat MedisKeadaan darurat kesehatan yang memerlukan penanganan medisBandara dilengkapi dengan fasilitas penanganan darurat medis.
Mobile LoungeLounge BergerakFasilitas transportasi penumpang di bandaraBandara memiliki mobile lounge untuk memudahkan penumpang transit.
Movement Area BoundaryBatas Area GerakGaris pembatas area gerak pesawat di bandaraPilot harus mematuhi batas area gerak yang telah ditentukan.
Meteorological OfficeKantor MeteorologiTempat di bandara yang menyediakan informasi cuacaKantor meteorologi memberikan pembaruan cuaca setiap jam.
Manifold PressureTekanan ManifoldTekanan udara di mesin pesawatTekanan manifold harus dalam rentang yang aman selama penerbangan.
MarkingsMarkaTanda atau garis pada landasan pacu bandaraMarka pada landasan pacu membantu pilot dalam navigasi.
Military AircraftPesawat MiliterPesawat yang digunakan oleh militerAdanya pesawat militer dapat mempengaruhi jadwal penerbangan sipil.
Magnetic CompassKompas MagnetikAlat navigasi menggunakan medan magnetPilot menggunakan kompas magnetik untuk menentukan arah.
Medium-sized AircraftPesawat SedangKategori pesawat dengan ukuran sedangPesawat sedang biasanya digunakan untuk penerbangan regional.
Meteorological ConditionsKondisi MeteorologiKeadaan cuaca dan atmosfer di sekitar bandaraPilot harus mempertimbangkan kondisi meteorologi sebelum take-off.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *