Glosarium Bandara: K (Kiosk, Knot, Key)

English TermPadanan IndonesiaDeskripsi PengertianContoh
KioskTerminal MandiriKiosk merupakan mesin otomatis yang digunakan untuk berbagai tujuan, seperti check-in atau pembelian tiket.Di bandara, penumpang dapat menggunakan kiosk untuk melakukan check-in sendiri.
KnotSimpulKnot adalah suatu ikatan atau simpul pada tali yang digunakan untuk berbagai keperluan di bandara.Petugas darat biasanya menggunakan berbagai jenis simpul untuk mengamankan muatan pesawat.
KeroseneMinyak TanahKerosene, atau minyak tanah, digunakan sebagai bahan bakar untuk lampu landasan pacu di bandara.Lampu landasan pacu diberdayakan oleh minyak tanah agar dapat memberikan penerangan optimal.
RunwayLandasan PacuRunway adalah jalur tempat pesawat lepas landas dan mendarat di bandara.Landasan pacu memiliki panjang tertentu untuk menampung berbagai jenis pesawat.
KeypadPapan TombolKeypad adalah papan tombol yang digunakan untuk memasukkan kode atau informasi pada perangkat di bandara.Petugas keamanan menggunakan keypad untuk mengakses area terbatas.
Baggage CarouselBelt Pengangkut BarangBaggage carousel adalah conveyor belt tempat penumpang mengambil bagasi mereka setelah tiba di bandara.Di bandara, penumpang menunggu di depan belt pengangkut barang untuk mengambil koper mereka.
KnockdownTakedownKnockdown merujuk pada kemampuan untuk merakit atau membongkar suatu struktur di bandara.Hangar pesawat memiliki desain knockdown agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan perawatan pesawat.
Keycard AccessAkses Kartu KunciKeycard access adalah sistem keamanan yang menggunakan kartu kunci elektronik untuk membuka pintu di bandara.Staff bandara umumnya memiliki keycard access untuk masuk ke area terbatas.
CustomsBea CukaiCustoms atau bea cukai adalah proses pemeriksaan dan pengawasan barang impor dan ekspor di bandara.Barang-barang yang melewati bandara harus melewati proses pemeriksaan oleh petugas bea cukai.
KilogramKilogramKilogram digunakan sebagai satuan berat untuk mengukur bagasi dan kargo di bandara.Batasan berat bagasi biasanya dinyatakan dalam kilogram.
KickbackInsentifKickback adalah bentuk insentif atau komisi yang mungkin diberikan kepada pihak tertentu di bandara.Vendor di bandara mungkin memberikan kickback kepada pihak bandara untuk mendapatkan izin berjualan.
Kiosk Check-inCheck-in MandiriKiosk check-in memungkinkan penumpang untuk melakukan proses check-in sendiri di bandara.Maskapai penerbangan menyediakan kiosk check-in untuk meningkatkan efisiensi layanan.
Knee DefenderPelindung LututKnee defender adalah perangkat kecil yang digunakan untuk mengunci posisi kursi di pesawat.Beberapa penumpang menggunakan knee defender untuk mencegah kursi di depannya direbahkan.
Kitty HawkKitty HawkKitty Hawk adalah panggilan radio untuk memberi tahu pesawat bahwa mereka telah melewati titik tertentu.Pilot memberikan laporan menggunakan panggilan radio “Kitty Hawk” selama penerbangan.
Kerosene HeaterPemanas Minyak TanahKerosene heater adalah perangkat pemanas yang menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar di bandara.Pemanas minyak tanah digunakan di area terbuka bandara untuk memberikan kenyamanan pada cuaca dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *