Daftar Peristilahan Dalam Game Arcade

  1. 1-Up: Kehidupan tambahan yang diberikan kepada pemain setelah mencapai sejumlah skor tertentu.
  2. 2D Side-Scrolling: Jenis permainan di mana aksi terjadi di satu bidang dengan karakter bergerak dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
  3. 3D First-Person: Jenis permainan di mana pemain mengalami pandangan dari perspektif orang pertama dan mengendalikan karakter dari sudut pandang itu.
  4. Arcade Cabinet: Rangkaian mesin arcade yang mencakup layar, kontrol, dan sistem permainan dalam satu unit.
  5. Beat ‘em Up: Genre permainan di mana pemain menghadapi banyak musuh dalam aksi berkelompok dan harus mengalahkan mereka untuk melanjutkan.
  6. Boss: Musuh kuat yang harus dikalahkan oleh pemain di akhir tingkatan.
  7. Co-op (Kerja Sama): Mode permainan di mana dua pemain atau lebih bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.
  8. Coin-op: Kepanjangan dari “coin-operated” yang mengacu pada mesin atau permainan yang beroperasi dengan menggunakan koin atau token.
  9. Combo: Serangkaian gerakan atau serangan yang dilakukan secara berurutan untuk menghasilkan serangan yang lebih kuat.
  10. Continue: Opsi untuk melanjutkan permainan setelah mendapat Game Over dengan memasukkan lebih banyak koin atau token.
  11. Easter Egg: Rahasia atau elemen tersembunyi dalam permainan yang tidak diumumkan secara resmi dan seringkali memberikan hadiah atau easter egg lainnya.
  12. Emulator: Program yang memungkinkan permainan arcade lama atau konsol game untuk dimainkan pada platform modern, seperti PC.
  13. Free-to-Play: Model permainan di mana pemain bisa memainkan game secara gratis, tetapi ada opsi untuk membeli item atau fitur tambahan.
  14. Game Design: Proses merancang dan mengembangkan mekanik, level, dan alur cerita dalam permainan.
  15. Game Over Screen: Layar yang muncul ketika pemain kalah dalam permainan dengan pesan “Game Over.”
  16. Game Over: Pesan yang muncul ketika pemain kalah dalam permainan dan kehilangan kesempatan untuk bermain lagi.
  17. Gamepad: Alat kontrol yang digunakan untuk memainkan game di konsol atau komputer.
  18. High Score: Skor tertinggi yang pernah dicapai oleh pemain dalam satu sesi permainan.
  19. Joystick: Pengendali berbentuk tongkat yang digunakan untuk menggerakkan karakter atau objek dalam permainan.
  20. Jukebox: Mesin pemutar musik yang terdapat di beberapa tempat arcade untuk memutar lagu-lagu populer.
  21. Koin: Mata uang fisik yang digunakan untuk memulai permainan di mesin arcade. Glosarium.org
  22. Leaderboard: Tabel peringkat yang menampilkan skor tertinggi para pemain dalam permainan.
  23. Level: Tingkatan atau tahap dalam permainan yang semakin meningkatkan tingkat kesulitan.
  24. Mini-Game: Permainan sederhana yang berada dalam permainan utama dan berfungsi sebagai variasi atau tambahan.
  25. Multiplayer: Mode permainan di mana dua atau lebih pemain bisa bermain bersama dalam satu sesi.
  26. Pay-to-Win: Model permainan di mana pemain dapat membayar untuk memperoleh keuntungan atau kekuatan yang signifikan dalam permainan.
  27. Permainan Arcade: Game yang dimainkan di mesin arcade dengan koin atau token sebagai alat pembayaran. Biasanya terdiri dari permainan klasik seperti platform, tembak-menembak, dan permainan balap.
  28. Pinball: Permainan di mana pemain mengontrol bola logam melalui papan khusus dengan menggunakan tuas dan tombol.
  29. Pixel Art: Gaya seni yang menggunakan piksel sebagai elemen dasarnya, sering digunakan dalam permainan arcade klasik.
  30. Platformer: Genre permainan di mana pemain mengendalikan karakter untuk melompat dari satu platform ke platform lainnya untuk mencapai tujuan.
  31. Power-up: Item khusus yang ditemukan dalam permainan dan memberikan keuntungan atau kekuatan tambahan kepada pemain.
  32. Redemption Game: Jenis permainan arcade di mana pemain bisa mendapatkan tiket atau poin untuk ditukarkan dengan hadiah.
  33. Reset: Mengulang permainan dari awal atau memulai sesi permainan baru.
  34. Shoot ‘em Up: Jenis permainan tembak-menembak di mana pemain menghadapi gelombang musuh yang datang sambil menghindari tembakan mereka.
  35. Simulator: Jenis permainan yang mensimulasikan pengalaman dunia nyata, seperti simulator penerbangan atau simulator mengemudi.
  36. Soundtrack: Kumpulan musik dan efek suara yang digunakan dalam permainan.
  37. Ticket: Karcis atau kupon yang diberikan kepada pemain setelah menyelesaikan permainan tertentu. Kumpulkan tiket untuk ditukarkan dengan hadiah.
  38. Token: Pengganti koin dalam bentuk cakram plastik atau logam yang digunakan untuk mengakses permainan di mesin arcade.
  39. Tombol: Pada mesin arcade, tombol-tombol ini berfungsi sebagai pengendali tambahan untuk melakukan tindakan khusus dalam permainan.
  40. Versus (Pertarungan): Mode permainan di mana dua pemain berduel atau bertarung satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *