Daftar Istilah Pempek

  1. Adaan/Adem: Varian pempek yang lebih kecil dan biasanya disajikan dalam jumlah banyak. Ukurannya lebih kecil dari pempek biasa.
  2. Cuka: Saus yang digunakan sebagai pelengkap pempek. Cuka ini terbuat dari air, gula, garam, cabai, dan ebi yang dihaluskan.
  3. Cuko Kental: Varian kuah cuka yang lebih pekat dan kental. Biasanya digunakan untuk menyiram pempek kapal selam.
  4. Emping Pempek: Camilan yang terbuat dari adonan pempek yang dikeringkan dan digoreng hingga renyah, mirip dengan kerupuk pempek, tetapi memiliki bentuk lebih datar.
  5. Ikan Tenggiri: Jenis ikan yang sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan pempek. Dagingnya yang putih, lembut, dan rendah lemak membuatnya menjadi pilihan yang ideal.
  6. Kapal Selam: Varian pempek yang berbentuk seperti selongsong dengan isian telur, udang, atau ikan tenggiri di dalamnya.
  7. Kerupuk Pempek: Camilan yang terbuat dari kulit pempek yang dikeringkan dan digoreng hingga kering dan renyah.
  8. Kuah Cuko: Kuah khas yang biasanya disiramkan di atas pempek sebelum disantap. Terbuat dari campuran cuka, air, gula merah, cabai rawit, bawang putih, ebi, dan garam.
  9. Kuah Eksper: Kuah cuka dengan tambahan bumbu seperti ebi, bawang putih, dan cabai yang memberikan rasa lebih kaya dan kompleks.
  10. Kuah Kental: Varian kuah cuko yang lebih kental dengan tambahan tepung sagu untuk memberikan tekstur yang lebih padat.
  11. Kuah Palembang: Saus kental berwarna hitam yang terbuat dari campuran terasi, gula aren, cabai, bawang putih, dan bawang merah. Kadang-kadang disajikan sebagai alternatif cuka untuk pempek.
  12. Kucai: Bawang prei atau daun bawang yang digunakan sebagai hiasan pempek atau pelengkap hidangan pempek.
  13. Kulit: Sisa pempek yang berada di bagian luar ketika proses pembuatan pempek. Biasanya diolah menjadi kerupuk pempek.
  14. Lenjer: Varian pempek yang berbentuk panjang dan pipih. Berbeda dengan pempek biasa yang berbentuk bulat atau lonjong.
  15. Mie Pempek: Varian pempek yang menggunakan mie sebagai pengganti tepung dalam pembuatannya.
  16. Pempek Kulit: Varian pempek yang dibuat dari kulit ikan yang diolah menjadi adonan pempek.
  17. Pempek Lenjeran: Varian pempek lenjer yang diberi tambahan isian seperti telur, tahu, atau jamur.
  18. Pempek Model: Pempek dengan bentuk yang unik dan kreatif, seperti bentuk ikan, burung, atau karakter lainnya.
  19. Pempek Panggang: Alternatif pempek yang tidak digoreng, tetapi dipanggang di dalam oven atau pemanggang.
  20. Pempek: Makanan khas Palembang berbentuk bulat atau lonjong, terbuat dari ikan yang digiling halus dan campuran tepung sagu serta bumbu rempah. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang khas.
  21. Tepung Sagu: Bahan utama dalam pembuatan pempek, tepung sagu berperan penting dalam memberikan tekstur kenyal pada pempek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *