Daftar Istilah pada Novel Science Fiction

  1. Alien Abduction: Penculikan atau pengambilan oleh makhluk luar angkasa terhadap manusia atau hewan.
  2. Alien Invasion: Ketika makhluk luar angkasa menyerang atau menginvasi Bumi atau koloni manusia di ruang angkasa.
  3. Alien: Makhluk luar angkasa atau bentuk kehidupan ekstraterestrial yang tidak berasal dari Bumi.
  4. Alternative Future: Dunia paralel atau realitas alternatif yang berbeda dari sejarah yang kita ketahui.
  5. Android: Robot yang dirancang menyerupai manusia, termasuk penampilan fisik dan kemampuan berinteraksi sosial.
  6. Anti-Gravity Technology: Teknologi hipotetis yang menghilangkan atau mengurangi efek gravitasi pada objek.
  7. Artificial Intelligence: Kecerdasan yang ditiru atau diciptakan dalam mesin atau komputer.
  8. Biohacking: Praktik eksperimen biologis atau modifikasi tubuh dengan menggunakan teknologi dan ilmu pengetahuan.
  9. Biotechnology: Penggunaan biologi dan genetika untuk menciptakan produk dan teknologi baru.
  10. Bioteknologi: Penggunaan biologi dan genetika untuk menciptakan produk dan teknologi baru.
  11. Brain Imaging: Teknologi yang memungkinkan citra dari aktivitas otak seseorang untuk diidentifikasi dan direkam.
  12. Brain Implants: Pemasangan teknologi atau perangkat ke dalam otak manusia untuk meningkatkan kognisi atau kemampuan lainnya.
  13. Cloning: Proses menciptakan makhluk hidup dengan reproduksi aseksual yang identik dengan organisme sumbernya.
  14. Cryonics: Praktik membekukan tubuh seseorang setelah kematian dalam harapan akan dibangkitkan kembali di masa depan.
  15. Cybernetics: Studi tentang interaksi antara sistem mekanik dan biologis, terutama dalam konteks manusia dan mesin.
  16. Cyberspace: Istilah untuk dunia maya atau ruang virtual yang diciptakan oleh komputer dan jaringan internet.
  17. Cybersuit: Pakaian khusus yang meningkatkan kemampuan fisik dan/atau memberikan perlindungan di dunia maya atau di dunia nyata.
  18. Cyborg: Organisme yang menggabungkan bagian-bagian biologis dan mesin atau implantasi teknologi.
  19. Dunia Baru: Setting fiksi ilmiah yang menggambarkan masyarakat atau lingkungan yang berbeda dari dunia nyata, seringkali dengan teknologi yang canggih atau perubahan sosial yang signifikan.
  20. Dystopia: Pemandangan atau masyarakat masa depan yang gelap, opresif, dan penuh ketidakadilan.
  21. Energy Weapons: Senjata yang menggunakan energi sebagai amunisi, seperti laser atau blaster.
  22. Exoskeleton: Struktur luar tubuh yang dipakai untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan fisik manusia.
  23. Fiksi Ilmiah: Genre sastra yang berfokus pada aspek ilmiah, teknologi maju, atau peristiwa futuristik yang belum terjadi.
  24. Galactic Empire: Pemerintahan yang menguasai seluruh galaksi atau sejumlah besar sistem bintang.
  25. Genetic Engineering: Rekayasa genetika untuk mengubah atau memodifikasi DNA organisme.
  26. Genetic Enhancement: Modifikasi genetik manusia untuk meningkatkan kemampuan fisik atau kognitif.
  27. Genetics: Studi tentang pewarisan sifat dan karakteristik melalui gen dan DNA.
  28. Genetika: Studi tentang pewarisan sifat dan karakteristik melalui gen dan DNA.
  29. Holodeck Technology: Teknologi simulasi canggih yang menciptakan lingkungan virtual dan interaktif yang menyerupai realitas.
  30. Hologram: Proyeksi tiga dimensi dari objek atau orang yang menciptakan ilusi visual.
  31. Implan Otak: Pemasangan teknologi atau perangkat ke dalam otak manusia untuk meningkatkan kognisi atau kemampuan lainnya.
  32. Intelijensi Buatan: Kecerdasan yang ditiru atau diciptakan dalam mesin atau komputer.
  33. Intelijensi Superior: Kecerdasan yang jauh melebihi tingkat kecerdasan manusia.
  34. Interstellar Travel: Perjalanan luar angkasa yang melibatkan perjalanan antar bintang.
  35. Invasi Alien: Ketika makhluk luar angkasa menyerang atau menginvasi Bumi atau koloni manusia di ruang angkasa.
  36. Kapal Antariksa: Kendaraan dirancang untuk perjalanan luar angkasa, membawa kru atau muatan ke berbagai planet atau bintang.
  37. Kecerdasan Swarm: Grup entitas kecil atau robot yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan tertentu.
  38. Kehidupan Buatan: Makhluk hidup yang diciptakan oleh manusia, seperti makhluk sintetis atau organisme rekayasa genetika.
  39. Kekuatan Anti-Gravitasi: Teknologi hipotetis yang menghilangkan atau mengurangi efek gravitasi pada objek.
  40. Kekuatan Super: Kemampuan luar biasa yang melebihi batas manusia normal, seperti kekuatan fisik yang besar, telekinesis, atau kecepatan tinggi.
  41. Kelongsong Energi: Perlengkapan khusus yang digunakan untuk menyimpan dan melepaskan energi untuk keperluan seperti senjata atau perlindungan.
  42. Kloning: Proses menciptakan makhluk hidup dengan reproduksi aseksual yang identik dengan organisme sumbernya.
  43. Koloni Antariksa: Permukiman manusia di luar Bumi, biasanya di planet lain atau di stasiun luar angkasa.
  44. Masa Depan Alternatif: Dunia paralel atau realitas alternatif yang berbeda dari sejarah yang kita ketahui.
  45. Mind Control: Teknologi atau kekuatan supernatural yang memungkinkan seseorang untuk mengendalikan pikiran atau tindakan orang lain.
  46. Mind Transfer: Proses mentransfer kesadaran atau pikiran seseorang dari tubuhnya ke wadah atau medium lain.
  47. Mutasi: Perubahan genetik atau evolusi yang menyebabkan perubahan fisik atau kemampuan dalam organisme.
  48. Mutation: Perubahan genetik atau evolusi yang menyebabkan perubahan fisik atau kemampuan dalam organisme.
  49. Nanomedicine: Penggunaan nanoteknologi untuk tujuan medis, seperti pengiriman obat atau perawatan penyakit.
  50. Nanotechnology: Teknologi yang menggunakan struktur dan material pada skala nanometer untuk menciptakan perangkat dan sistem yang sangat kecil dan canggih.
  51. Nanoteknologi: Teknologi yang menggunakan struktur dan material pada skala nanometer untuk menciptakan perangkat dan sistem yang sangat kecil dan canggih.
  52. Neural Interface: Antarmuka yang menghubungkan otak manusia dengan mesin atau komputer untuk pertukaran informasi.
  53. New World: Setting fiksi ilmiah yang menggambarkan masyarakat atau lingkungan yang berbeda dari dunia nyata, seringkali dengan teknologi yang canggih atau perubahan sosial yang signifikan.
  54. Pencitraan Otak: Teknologi yang memungkinkan citra dari aktivitas otak seseorang untuk diidentifikasi dan direkam.
  55. Perang Antariksa: Konflik bersenjata yang terjadi di luar angkasa antara bangsa-bangsa atau peradaban berbeda.
  56. Perjalanan Waktu: Kemampuan untuk bergerak maju atau mundur dalam waktu, mengubah masa lalu atau masa depan.
  57. Quantum Computing: Jenis komputasi yang menggunakan prinsip-prinsip mekanika kuantum untuk menghitung lebih cepat daripada komputer konvensional.
  58. Replikator: Teknologi yang dapat menciptakan objek fisik dengan menyalin dan mereplikasi pola materi.
  59. Revolusi Robotika: Peristiwa di masa depan di mana robot memiliki kecerdasan dan kemandirian yang sama dengan manusia.
  60. Robot Revolution: Peristiwa di masa depan di mana robot memiliki kecerdasan dan kemandirian yang sama dengan manusia.
  61. Robot: Entitas buatan manusia dengan kecerdasan buatan yang dapat berfungsi secara mandiri atau membantu manusia dalam berbagai tugas.
  62. Science Fiction: Genre sastra yang berfokus pada aspek ilmiah, teknologi maju, atau peristiwa futuristik yang belum terjadi.
  63. Senjata Energi: Senjata yang menggunakan energi sebagai amunisi, seperti laser atau blaster.
  64. Simulasi Kenyataan Virtual: Realitas buatan yang menciptakan lingkungan dan pengalaman yang terasa nyata, sering digunakan untuk hiburan atau pelatihan.
  65. Simulasi Realitas: Teknologi yang menciptakan pengalaman sensorik dan emosional yang mirip dengan realitas, sering digunakan dalam pelatihan atau hiburan.
  66. Singularitas: Titik atau peristiwa di mana hukum fisika konvensional tidak lagi berlaku, sering kali terkait dengan lubang hitam atau perkembangan teknologi yang tak terbatas.
  67. Singularity: Titik atau peristiwa di mana hukum fisika konvensional tidak lagi berlaku, sering kali terkait dengan lubang hitam atau perkembangan teknologi yang tak terbatas.
  68. Solar Sail: Teknologi pelayaran luar angkasa yang menggunakan tekanan cahaya matahari untuk mendorong kapal.
  69. Space Colony: Permukiman manusia di luar Bumi, biasanya di planet lain atau di stasiun luar angkasa.
  70. Space Elevator: Struktur fiksi ilmiah yang digunakan untuk mengangkut orang dan muatan dari permukaan bumi ke luar angkasa.
  71. Space War: Konflik bersenjata yang terjadi di luar angkasa antara bangsa-bangsa atau peradaban berbeda.
  72. Spaceship: Kendaraan dirancang untuk perjalanan luar angkasa, membawa kru atau muatan ke berbagai planet atau bintang.
  73. Superior Intelligence: Kecerdasan yang jauh melebihi tingkat kecerdasan manusia.
  74. Superpowers: Kemampuan luar biasa yang melebihi batas manusia normal, seperti kekuatan fisik yang besar, telekinesis, atau kecepatan tinggi.
  75. Swarm Intelligence: Grup entitas kecil atau robot yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan tertentu.
  76. Teknologi Holodek: Teknologi simulasi canggih yang menciptakan lingkungan virtual dan interaktif yang menyerupai realitas.
  77. Teknologi Transhumanisme: Integrasi teknologi dengan tubuh manusia untuk meningkatkan kemampuan fisik dan kognitif.
  78. Telekinesis: Kemampuan untuk memanipulasi objek dengan pikiran tanpa menyentuhnya secara fisik.
  79. Telepathy: Kemampuan untuk mentransfer pikiran dan emosi secara langsung antara individu tanpa menggunakan komunikasi verbal atau fisik.
  80. Telepati: Kemampuan untuk mentransfer pikiran dan emosi secara langsung antara individu tanpa menggunakan komunikasi verbal atau fisik.
  81. Teleportasi: Proses mentransfer objek atau individu dari satu tempat ke tempat lain secara instan.
  82. Teleportation: Proses mentransfer objek atau individu dari satu tempat ke tempat lain secara instan.
  83. Time Capsule: Wadah yang berisi informasi atau benda-benda penting yang dikuburkan atau ditempatkan untuk dibuka di masa depan.
  84. Time Dilation: Fenomena di mana waktu berjalan lebih lambat dalam kecepatan tinggi atau medan gravitasi yang kuat.
  85. Time Loop: Peristiwa atau situasi di mana seorang karakter terjebak dalam pengulangan peristiwa yang sama berulang kali.
  86. Time Machine: Alat atau perangkat yang memungkinkan perjalanan waktu ke masa lalu atau masa depan.
  87. Time Paradox: Situasi di mana perjalanan waktu menciptakan kontradiksi atau ketidaksesuaian dalam garis waktu dan peristiwa yang terjadi.
  88. Time Travel: Kemampuan untuk bergerak maju atau mundur dalam waktu, mengubah masa lalu atau masa depan.
  89. Utopia: Masyarakat ideal yang sangat maju dan adil dalam novel fiksi ilmiah.
  90. Virtual Assistant: Program atau kecerdasan buatan yang membantu pengguna dalam melakukan tugas-tugas tertentu, seperti Siri atau Alexa.
  91. Virtual Reality Simulation: Realitas buatan yang menciptakan lingkungan dan pengalaman yang terasa nyata, sering digunakan untuk hiburan atau pelatihan.
  92. Warp Drive: Teknologi fiksi ilmiah yang memungkinkan perjalanan luar angkasa dengan kecepatan melebihi cahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *