Daftar Istilah Mainan Lego

  1. 1×1 Round Plate: Bagian Lego berbentuk bulat dengan satu stud di atasnya, sering digunakan untuk menciptakan detail dan tekstur yang halus.
  2. AFOL (Adult Fan of Lego): Orang dewasa yang sangat menyukai Lego dan seringkali terlibat dalam komunitas Lego.
  3. Baseplate: Lembaran datar berukuran besar dengan studs di atasnya, digunakan sebagai dasar untuk membangun kreasimu.
  4. Bionicle: Seri Lego yang berfokus pada karakter dengan elemen fantasi dan alur cerita yang lebih mendalam.
  5. Blok Lego: Bagian dasar dari setiap konstruksi Lego, tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.
  6. Brick Separator Keychain: Versi kecil dari brick separator yang dapat digantung di kunci-kunci sebagai aksesori.
  7. Brick Separator Tool: Alat khusus yang membantu memisahkan blok Lego yang saling menempel dengan erat tanpa merusaknya.
  8. Brick Separator: Alat kecil yang berguna untuk membantu memisahkan blok-blok Lego yang saling menempel dengan erat.
  9. Brick-built Figure: Figur karakter yang dibuat sepenuhnya dari blok Lego tanpa menggunakan bagian figur standar.
  10. Brick-built: Ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang dibuat sepenuhnya dari blok Lego tanpa menggunakan bagian non-Lego.
  11. Brickfilm: Film atau animasi yang dibuat dengan menggunakan set Lego sebagai adegannya.
  12. Bricklink: Platform online yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan menukar bagian-bagian Lego.
  13. Bricks: Blok Lego berbentuk persegi panjang yang memungkinkan koneksi dan konstruksi yang kokoh.
  14. BURP (Big Ugly Rock Piece): Bagian besar yang meniru batu atau tebing yang sering digunakan dalam pengaturan lanskap Lego.
  15. BURP (Big Urban Road Plate): Plate besar yang meniru bagian dari jalan raya dalam pengaturan kota Lego.
  16. Display Stand: Alas atau tiang khusus yang digunakan untuk menampilkan dan mendukung model Lego yang besar atau berat.
  17. Duplo: Seri Lego yang lebih besar dan aman untuk balita, memungkinkan mereka untuk bermain dengan bagian-bagian Lego yang lebih besar.
  18. Jumper Plate: Plate yang memiliki stud tunggal di tengahnya, digunakan untuk mengubah arah konstruksi atau menyambungkan bagian secara tidak langsung.
  19. LDD (LEGO Digital Designer): Perangkat lunak resmi Lego yang memungkinkan pengguna merancang konstruksi Lego secara virtual.
  20. LDraw: Proyek perangkat lunak open-source yang menyediakan alat untuk merancang model Lego dalam format yang dapat digunakan oleh Stud.io dan LDD.
  21. LEGO Ideas: Program di mana penggemar dapat mengusulkan ide model Lego baru dan jika memenuhi syarat, dapat dijadikan set resmi oleh Lego.
  22. LPE (Lego Power Functions): Sistem tenaga baterai yang memungkinkan model Lego untuk bergerak atau memiliki fitur interaktif.
  23. LUG (Lego User Group): Kelompok penggemar Lego lokal atau regional yang berkumpul untuk berbagi minat dan kreasi mereka.
  24. LUGBulk (LEGO User Group Bulk): Program yang memungkinkan anggota kelompok penggemar Lego untuk membeli bagian Lego dalam jumlah besar dengan diskon.
  25. LXF File: Format file yang digunakan oleh Lego Digital Designer (LDD) untuk menyimpan desain model Lego.
  26. Microscale: Pendekatan desain Lego yang menggunakan skala yang lebih kecil untuk menciptakan model yang lebih kompak dan detail.
  27. Mindstorms: Seri produk Lego yang menyediakan komponen elektronik dan perangkat lunak pemrograman untuk membangun robot yang berfungsi.
  28. Minidoll: Versi figur manusia Lego yang lebih besar dan lebih detil, digunakan dalam tema-tema seperti Friends dan Disney Princess.
  29. Minifig Customization: Proses mengubah atau mengkustomisasi tampilan minifigur dengan cat atau aksesori tambahan.
  30. Minifigur: Figur manusia kecil dengan kepala, tubuh, dan kaki terpisah yang dapat digunakan untuk mewakili karakter dalam permainan.
  31. Minifigure Series: Seri khusus dari figur minifigur yang dirilis secara terpisah dari set utama dan seringkali memiliki tema yang unik.
  32. Miniland Scale: Skala khusus dalam dunia Lego yang menampilkan replika bangunan, kendaraan, dan tokoh dalam ukuran yang sesuai dengan skala Miniland di taman Legoland.
  33. MOC (My Own Creation): Karya kreatif yang dibuat oleh penggemar Lego sendiri, bukan dari set Lego resmi.
  34. MOC Card: Kartu yang digunakan oleh penggemar Lego untuk menampilkan informasi tentang karya MOC mereka dalam pameran atau acara.
  35. Modular Building Standard: Standar komunitas yang digunakan oleh penggemar Lego untuk membangun bangunan yang sesuai dengan serangkaian modul yang dapat disusun bersama untuk membentuk kota Lego yang kompatibel.
  36. Modular Buildings: Seri set Lego yang dirancang untuk saling berhubungan dan dapat digabungkan untuk membentuk kota mini.
  37. NPU (Nice Parts Usage): Penggunaan kreatif dan tidak biasa dari bagian-bagian Lego untuk menciptakan efek atau detail yang menarik.
  38. Pick-a-Brick: Layanan di toko Lego fisik atau online yang memungkinkan pembeli untuk memilih dan membeli bagian-bagian Lego individual dalam jumlah yang diinginkan.
  39. Plate: Blok tipis dengan stud di atasnya yang digunakan untuk memberikan lantai atau permukaan rata pada konstruksi.
  40. Set Lego: Sebuah kemasan yang berisi instruksi dan bagian-bagian yang diperlukan untuk membangun suatu model atau struktur tertentu.
  41. SNOT (Studs Not On Top): Teknik membangun Lego dengan menghadapkan stud ke arah lain selain ke atas untuk menciptakan efek tertentu.
  42. Speed Champions: Seri set Lego yang menampilkan kendaraan balap dan mobil sport dari merek terkenal.
  43. Sticker Sheet: Lembaran stiker yang disertakan dalam set Lego untuk memberikan detail tambahan pada model yang sedang dibangun.
  44. Stud.io Gallery: Galeri online yang memungkinkan pengguna untuk membagikan desain Lego mereka dan melihat karya-karya dari penggemar lainnya.
  45. Stud.io Part Designer: Alat dalam perangkat lunak Stud.io yang memungkinkan pengguna untuk merancang bagian-bagian Lego khusus mereka sendiri.
  46. Stud.io: Software desain komputer yang memungkinkan pengguna untuk merancang konstruksi Lego secara virtual sebelum dibangun fisik.
  47. Studless Building Techniques: Teknik membangun Lego yang menghindari penggunaan stud di permukaan luar untuk menciptakan tampilan yang lebih halus dan realistis.
  48. Studless Building: Pendekatan desain Lego yang menghindari penggunaan stud di permukaan luar untuk menciptakan tampilan yang lebih halus.
  49. Studs Out: Metode membangun Lego yang memamerkan stud di permukaan luar untuk memberikan tekstur atau efek tertentu.
  50. Studs: Tonjolan berbentuk lingkaran kecil di atas permukaan blok Lego yang memungkinkan untuk menempelkan blok lain.
  51. Swooshable: Ungkapan yang digunakan dalam komunitas Lego untuk menggambarkan model yang mudah dipegang dan digerakkan dengan tangan.
  52. Technic Beam: Bagian Lego berbentuk balok dengan lubang pada kedua sisi untuk koneksi yang kuat dan sering digunakan dalam konstruksi Technic.
  53. Technic Beam: Balok berlubang yang digunakan dalam konstruksi Technic untuk mendukung struktur dan memberikan fleksibilitas.
  54. Technic Connector: Bagian khusus yang digunakan dalam konstruksi Technic untuk menghubungkan batang, roda gigi, atau bagian teknik lainnya.
  55. Technic Gear: Bagian roda gigi yang digunakan dalam konstruksi Technic untuk menghasilkan gerakan dan fungsionalitas yang berbeda.
  56. Technic Pin: Pin khusus yang digunakan dalam konstruksi Technic untuk menghubungkan bagian-bagian dengan gerakan bebas.
  57. Technic: Seri Lego yang menggunakan gigi, roda gigi, dan komponen teknik lainnya untuk menciptakan model yang bergerak dan lebih kompleks.
  58. TFOL (Teen Fan of Lego): Remaja yang menyukai Lego dan sering aktif dalam komunitas atau kegiatan Lego.
  59. UCS (Ultimate Collector’s Series) – Millennium Falcon: Salah satu set UCS yang paling terkenal, berisi replika raksasa kapal pesiar “Millennium Falcon” dari franchise Star Wars.
  60. UCS (Ultimate Collector’s Series): Seri set Lego yang dirancang untuk kolektor dengan detail yang tinggi dan ukuran yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *