Daftar Istilah Mac OS

  1. Activity Monitor: Aplikasi untuk memantau kinerja sistem, memeriksa penggunaan sumber daya, dan menemukan aplikasi atau proses yang menghabiskan daya komputer.
  2. AirDrop: Fitur untuk berbagi file dengan perangkat Mac OS lain dalam jarak dekat melalui koneksi Wi-Fi atau Bluetooth.
  3. AirPlay: Fitur yang memungkinkan Anda untuk mengalirkan konten dari perangkat Mac ke perangkat lain seperti Apple TV atau speaker AirPlay.
  4. AirPods: Earbuds nirkabel yang dirancang oleh Apple untuk digunakan dengan perangkat Mac dan iOS.
  5. AirPrint: Fitur yang memungkinkan mencetak dokumen dari perangkat Mac atau perangkat iOS ke printer yang kompatibel dengan AirPrint.
  6. App Store: Toko aplikasi resmi dari Apple yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal aplikasi, permainan, dan konten digital lainnya.
  7. Automator: Aplikasi untuk membuat alur kerja otomatis dengan menggabungkan tindakan-tindakan yang telah ditentukan.
  8. Bonjour: Teknologi yang memungkinkan perangkat Mac untuk menemukan dan berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan.
  9. Boot Camp: Utilitas di Mac OS yang memungkinkan Anda menginstal dan menjalankan sistem operasi Windows secara bersamaan dengan Mac OS.
  10. Boot Volume: Volume atau disk yang berisi sistem operasi Mac OS dan berfungsi sebagai volume utama untuk memulai komputer.
  11. Bootable Disk: Disk atau perangkat penyimpanan lain yang diatur untuk menjalankan sistem operasi Mac OS atau pemulihan sistem.
  12. Bootable USB: USB drive yang diatur untuk menjalankan sistem operasi Mac OS atau pemulihan sistem.
  13. Command Key: Tombol khusus pada keyboard Mac yang biasanya digunakan dalam kombinasi dengan tombol lain untuk menjalankan perintah tertentu.
  14. Command-Space: Kombinasi tombol untuk membuka Spotlight dan melakukan pencarian secara langsung dari desktop.
  15. Command-Tab: Kombinasi tombol untuk beralih antara aplikasi yang sedang berjalan dengan cepat.
  16. Continuity: Serangkaian fitur yang mengintegrasikan perangkat Mac dengan perangkat iOS, seperti Handoff, Phone Calling, dan Instant Hotspot.
  17. Control Center: Pusat pengaturan yang memungkinkan akses cepat ke fitur-fitur seperti Wi-Fi, volume, kecerahan, dan lainnya.
  18. Control Key: Tombol khusus pada keyboard Mac yang digunakan dalam kombinasi dengan tombol lain untuk mengaktifkan perintah konteks.
  19. Core ML: Framework di Mac OS yang memungkinkan integrasi pembelajaran mesin ke dalam aplikasi.
  20. Dark Mode: Mode tampilan di Mac OS yang mengubah tampilan antarmuka menjadi latar belakang gelap dengan teks dan ikon yang lebih terang.
  21. Dashboard: Area yang menampilkan widget kecil yang dapat memberikan informasi cepat dan akses cepat ke aplikasi.
  22. Disk Utility: Aplikasi bawaan untuk mengelola dan memformat disk dan volume pada komputer Mac.
  23. Dock: Baris ikon yang terletak di bagian bawah atau samping layar, yang memungkinkan akses cepat ke aplikasi dan folder favorit.
  24. Face ID: Fitur pengenalan wajah yang memungkinkan Anda membuka kunci perangkat Mac atau mengautentikasi pembelian dan masuk ke aplikasi menggunakan deteksi wajah.
  25. FaceTime: Aplikasi untuk melakukan panggilan video dan audio dengan pengguna lain melalui perangkat Mac atau perangkat iOS.
  26. Finder: Aplikasi bawaan Mac OS yang berfungsi sebagai file manager untuk menavigasi dan mengatur file dan folder.
  27. Force Quit: Cara untuk menghentikan aplikasi yang tidak responsif atau bermasalah secara paksa.
  28. Force Touch: Teknologi pada trackpad Mac yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur tambahan dengan menekan lebih kuat pada permukaan trackpad.
  29. Gatekeeper Path Randomization: Fitur keamanan di Mac OS yang mengacak alamat memori aplikasi untuk mengurangi risiko serangan berbasis memori.
  30. Gatekeeper: Fitur keamanan yang membatasi instalasi aplikasi hanya dari sumber terpercaya untuk melindungi sistem dari potensi ancaman.
  31. Handoff: Fitur yang memungkinkan Anda untuk melanjutkan aktivitas yang sama antara perangkat Mac dan perangkat iOS yang terintegrasi.
  32. Hot Corner: Fitur yang memungkinkan Anda mengonfigurasi aksi tertentu ketika kursor berada di sudut layar tertentu, seperti menampilkan Mission Control atau menyembunyikan jendela.
  33. iCloud: Layanan cloud dari Apple yang memungkinkan sinkronisasi dan penyimpanan data secara online antar perangkat Apple.
  34. Keychain Access: Aplikasi untuk mengelola dan menyimpan sandi, sertifikat, dan informasi kredensial lainnya secara aman.
  35. Keychain: Tempat penyimpanan data kredensial seperti sandi, nomor kartu kredit, dan sertifikat digital secara aman.
  36. Launchpad: Fitur untuk melihat dan mengakses semua aplikasi yang terinstal dalam tampilan tata letak seperti pada perangkat iOS.
  37. Mac OS: Sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk komputer Macintosh.
  38. macOS Monterey: Versi terbaru dari sistem operasi Mac OS yang dirilis oleh Apple.
  39. macOS Recovery: Mode pemulihan di Mac yang memungkinkan pemulihan sistem, pemulihan Time Machine, dan instalasi ulang sistem operasi.
  40. macOS Server: Versi perangkat lunak Mac OS yang menyediakan fitur dan alat untuk mengelola jaringan dan server.
  41. Markup: Fitur yang memungkinkan Anda menggambar, menulis, dan menandai gambar dan dokumen PDF di Mac OS.
  42. Metal: Antarmuka pemrograman aplikasi (API) grafis yang dikembangkan oleh Apple untuk mengoptimalkan kinerja grafis pada perangkat Mac.
  43. Migration Assistant: Utilitas yang memudahkan pemindahan data dan pengaturan dari komputer Mac lama ke komputer Mac baru.
  44. Mission Control: Fitur untuk melihat dan mengatur semua jendela aplikasi dan desktop yang sedang berjalan dalam tampilan terorganisir.
  45. Multi-Touch: Kemampuan trackpad Mac untuk mendeteksi gerakan dan sentuhan lebih dari satu jari, sehingga memungkinkan kontrol gestur.
  46. Notification Center: Tempat untuk melihat pemberitahuan dan notifikasi dari aplikasi dan sistem.
  47. Option Key: Tombol khusus pada keyboard Mac yang digunakan untuk mengakses fungsi alternatif pada beberapa tombol.
  48. Quick Look: Fitur yang memungkinkan Anda melihat isi file tanpa membukanya secara penuh, hanya dengan menggunakan tampilan pratinjau cepat.
  49. Recovery HD: Partisi tersembunyi pada disk Mac yang berisi alat pemulihan untuk memperbaiki masalah sistem.
  50. Recovery Mode: Mode pemulihan yang memungkinkan Anda untuk melakukan pemulihan sistem, memperbaiki disk, dan mengatur ulang sandi.
  51. Safari: Peramban web bawaan Mac OS yang digunakan untuk menjelajahi internet.
  52. SIP (Session Initiation Protocol): Protokol komunikasi yang digunakan untuk memulai, menghentikan, dan mengelola sesi komunikasi seperti panggilan suara dan video.
  53. SIP (System Integrity Protection): Perlindungan keamanan di Mac OS yang mencegah modifikasi pada file sistem inti oleh aplikasi yang tidak sah.
  54. Siri: Asisten virtual di Mac OS yang dapat menjawab pertanyaan, melakukan tugas, dan mengendalikan perangkat berbasis suara.
  55. Sleep Mode: Mode hemat daya yang membiarkan komputer berada dalam keadaan siap sedia dengan daya yang rendah untuk cepat digunakan kembali.
  56. Smart Folders: Folder yang memperlihatkan hasil pencarian dinamis berdasarkan kriteria tertentu, tanpa menyimpan fisik file di dalamnya.
  57. Spotlight: Fitur pencarian yang kuat di Mac OS untuk menemukan file, aplikasi, dan informasi lainnya dengan cepat.
  58. System Preferences: Panel pengaturan untuk mengubah berbagai pengaturan sistem dan preferensi pengguna.
  59. Terminal: Aplikasi baris perintah yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi menggunakan teks.
  60. Time Capsule: Perangkat jaringan Apple yang berfungsi sebagai router Wi-Fi dengan fitur pencadangan otomatis menggunakan Time Machine.
  61. Time Machine Backup: Salinan data dan sistem yang dibuat oleh Time Machine untuk pemulihan data dan konfigurasi sistem sebelumnya.
  62. Time Machine Encryption: Opsi untuk mengenkripsi salinan cadangan yang dibuat oleh Time Machine untuk menjaga keamanan data Anda.
  63. Time Machine: Fitur pencadangan otomatis untuk membuat salinan file dan sistem secara berkala agar memudahkan pemulihan data.
  64. Touch Bar: Fitur pada beberapa model MacBook Pro yang menampilkan papan sentuh konteks yang dapat berubah sesuai dengan aplikasi yang sedang aktif.
  65. Touch ID: Fitur sensor sidik jari yang memungkinkan Anda membuka kunci perangkat Mac atau mengautentikasi pembelian dengan sidik jari.
  66. Universal Control: Fitur di macOS Monterey yang memungkinkan Anda mengontrol dan berbagi satu set mouse dan keyboard antara beberapa perangkat Apple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *