Daftar Istilah Game MOBA

  • Aegis: Item yang memberikan pemain “second life” setelah mati, mengembalikan mereka ke keadaan hidup setelah beberapa waktu.
  • AFK (Away From Keyboard): Kondisi di mana pemain meninggalkan permainan atau tidak aktif.
  • AOE (Area of Effect): Kemampuan atau serangan yang mempengaruhi area luas, bukan hanya satu target.
  • Backdoor: Menyerang markas musuh tanpa creeps untuk melindungi.
  • Backline: Hero-hero yang berada di barisan belakang dalam pertarungan, biasanya carry dan support.
  • Bait: Taktik menarik perhatian musuh untuk mengalihkan mereka dari tujuan sebenarnya.
  • BKB (Black King Bar) Duration: Lamanya waktu ketika Black King Bar memberikan imunitas terhadap kemampuan musuh.
  • BKB (Black King Bar): Item yang memberikan imunitas terhadap beberapa kemampuan musuh.
  • Buff: Perubahan yang membuat hero, item, atau kemampuan menjadi lebih kuat.
  • Burst Damage: Jumlah kerusakan tinggi yang dihasilkan dalam waktu singkat.
  • Buyback: Membayar sejumlah sumber daya untuk membangkitkan kembali hero yang mati lebih cepat dari waktu respawn biasa.
  • Carry-Over: Keadaan di mana seorang carry mendapatkan keuntungan besar dari awal permainan dan terus mempertahankan keunggulannya.
  • Carry: Hero yang potensial untuk menjadi kuat dan menentukan akhir permainan, biasanya dengan kerusakan tinggi di tahap akhir permainan.
  • Cooldown: Waktu yang diperlukan sebelum sebuah kemampuan dapat digunakan kembali setelah digunakan.
  • Counterpick: Memilih hero tertentu untuk melawan hero musuh yang kuat.
  • Courier Snipe: Aksi membunuh kurir musuh yang membawa item, yang dapat menghambat kemajuan lawan.
  • Courier: Unit yang digunakan untuk mengantarkan item dari toko ke hero di jalur.
  • Creeps/Minions: Pasukan kecil yang dihasilkan oleh markas dan bergerak ke jalur-jalur untuk menyerang musuh.
  • Crowd Control (CC): Kemampuan atau efek yang menghambat atau mengontrol gerakan musuh, seperti stun, slow, silence, dll.
  • Deny: Aksi membunuh atau menghancurkan sekutu sendiri (creeps atau tower) untuk mencegah musuh mendapatkan pengalaman atau sumber daya.
  • Farm-dependent: Hero yang sangat membutuhkan sumber daya dan perlu untuk farming dengan baik untuk mencapai kekuatan penuhnya.
  • Farming Efficiency: Kemampuan pemain untuk mengumpulkan sumber daya dengan efisien, termasuk mengoptimalkan waktu dan gerakan.
  • Farming under tower: Mengumpulkan poin atau sumber daya di bawah menara sendiri, di tengah tekanan dari musuh.
  • Farming: Mengumpulkan poin atau sumber daya dengan membunuh creeps atau monster.
  • Fog of War: Area di peta yang tidak terlihat oleh pemain, kecuali ada visibilitas yang diberikan oleh hero atau item tertentu.
  • Frontline: Hero-hero yang berada di barisan depan dalam pertarungan, biasanya tank atau hero dengan tahanan tinggi.
  • Gank: Serangan tiba-tiba oleh beberapa hero untuk membunuh lawan yang terisolasi.
  • Gankers: Hero yang memiliki kemampuan untuk melakukan gank dengan efektif.
  • Ganking Lane: Menggunakan jalur yang lebih tidak terlihat untuk melakukan gank.
  • GG (Good Game): Ungkapan yang digunakan untuk mengakui bahwa permainan sudah selesai atau sebagai tanda penghormatan.
  • Hero/Champion: Karakter yang dimainkan oleh pemain. Setiap hero memiliki kemampuan dan peran yang berbeda dalam tim.
  • Initiator: Hero yang bertugas memulai pertarungan dengan kemampuan crowd control atau inisiasi yang kuat.
  • Juggling: Taktik untuk menarik perhatian musuh dalam tim pertarungan dengan mengalihkan perhatian dari hero lainnya.
  • Juking: Taktik mengelabui musuh dengan bergerak secara tiba-tiba dan tak terduga untuk menghindari serangan atau gank.
  • Jungle Invasion: Serangan yang dilakukan oleh tim untuk mengganggu atau mencuri sumber daya dari hutan musuh.
  • Jungle Stack: Taktik untuk menarik monster hutan ke area tertentu untuk menumpuk mereka, memungkinkan hero untuk mengambil banyak pengalaman dan sumber daya sekaligus.
  • Jungle: Area di peta yang berisi monster hutan yang memberikan hadiah untuk hero yang membunuhnya.
  • Jungling Efficiency: Kemampuan pemain untuk membersihkan hutan dengan cepat dan efisien untuk mendapatkan sumber daya.
  • KDA Ratio: Perbandingan antara jumlah kill, death, dan assist yang dimiliki oleh seorang pemain.
  • KDA: Singkatan dari “Kill/Death/Assist,” menghitung jumlah kill, death, dan assist dari seorang pemain.
  • Kiteback: Taktik bergerak mundur sambil menyerang musuh yang mengejar, untuk menghindari serangan balasan.
  • Kiting: Taktik bergerak maju mundur untuk menjaga jarak dari musuh sambil menyerang.
  • Kiting: Taktik bergerak mundur sambil menyerang musuh untuk menghindari serangan balasan.
  • Magic Immunity: Kemampuan hero yang memberikan kekebalan terhadap kemampuan sihir musuh.
  • Markas: Basis atau tempat perlindungan tim yang harus dijaga dari serangan musuh.
  • Meta Shift: Perubahan dalam tren strategi, hero, atau gaya permainan yang dominan dalam permainan MOBA.
  • Meta-Game: Strategi atau keputusan di luar permainan utama yang mempengaruhi cara pemain bermain.
  • Meta: Strategi, hero, atau gaya permainan yang paling efektif dan populer pada saat tertentu.
  • Min-Maxing: Proses mengoptimalkan setiap aspek permainan untuk mencapai hasil maksimum.
  • Mind Games: Taktik psikologis yang digunakan untuk mengelabui musuh atau membuat mereka bertindak berdasarkan prediksi yang salah.
  • MMR (Matchmaking Rating): Skor atau peringkat yang menentukan tingkat keahlian seorang pemain dalam sistem permainan.
  • MOBA: Multiplayer Online Battle Arena adalah genre permainan yang melibatkan dua tim yang bertarung di peta dengan tujuan menghancurkan markas lawan.
  • Nerf: Perubahan yang membuat hero, item, atau kemampuan menjadi lebih lemah.
  • Neutral Camp: Grup monster yang berada di hutan di antara jalur-jalur, bisa dihancurkan untuk mendapatkan pengalaman atau sumber daya.
  • Neutral Items: Item khusus yang ditemukan di hutan dan dapat diambil oleh tim untuk memberikan keuntungan tambahan.
  • Outplay: Kemampuan pemain untuk mengalahkan lawan dengan strategi atau mekanik yang lebih baik.
  • Peta: Area permainan di mana dua tim bermain. Biasanya terdiri dari jalur-jalur dan markas.
  • Push: Membantu creeps atau hero untuk maju mendekati markas musuh.
  • Ratting: Taktik mengabaikan pertarungan tim untuk dengan cepat menghancurkan struktur musuh (seperti menara atau markas) dengan mobilitas tinggi.
  • Roaming: Perilaku hero yang berpindah dari jalur asalnya untuk mencari kesempatan membantu di jalur lain.
  • Role: Peran yang dimainkan oleh hero dalam tim, seperti Carry, Support, Tank, Mage, dll.
  • Roshan: Monster kuat yang memberikan hadiah besar untuk tim yang membunuhnya.
  • Runa: Power-up sementara yang bisa diambil di peta untuk memberikan keuntungan bagi pemain.
  • Rune Control: Taktik untuk mengambil dan mengamankan rune yang muncul di peta.
  • Skill Build: Urutan pengembangan kemampuan hero selama permainan.
  • Skill Ceiling: Tingkat kesulitan dalam menguasai suatu hero atau strategi tertentu.
  • Skill Floor: Tingkat dasar kemampuan yang diperlukan untuk bermain dengan efektif dengan suatu hero atau strategi tertentu.
  • Skillshot: Kemampuan yang harus diarahkan secara manual oleh pemain, bukan mengenai target secara otomatis.
  • Snowballing: Kondisi di mana seorang hero atau tim memperoleh keunggulan awal dan terus memperbesar keuntungan tersebut.
  • Split Push: Taktik mengirim satu atau lebih hero untuk menyerang jalur lain dan menciptakan tekanan sementara tim lain berfokus di jalur lainnya.
  • Splitting: Taktik memisahkan anggota tim ke dalam kelompok yang berbeda untuk mencakup lebih banyak area di peta.
  • Stacking: Meningkatkan jumlah creep atau monster di satu lokasi dengan mengundang mereka pada waktu yang tepat.
  • Stunlock: Kondisi di mana seorang hero terus-menerus terkena efek crowd control sehingga tidak dapat bergerak atau melakukan tindakan.
  • Support: Hero yang fokus pada memberikan bantuan dan melindungi tim, misalnya menyembuhkan atau memberikan debuff pada musuh.
  • Tilt: Kondisi emosional pemain yang cenderung negatif akibat kekalahan atau situasi buruk dalam permainan.
  • Tower/ Menara: Struktur pertahanan yang melindungi jalur-jalur dan markas.
  • Ultimate: Kemampuan paling kuat dari hero, sering memiliki cooldown yang panjang.
  • Vision: Kemampuan untuk melihat area tertentu di peta, baik melalui ward, skill hero, atau item tertentu.
  • Ward: Item yang digunakan untuk memberikan visibilitas di sekitar area tertentu, untuk mengawasi pergerakan musuh atau mengamankan area.
  • Zoning: Taktik atau tindakan untuk mengontrol area tertentu di peta dan mencegah musuh mendekatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *