Daftar Istilah E-Commerce (Belanja Online)

  • A/B Testing: Metode menguji dua versi berbeda dari halaman atau elemen untuk menentukan mana yang lebih efektif dalam mencapai tujuan tertentu, seperti tingkat konversi yang lebih tinggi.
  • Abandoned Cart: Situasi ketika seorang pelanggan menambahkan produk ke keranjang belanja tetapi tidak menyelesaikan pembelian.
  • Affiliate Marketing: Strategi pemasaran di mana individu atau entitas mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi atas setiap penjualan yang dihasilkan melalui tautan unik mereka.
  • API (Application Programming Interface): Sekumpulan aturan dan protokol yang memungkinkan berbagai aplikasi berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.
  • Augmented Reality (AR) Shopping: Teknologi yang memungkinkan pelanggan melihat produk dalam lingkungan nyata melalui layar perangkat mereka.
  • Blockchain: Sistem terdesentralisasi yang merekam transaksi dengan aman dan transparan, sering digunakan dalam pembayaran kripto.
  • Bounce Rate: Persentase pengunjung yang meninggalkan situs web setelah melihat hanya satu halaman.
  • Brick-and-Click: Bisnis yang memiliki toko fisik dan toko online, serta menggabungkan strategi penjualan dari kedua saluran.
  • Chatbot: Program komputer yang berinteraksi dengan pengguna melalui chat untuk memberikan informasi atau bantuan.
  • Checkout Cepat: Opsi yang memungkinkan pelanggan yang sudah terdaftar untuk memproses pembelian dengan lebih sedikit klik.
  • Checkout: Proses pembayaran dan pengiriman saat pembeli mengkonfirmasi pembelian mereka.
  • Conversion Rate Optimization (CRO): Upaya meningkatkan persentase pengunjung yang berubah menjadi pelanggan atau melakukan tindakan tertentu.
  • CRM (Customer Relationship Management): Strategi dan perangkat untuk mengelola interaksi dengan pelanggan, umumnya melalui basis data atau perangkat lunak.
  • Cross-selling: Menawarkan produk terkait atau komplementer kepada pembeli sebagai tambahan dari pembelian mereka.
  • Customer Lifetime Value (CLV): Estimasi nilai total yang dapat dihasilkan dari seorang pelanggan selama mereka berbelanja di toko Anda.
  • Cybersecurity: Praktik dan teknologi untuk melindungi sistem komputer dan data dari ancaman siber.
  • Digital Goods: Produk yang dijual dalam bentuk digital, seperti e-book, musik, atau perangkat lunak.
  • Digital Marketing: Upaya pemasaran yang melibatkan penggunaan berbagai kanal digital seperti media sosial, iklan online, dan email.
  • Digital Wallet: Aplikasi atau layanan yang memungkinkan pengguna menyimpan informasi pembayaran dan melakukan transaksi online dengan mudah.
  • Diskon dan Promosi: Penawaran khusus yang memberikan potongan harga kepada pembeli.
  • Dropshipping: Model bisnis di mana penjual tidak menyimpan stok barang, tetapi mengirimkan produk langsung dari pemasok ke pembeli.
  • E-commerce (Perdagangan Elektronik): Proses jual beli barang dan layanan melalui internet.
  • E-commerce Analytics: Analisis data yang berkaitan dengan kinerja toko online, termasuk informasi tentang pengunjung, penjualan, dan konversi.
  • E-commerce B2B (Business-to-Business): E-commerce yang melibatkan transaksi antara perusahaan, bukan dengan konsumen akhir.
  • E-commerce B2C (Business-to-Consumer): E-commerce yang melibatkan transaksi antara perusahaan dan konsumen akhir.
  • E-commerce Fraud: Penipuan yang melibatkan transaksi e-commerce, seperti pembelian menggunakan informasi kartu kredit yang dicuri.
  • E-commerce Platform: Perangkat lunak yang memungkinkan pembuatan, pengelolaan, dan pengoperasian toko online.
  • E-commerce SEO: Praktik mengoptimalkan situs web e-commerce agar muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin telusur.
  • E-mail Pemasaran: Mengirimkan email kepada pelanggan atau calon pelanggan untuk mempromosikan produk atau memberikan informasi.
  • Exit-Intent Popup: Jendela munculan yang muncul ketika pengunjung berencana untuk meninggalkan situs web, umumnya berisi tawaran khusus untuk mempertahankan pengunjung.
  • FAQ (Frequently Asked Questions): Halaman yang berisi pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pelanggan beserta jawabannya.
  • Flash Sale: Penawaran diskon besar-besaran dalam periode waktu yang singkat untuk mendorong pembelian cepat.
  • FOMO (Fear of Missing Out): Perasaan takut melewatkan kesempatan atau produk yang populer, sering digunakan dalam strategi pemasaran.
  • Fulfillment Center: Pusat pemenuhan pesanan yang mengelola pengepakan dan pengiriman produk bagi penjual.
  • Fulfillment: Seluruh proses yang melibatkan pemrosesan, pengepakan, dan pengiriman pesanan kepada pelanggan.
  • Geo-Targeting: Mengarahkan konten atau penawaran kepada pengunjung berdasarkan lokasi geografis mereka.
  • Inventory Management: Pengelolaan stok barang, termasuk pemantauan, pemesanan ulang, dan pengelolaan ketersediaan produk.
  • Keranjang Belanja: Area di situs web e-commerce tempat pengunjung menyimpan produk yang akan dibeli sebelum checkout.
  • Ketersediaan Terbatas: Menunjukkan bahwa produk hanya tersedia dalam jumlah terbatas untuk mendorong tindakan pembelian cepat.
  • Ketersediaan: Status apakah produk tersedia atau tidak dalam stok.
  • Konversi Keranjang: Prosentase pengunjung yang menambahkan produk ke keranjang belanja dan kemudian menyelesaikan pembelian.
  • Konversi Rendah: Tingkat konversi yang rendah, yaitu sedikit pengunjung yang berubah menjadi pembeli.
  • Konversi Tinggi: Tingkat pembelian yang tinggi dibandingkan dengan jumlah pengunjung situs web.
  • Konversi: Persentase pengunjung situs web yang melakukan pembelian.
  • Landing Page: Halaman di situs web yang dirancang khusus untuk mengarahkan pengunjung ke tindakan tertentu, seperti pembelian atau langganan.
  • Merchant Account: Rekening bank khusus yang memungkinkan penjual untuk menerima pembayaran kartu kredit atau debit.
  • Milestone Offers: Penawaran khusus yang diberikan kepada pelanggan ketika mereka mencapai tonggak tertentu, seperti ulang tahun atau jumlah pembelian tertentu.
  • Mobile Commerce (M-Commerce): Proses jual beli yang dilakukan melalui perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet.
  • Mobile Wallet: Aplikasi yang memungkinkan pembayaran menggunakan perangkat mobile, seperti Apple Pay atau Google Pay.
  • Multi-Channel Selling: Strategi menjual produk melalui berbagai platform atau saluran, seperti situs web, pasar online, dan media sosial.
  • Omnichannel Retail: Pendekatan yang mengintegrasikan berbagai saluran penjualan (online dan offline) untuk memberikan pengalaman konsisten kepada pelanggan.
  • One-Click Buying: Metode pembelian di mana pelanggan dapat membeli produk hanya dengan satu klik, tanpa perlu mengisi formulir atau informasi lainnya.
  • Pelacakan Pengiriman: Memantau status pengiriman paket secara online.
  • Pelanggan Tetap: Pembeli yang melakukan pembelian berulang di toko online.
  • Pemasaran Afiliasi: Memasarkan produk orang lain dan mendapatkan komisi atas penjualan yang dihasilkan melalui tautan unik.
  • Pembayaran Online: Metode pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau layanan pembayaran digital.
  • Pembelian Langsung: Model bisnis di mana pembeli dapat membeli produk tanpa harus meninggalkan platform, seperti dalam media sosial.
  • Pemberitahuan Stok: Memberi tahu pelanggan kapan produk yang sebelumnya tidak tersedia kembali dalam stok.
  • Pengalaman Pelanggan: Semua interaksi dan impresi yang pelanggan alami saat berinteraksi dengan toko online.
  • Pengalaman Pengguna: Keseluruhan interaksi dan pengalaman pembeli saat menjelajahi dan berbelanja di toko online.
  • Pengayaan Produk: Menambahkan informasi atau detail lebih lanjut pada halaman produk untuk membantu pelanggan membuat keputusan pembelian.
  • Pengiriman Gratis: Menawarkan pengiriman tanpa biaya tambahan kepada pelanggan.
  • Pengiriman: Proses pengantaran produk dari penjual ke pembeli.
  • Penilaian dan Ulasan: Ulasan pelanggan tentang produk atau pengalaman berbelanja yang ditinggalkan di situs web.
  • Product Feed: File yang berisi informasi tentang produk, digunakan untuk memasukkan data produk ke platform iklan atau perbandingan harga.
  • Produk Digital: Barang berupa konten elektronik, seperti e-book, musik, atau perangkat lunak.
  • Proses Pengembalian Uang: Proses untuk mengembalikan pembayaran kepada pembeli jika transaksi dibatalkan atau produk dikembalikan.
  • Responsif (Desain Responsif): Desain situs web yang dapat menyesuaikan tampilan dengan baik di berbagai perangkat, seperti komputer, tablet, dan smartphone.
  • Retargeting: Menargetkan iklan kepada pengunjung yang sebelumnya mengunjungi situs web atau berinteraksi dengan produk, dengan tujuan mendorong konversi.
  • Retur dan Pengembalian: Proses ketika pembeli mengembalikan produk yang dibeli dan mendapatkan pengembalian uang.
  • Segmen Pelanggan: Membagi basis pelanggan menjadi kelompok berdasarkan karakteristik atau perilaku yang serupa.
  • SEO (Search Engine Optimization): Upaya mengoptimalkan situs web agar muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin telusur.
  • Social Commerce: Strategi berjualan melalui platform media sosial dengan mengintegrasikan fitur belanja langsung.
  • SSL (Secure Sockets Layer): Teknologi enkripsi yang memastikan komunikasi yang aman antara browser pengguna dan situs web.
  • Subscription Box: Layanan di mana pelanggan berlangganan untuk menerima produk secara teratur, seperti bulanan atau per kuartal.
  • Third-Party Logistics (3PL): Pihak ketiga yang mengelola aspek logistik, seperti penyimpanan dan pengiriman produk untuk penjual.
  • Tingkat Pengembalian: Persentase produk yang dikembalikan oleh pelanggan dibandingkan dengan jumlah total produk yang dijual.
  • Toko Online: Platform di internet tempat penjual memajang produk dan pembeli dapat membeli produk tersebut.
  • Transaksi: Proses pembelian atau penjualan antara pembeli dan penjual.
  • Upselling: Menawarkan produk yang lebih mahal atau fitur tambahan kepada pembeli yang sudah berencana membeli.
  • User Experience (UX): Keseluruhan pengalaman yang dirasakan oleh pengunjung saat berinteraksi dengan situs web atau aplikasi.
  • User Interface (UI): Tampilan visual dari situs web atau aplikasi yang mencakup elemen desain seperti tombol, ikon, dan layout.
  • Virtual Reality (VR) Shopping: Pengalaman berbelanja di mana pelanggan menggunakan teknologi realitas virtual untuk menjelajahi toko dan produk.
  • White Labeling: Menggunakan produk atau layanan yang diproduksi oleh perusahaan lain dengan merek atau label Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *