Daftar Istilah Demografi

  1. Age Dependency Ratio: Perbandingan antara jumlah penduduk usia dependen (anak-anak dan lansia) dengan jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun).
  2. Age of Dependency: Usia dependensi adalah usia ketika individu dianggap sebagai anggota dependen (biasanya di bawah 15 tahun dan di atas 65 tahun).
  3. Age Structure: Distribusi usia dalam suatu populasi pada waktu tertentu.
  4. Age-Sex Structure: Struktur usia dan jenis kelamin adalah distribusi usia penduduk berdasarkan jenis kelamin.
  5. Age-Specific Fertility Rate: Tingkat kesuburan khusus usia adalah jumlah kelahiran dalam suatu kelompok usia tertentu per seribu wanita di kelompok usia tersebut.
  6. Age-Specific Mortality Rate: Tingkat kematian khusus usia adalah jumlah kematian dalam kelompok usia tertentu per seribu orang di kelompok usia tersebut.
  7. Ageing Index: Indeks penuaan adalah rasio jumlah penduduk usia lanjut (biasanya di atas 65 tahun) terhadap jumlah penduduk usia produktif (biasanya antara 15-64 tahun).
  8. Ageing Population: Penduduk yang menua adalah populasi di mana persentase penduduk usia lanjut meningkat dalam perbandingan dengan penduduk usia muda.
  9. Angka Harapan Hidup: Rata-rata usia yang diharapkan seseorang hidup dalam suatu populasi.
  10. Angka Ketergantungan: Perbandingan antara jumlah penduduk yang tidak bekerja (dependen) dengan jumlah penduduk yang bekerja (angkatan kerja).
  11. Angkatan Kerja Aktif: Bagian dari angkatan kerja yang sedang mencari atau siap menerima pekerjaan.
  12. Angkatan Kerja Pasif: Bagian dari angkatan kerja yang tidak mencari pekerjaan atau tidak siap bekerja.
  13. Angkatan Kerja Terampil: Bagian dari angkatan kerja dengan keterampilan atau keahlian tertentu.
  14. Angkatan Kerja: Jumlah individu yang siap bekerja dalam suatu populasi.
  15. Birth Rate: Jumlah kelahiran dalam suatu populasi per unit waktu.
  16. Child Mortality Rate: Angka kematian anak adalah jumlah kematian anak-anak di bawah usia lima tahun per seribu kelahiran hidup.
  17. Dampak Demografi: Pengaruh perubahan demografi terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan suatu wilayah atau negara.
  18. Death Rate: Jumlah kematian dalam suatu populasi per unit waktu.
  19. Demografi Kependudukan: Studi tentang karakteristik dan perubahan dalam jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk.
  20. Demographic Analysis: Analisis demografi adalah penggunaan data demografi untuk memahami dan menginterpretasi perubahan dalam populasi.
  21. Demographic Data: Data demografi adalah informasi statistik tentang karakteristik dan perubahan populasi, seperti kelahiran, kematian, migrasi, dan struktur umur.
  22. Demographic Dividend: Dividen demografi adalah periode ketika jumlah angkatan kerja dalam suatu populasi melebihi jumlah penduduk dependen (anak-anak dan lansia), sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.
  23. Demographic Indicator: Indikator demografi adalah ukuran statistik yang digunakan untuk menggambarkan dan memahami karakteristik dan perubahan dalam populasi.
  24. Demographic Momentum: Momentum demografi adalah fenomena di mana pertumbuhan populasi berlanjut meskipun tingkat kelahiran menurun karena adanya kelompok besar penduduk usia muda yang akan mencapai usia reproduktif.
  25. Demographic Shift: Pergeseran demografi adalah perubahan besar dalam karakteristik dan struktur populasi dari waktu ke waktu.
  26. Demographic Surveillance: Pengawasan demografi adalah metode pemantauan terus-menerus terhadap perubahan dan karakteristik populasi di wilayah tertentu.
  27. Demographic Survey: Survei demografi adalah penelitian ilmiah yang dilakukan untuk mengumpulkan data tentang populasi dan karakteristiknya.
  28. Demographic Transition: Perubahan dari tingkat kelahiran dan kematian yang tinggi menjadi tingkat yang rendah dalam perkembangan suatu masyarakat.
  29. Dependen Ekonomi: Jumlah individu yang tidak bekerja (anak-anak dan lansia) dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja.
  30. Dependency Ratio: Perbandingan antara jumlah penduduk yang tidak bekerja (dependen) dengan jumlah penduduk yang bekerja (angkatan kerja).
  31. Eksodus Pedesaan: Pergerakan besar-besaran penduduk dari daerah pedesaan ke perkotaan.
  32. Elderly Dependency Ratio: Perbandingan antara jumlah penduduk usia lansia (65 tahun ke atas) dengan jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun).
  33. Emigration: Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah untuk menetap di wilayah lain.
  34. Faktor Migrasi: Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat migrasi penduduk, seperti kesempatan kerja, perang, bencana alam, dan kebijakan imigrasi.
  35. Faktor Mortalitas: Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kematian dalam suatu populasi, seperti akses terhadap perawatan kesehatan, pola makan, dan lingkungan.
  36. Faktor Natalitas: Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kelahiran dalam suatu populasi, seperti tingkat kesuburan, kebijakan keluarga, dan kondisi sosial ekonomi.
  37. Family Planning: Perencanaan keluarga adalah upaya untuk mengontrol jumlah anak yang akan dilahirkan oleh pasangan berdasarkan keinginan mereka.
  38. Fecundity: Fekunditas adalah potensi biologis atau kemampuan reproduksi seorang wanita untuk menghasilkan keturunan.
  39. Fertility Rate: Tingkat kesuburan adalah jumlah anak yang dilahirkan oleh setiap wanita dalam suatu populasi selama masa reproduktifnya.
  40. Generasi: Kelompok orang dengan rentang usia yang sama atau mengalami peristiwa sejarah tertentu pada waktu yang hampir sama.
  41. Immigration: Imigrasi adalah perpindahan penduduk ke suatu wilayah dari wilayah lainnya untuk menetap di sana.
  42. Indeks Fertilitas Total (TFR): Rata-rata jumlah anak yang akan dilahirkan oleh seorang wanita selama usia reproduktifnya.
  43. Indeks Kematian: Rasio jumlah kematian dalam suatu populasi terhadap jumlah total penduduk.
  44. Kebutuhan Dasar Penduduk: Kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi bagi penduduk, seperti makanan, pakaian, perumahan, dan pendidikan.
  45. Kepadatan Penduduk: Jumlah penduduk dalam suatu wilayah dibandingkan dengan luas wilayah tersebut.
  46. Kesuburan Remaja: Tingkat kelahiran pada kelompok usia remaja (biasanya antara 15-19 tahun).
  47. Labor Force: Angkatan kerja adalah bagian dari populasi yang terdiri dari individu yang siap bekerja dan mencari pekerjaan.
  48. Life Expectancy: Rata-rata usia yang diharapkan seseorang hidup dalam suatu populasi.
  49. Median Age: Usia median adalah usia tengah dari suatu populasi, di mana setengah penduduk berusia di bawah median dan setengahnya berusia di atas median.
  50. Migrasi: Perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain dalam periode waktu tertentu.
  51. Migration Rate: Jumlah perpindahan penduduk masuk atau keluar dari suatu wilayah per unit waktu.
  52. Migration: Perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain dalam periode waktu tertentu.
  53. Mobilitas Penduduk: Tingkat pergerakan penduduk antara tempat tinggal mereka.
  54. Mortalitas: Jumlah kematian dalam suatu populasi dalam periode waktu tertentu.
  55. Mortality: Jumlah kematian dalam suatu populasi dalam periode waktu tertentu.
  56. Natalitas Remaja: Jumlah kelahiran yang terjadi pada kelompok usia remaja.
  57. Natalitas: Jumlah kelahiran dalam suatu populasi dalam periode waktu tertentu.
  58. Natality: Jumlah kelahiran dalam suatu populasi dalam periode waktu tertentu.
  59. Net Migration: Migrasi bersih adalah selisih antara jumlah penduduk yang pindah masuk dengan jumlah penduduk yang pindah keluar dari suatu wilayah.
  60. Penduduk: Keseluruhan individu yang tinggal di suatu wilayah pada waktu tertentu.
  61. Penuaan Penduduk: Peningkatan proporsi penduduk usia lanjut dalam suatu populasi.
  62. Pertumbuhan Penduduk: Perubahan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, biasanya dihitung sebagai persentase per tahun.
  63. Piramida Penduduk: Grafik yang menggambarkan struktur umur penduduk dengan bentuk mirip piramida.
  64. Population Census: Sensus penduduk adalah penghitungan resmi dan survei penduduk yang dilakukan oleh pemerintah suatu negara untuk mengumpulkan data demografi secara menyeluruh.
  65. Population Control: Pengendalian populasi adalah upaya untuk mengatur pertumbuhan penduduk melalui kebijakan atau program tertentu.
  66. Population Density: Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk dalam suatu wilayah per unit luas wilayah tersebut.
  67. Population Distribution: Distribusi populasi adalah pola penyebaran geografis penduduk di suatu wilayah atau negara.
  68. Population Ecology: Ekologi populasi adalah studi tentang hubungan antara populasi manusia dengan lingkungan dan sumber daya alam.
  69. Population Genetics: Genetika populasi adalah studi tentang variasi genetik dalam populasi manusia dan bagaimana evolusi mempengaruhi komposisi genetik.
  70. Population Growth: Perubahan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, biasanya dihitung sebagai persentase per tahun.
  71. Population Momentum: Momentum populasi adalah fenomena di mana pertumbuhan populasi berlanjut bahkan setelah tingkat kelahiran menurun, karena adanya kelompok besar penduduk usia muda yang mencapai usia reproduktif.
  72. Population Policy: Kebijakan populasi adalah langkah-langkah dan tindakan pemerintah untuk mengatur pertumbuhan dan karakteristik populasi di suatu negara atau wilayah.
  73. Population Projection: Proyeksi populasi adalah estimasi jumlah dan karakteristik populasi di masa depan berdasarkan skenario demografi yang diantisipasi.
  74. Population Projection: Proyeksi populasi adalah estimasi jumlah dan karakteristik populasi di masa depan berdasarkan tren demografi masa lalu.
  75. Population Pyramid: Grafik yang menggambarkan struktur umur penduduk dengan bentuk mirip piramida.
  76. Population: Keseluruhan individu yang tinggal di suatu wilayah pada waktu tertentu.
  77. Proyeksi Penduduk: Estimasi jumlah dan karakteristik penduduk di masa mendatang berdasarkan tren demografi masa lalu.
  78. Rasio Jenis Kelamin: Perbandingan antara jumlah pria dan wanita dalam suatu populasi.
  79. Replacement Fertility: Kesuburan penggantian adalah tingkat kesuburan di mana rata-rata setiap wanita menghasilkan dua anak yang akan menggantikannya dalam generasi berikutnya.
  80. Replacement Level Fertility: Kesuburan tingkat penggantian adalah tingkat kesuburan di mana jumlah anak yang dilahirkan oleh setiap wanita cukup untuk menggantikan orang tuanya.
  81. Replacement Migration: Migrasi pengganti adalah migrasi internasional yang bertujuan untuk menggantikan kekurangan angkatan kerja atau mengatasi penurunan populasi di suatu negara.
  82. Sex Ratio at Birth: Rasio jenis kelamin pada saat lahir adalah perbandingan antara jumlah bayi laki-laki dan perempuan yang lahir dalam suatu populasi.
  83. Sex Ratio: Perbandingan antara jumlah pria dan wanita dalam suatu populasi.
  84. Struktur Umur: Distribusi usia dalam suatu populasi pada waktu tertentu.
  85. Tingkat Kelahiran: Jumlah kelahiran dalam suatu populasi per unit waktu.
  86. Tingkat Kematian: Jumlah kematian dalam suatu populasi per unit waktu.
  87. Tingkat Migrasi: Jumlah perpindahan penduduk masuk atau keluar dari suatu wilayah per unit waktu.
  88. Tingkat Nuptialitas: Jumlah pernikahan dalam suatu populasi per unit waktu.
  89. Tingkat Perceraian: Jumlah perceraian dalam suatu populasi per unit waktu.
  90. Tingkat Reproduksi Efektif (TRE): Jumlah anak perempuan yang dihasilkan oleh suatu kelompok wanita selama masa hidup mereka.
  91. Total Fertility Rate (TFR): Rata-rata jumlah anak yang akan dilahirkan oleh seorang wanita selama usia reproduktifnya.
  92. Tren Demografi: Perubahan dan pola dalam karakteristik demografi suatu populasi dari waktu ke waktu.
  93. Underemployment: Ketidakpenuhgunaan tenaga kerja adalah situasi di mana pekerja tidak memperoleh pekerjaan dengan jam kerja penuh atau tidak dapat menggunakan keterampilan mereka sepenuhnya.
  94. Unemployment Rate: Tingkat pengangguran adalah persentase individu dalam angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan.
  95. Urbanisasi: Proses peningkatan jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan dibandingkan dengan pedesaan.
  96. Urbanization: Proses peningkatan jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan dibandingkan dengan pedesaan.
  97. Usia Median: Usia yang membagi populasi menjadi dua bagian yang jumlahnya sama, di mana setengah populasi berusia di atasnya dan setengahnya berusia di bawahnya.
  98. Youth Dependency Ratio: Perbandingan antara jumlah penduduk usia anak-anak (0-14 tahun) dengan jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun).
  99. Zero Population Growth: Pertumbuhan populasi nol adalah kondisi ketika laju kelahiran sama dengan laju kematian sehingga populasi tetap stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *