Daftar Istilah Dalam Game MMORPG

  • AFK (Away From Keyboard) – Status saat pemain meninggalkan permainan atau tidak aktif untuk sementara waktu.
  • Aggro – Istilah yang mengacu pada perhatian musuh yang ditarik oleh karakter tertentu dalam pertempuran.
  • Aggro Management – Kemampuan mengendalikan perhatian musuh agar tetap pada tank dan tidak berpindah ke pemain lain.
  • Alt – Karakter alternatif yang dimainkan oleh pemain selain karakter utama.
  • Altaholic – Pemain yang terlalu sering membuat karakter alternatif daripada fokus pada karakter utama.
  • Avatar – Representasi visual dari karakter yang dapat diubah oleh pemain.
  • BoE (Bind on Equip) – Barang yang terikat pada karakter saat digunakan atau dikenakan.
  • BoP (Bind on Pickup) – Barang yang terikat pada karakter segera setelah diambil dari monster atau dalam kotak jarahan.
  • Boss – Musuh yang sangat kuat dan sulit yang harus dihadapi dengan kerjasama tim.
  • Boss Mechanics – Serangkaian mekanisme unik yang harus diatasi oleh pemain saat melawan boss untuk berhasil.
  • Buff – Kemampuan atau efek positif yang diberikan pada karakter untuk sementara waktu.
  • Camp – Menunggu di lokasi tertentu untuk mencari atau menunggu respawn monster atau pemain lawan.
  • Camping – Menunggu di lokasi tertentu untuk mencari monster langka atau boss untuk diburu.
  • Class Balancing – Upaya untuk menjaga keseimbangan kekuatan antara berbagai kelas karakter dalam permainan.
  • Cooldown – Waktu jeda sebelum kemampuan atau item dapat digunakan kembali setelah digunakan.
  • Crafting – Membuat barang baru dari bahan-bahan yang dikumpulkan pemain.
  • Debuff – Kemampuan atau efek negatif yang diberikan pada karakter lawan untuk sementara waktu.
  • DPS (Damage per Second) – Karakter yang memiliki kemampuan untuk memberikan kerusakan tinggi kepada musuh.
  • DPS Meter – Alat atau addon yang digunakan untuk mengukur dan memperlihatkan jumlah kerusakan yang dihasilkan oleh karakter DPS selama pertempuran.
  • Emote – Tindakan atau gerakan karakter yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara non-verbal dengan pemain lain.
  • Emulator – Program perangkat lunak yang meniru perangkat keras dan sistem operasi untuk menjalankan permainan MMORPG di luar lingkungan resmi.
  • Farming – Mengumpulkan sumber daya atau barang tertentu untuk keperluan permainan.
  • Farming Spot – Lokasi tertentu dalam permainan yang dianggap menghasilkan sumber daya atau item berharga dengan efisien.
  • Gank – Tindakan menyerang pemain lain secara tiba-tiba dan tak terduga, seringkali dengan tujuan untuk membunuh atau mencuri barang.
  • Griefer – Pemain yang dengan sengaja merusak pengalaman bermain pemain lain atau membuat ketidaknyamanan.
  • Griefing – Tindakan menyebabkan kesulitan atau kerugian kepada pemain lain, seperti menghalangi jalur atau membunuh pemain baru secara berulang.
  • Grinding – Berulang kali melakukan tugas atau membunuh monster untuk mengumpulkan pengalaman atau barang.
  • Guild/Komunitas – Grup pemain yang bersatu dalam sebuah persekutuan untuk saling bantu dan mendukung dalam permainan.
  • Healer – Karakter dengan kemampuan menyembuhkan diri sendiri atau anggota tim lainnya.
  • Instance Reset – Proses mengatur ulang dungeon atau area tertentu sehingga pemain dapat menjalankannya kembali.
  • Instance/Dungeon – Area tertentu dalam permainan yang dibatasi dan hanya dapat diakses oleh tim pemain tertentu untuk menyelesaikan tugas atau mendapatkan hadiah.
  • Karakter – Representasi pemain dalam permainan, dapat diubah dan ditingkatkan sesuai preferensi pemain.
  • Leveling – Proses mengumpulkan pengalaman untuk naik level dan memperkuat karakter.
  • LFG (Looking For Group) – Pemain mencari anggota kelompok untuk menjalankan konten bersama.
  • Loot – Barang atau hadiah yang didapatkan dari monster atau setelah menyelesaikan misi.
  • Loot Box – Item dalam permainan yang berisi hadiah acak dan dapat dibeli dengan mata uang dalam permainan atau uang nyata.
  • Loot Rules – Aturan yang mengatur bagaimana barang jarahan didistribusikan di antara anggota kelompok setelah berhasil menjalankan suatu konten.
  • Min-Maxing – Strategi mengoptimalkan karakter dengan cara mengesampingkan atribut yang tidak relevan dan fokus pada atribut yang paling penting.
  • MMORG (Massively Multiplayer Online Racing Game) – Genre permainan daring yang berfokus pada balapan dan bersifat massal.
  • MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) – Permainan Peran Daring Massal – Sebuah genre permainan daring di mana ribuan pemain berinteraksi di dunia permainan virtual secara bersamaan.
  • MMORTS (Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy) – Genre permainan daring yang menggabungkan elemen MMORPG dengan permainan strategi waktu nyata.
  • Mount – Hewan atau kendaraan yang dapat dipakai pemain untuk berpindah tempat dengan lebih cepat.
  • Mount Taming – Proses menjinakkan atau mendapatkan hewan peliharaan sebagai mount.
  • Noob/Newbie – Pemain yang baru dalam permainan dan belum berpengalaman.
  • NPC (Non-Playable Character) – Karakter dalam permainan yang dikendalikan oleh sistem, bukan oleh pemain.
  • Party/Kelompok – Grup kecil pemain yang bekerja sama dalam menjalankan misi atau menghadapi tantangan bersama.
  • Perma-death – Fitur dalam beberapa permainan di mana karakter akan benar-benar dihapus dari permainan jika mati.
  • Pet/Hewan Peliharaan – Hewan atau makhluk kecil yang dapat dijinakkan dan membantu pemain dalam pertempuran atau tugas lainnya.
  • Power Leveling – Proses cepat naik level dengan bantuan pemain yang sudah kuat.
  • PUG (Pick-Up Group) – Grup yang terbentuk secara acak dengan pemain yang tidak saling kenal untuk menjalankan konten permainan.
  • PVE (Player versus Environment) – Pertempuran melawan monster atau musuh yang dikendalikan oleh sistem.
  • PVP (Player versus Player) – Pertempuran antara pemain dengan pemain lainnya.
  • PvP Arena – Area khusus di dalam permainan di mana pemain dapat berpartisipasi dalam pertempuran PvP yang adil dan terstruktur.
  • PvPvE (Player versus Player versus Environment) – Mode permainan di mana pemain dapat saling berhadapan dalam pertempuran, sambil menghadapi ancaman dari monster dan lingkungan.
  • Quest/Misi – Tugas yang diberikan pemain untuk diselesaikan dalam permainan, biasanya memberikan hadiah dan pengalaman.
  • Raid – Tim pemain besar yang bekerja sama untuk mengalahkan bos yang sangat kuat.
  • Raid Boss – Musuh sangat kuat yang hanya bisa dihadapi oleh tim besar dan terkoordinasi dalam raid.
  • Respawn Timer – Waktu yang dibutuhkan oleh monster atau bos untuk hidup kembali setelah dibunuh.
  • Respawning – Monster atau karakter yang hidup kembali setelah waktu tertentu setelah dibunuh.
  • Respec – Proses mengatur ulang poin atau atribut karakter untuk mengubah spesialisasi atau build.
  • RP (Role-Playing) – Bermain peran dengan menyatu dalam karakter dan dunia permainan, memainkan peran seperti karakter yang dijalankan.
  • Server – Tempat di mana pemain bermain bersama dan berinteraksi dalam dunia permainan.
  • Tank – Karakter dengan kemampuan bertahan tinggi yang menarik perhatian musuh untuk melindungi anggota tim lainnya.
  • Tank and Spank – Taktik pertempuran di mana satu pemain (tank) menarik perhatian musuh sementara pemain lain (DPS) menghadapi musuh dengan serangan maksimal.
  • Trade – Berdagang barang dengan pemain lain dalam permainan.
  • Trade Skill – Keterampilan khusus dalam permainan untuk mengumpulkan dan membuat barang-barang tertentu.
  • Vanity Item – Barang yang hanya memiliki efek kosmetik dan tidak memberikan keuntungan gameplay.
  • World Boss – Bos yang kuat yang muncul di dunia permainan dan dapat dihadapi oleh banyak pemain secara bersamaan.
  • Zoning – Proses berpindah dari satu area ke area lain dalam permainan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *